BERITA

Liputan kegiatan Universitas Terbuka Jember

PELATIHAN KEMAHASISWAAN: PENTINGNYA JATI DIRI, UNTUK MELEJITKAN POTENSI DALAM MERAIH PRESTASI

Picture6

UT Jember, telah menyelenggarakan Pelatihan Kemahasiswaan dengan mengusung tema ”Pentingnya Jati Diri, Untuk Melejitkan Potensi Dalam Meraih Prestasi” dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2023 di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, membahas tentang upaya yang harus dilakukan oleh mahasiswa agar mengetahui dengan pasti apa keinginan dan kebutuhan diri agar kehidupan menjadi lebih terarah.  Narasumber dalam kegiatan ini mengatakan tidak mudah untuk mengenali diri sendiri, sejauh mana seorang mahasiswa memahami dirinya, sebelum melangkah lebih jauh mengarah pada visi misi dalam kehidupannya.

Picture1 

Hadir sebagai narasumber pelatihan ini Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo Dr. Fathur Rozi dan kepada Kementrian Agama Kabupaten Problinggo dan Dr. Akhmad Sruji Bahtiar, dari UT Jember dua orang hadir untuk mendampingi kegiatan, keduanya melakukan tugas masing-masing sebagai panjang tangan kantor, sambutan kepada mahasiswa Dr. Hadiqotul Luluk, M, Pd dan Hikmatul Firdayanti S. Kom sebagai moderator acara pelatihan, kemudian dari kelompok belajar Kabupaten Probolinggo dan Kota Probolinggo ada bapak Fauzan Hafidzi. M. Pd dan Miftahuddin Jauhari. M. Pd serta sejumlah 155 mahasiswa dan mahasiswi yang memperoleh Beasiswa CSR dan Bidikmisi.

Picture2

Acara dimulai dari jam delapan pagi, MC dilakukan oleh mahasiswa, pembacaan Ayat-ayat suci Al- Quran juga dari perwakilan peserta, kemudian dibuka oleh perwakilan dari UT Jember Ibu Luluk dilanjutkan dengan paparan materi oleh narasumber,  pertama bapak Fathur Rozi dia menyampaikan bahwa ”manifestasi ideologi hidup sejatinya dapat dilihat sejak anak masih kecil, meski hal itu sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial”  lebih lanjut dia menjelaskan bahwa sejatinya jadi diri seseorang dapat terbentuk gabungan dari beberapa faktor antara lain dari indikator internal genetik atau kepribadian dan secara external dari rumah, sekolah dan masyarakatnya.

Picture4

Beberapa tips menjadi sukses dengan mengetahui jadi diri, meluangkan waktu merenung, segera mengetahui kekuatan diri dan kelemahan diri, mahasiswa juga harus memiliki pengetahuan yang membuat diri merasa nyaman, menentukan tujuan dan yang akhir harus melakukan kerja keras dalam meraih kesuksesan. Kemudian narasumber dari Kemenag Bahtiar melengkapi kebutuhan agar mahasiswa sukses harus terus berbuat baik, dia menegaskan perlunya menjauhi hal-hal buruk,  dan yang terahir Bahtiar mengungkapkan pentingnya menyelesaikan masalah secara sendiri dan memulai langkah besar menuju kesuksesan besar.

Picture5

Sebagai penutup Fathur Rozi menyepakati pandapat yang mengatakan bahwa seseorang yang memiliki jati diri tidak membutuhkan validasi atas keputusan dan prilaku benar yang sudah dilakukan, mahasiswa harus yakin lebih penting mencintai diri sendiri dari pada mendengarkan pandapat orang luar yang belum tentu tahu tujuan kehidupan mahasiswa yang hendak digapai, sudah tentu mahasiswa harus berani memutuskan untuk melakukan hal berbeda dari kebanyak orang, karena dengan begitu mahaiswa akan menjadi manusia dewasa yang siap dengan tantangan masa yang akan datang.  Kegiatan ditutup jam 12. 15 siang, sesi foto bersama dilakukan sebagai tanda kebersamaan dari UT Jember memberikan cindramata sebagai kenang-kenangan bagi narasumber, pada sesi diskusi atau tanya jawab UT Jember memberikan hadiah-hadiah segar yang membuat acara semakin semarak dan menyenangkan. (Repoter Lulu, dosen PAUD, UT Jember)

Picture3