Non Pendas >>> Pengumuman Hasil UAS sia.ut.ac.id; Pendaftaran Mahasiswa Baru mulai 4 Desember 2017 sampai 24 Januari 2018; Registrasi Matakuliah Semester Berikutnya 4 Desember 2017 sampai 24 Januari 2018; Terakhir pembayaran SPP 31 Januari 2018<<< +++ Pendas >>> Pendaftaran Mahasiswa Baru mulai 4 Desember 2017 sampai 14 Pebruari 2018; Registrasi Matakuliah Semester Berikutnya 4 Desember 2017 sampai 28 Pebruari 2018; Terakhir pembayaran SPP 7 Maret 2018; <<< +++ UPBJJ-UT Jember +++

Peresmian Taman Bacaan Masyarakat Desa Pakusari : Wujud Pengabdian Universitas Terbuka UPBJJ Jember

 

abdimas 1

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) merupakan salah satu Tri Dharma yang wajib ditunaikan oleh pendidikan tinggi. Program ini adalah sebagai upaya untuk memberikan sumbangsih dan kontribusi nyata terhadap proses pembangunan dan pengembangan di masyarakat. Universitas Terbuka (UT) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri juga melaksanakan kegiatan Abdimas.

Pada Tahun 2017, Tim Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) – UT Jember melaksanakan kegiatan Abdimas di Desa Pakusari, Kecamatan Pakusari. Kegiatan Abdimas yang dilakukan adalah mengembangkan Taman Bacaan Masyarakat (TBM), yang diberi nama Taman Bacaan Masyarakat Desa Pakusari. Abdimas ini dilakukan 2 dosen FHISIP (Nita Ryan Purbosari, S.Sos, M.Si) dan Joko Isdianto, S.Sos, M.Si), 1 tenaga kependidikan (Ganef Sri Suhaerini), 1 alumni (Erlinda Situmorang, S.Pust) dan 1 mahasiswa (Shinta Yuliana Dewi).

Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat dipilih setelah melakukan diskusi dengan perangkat pemerintahan Desa Pakusari dengan tujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan minat baca masyarakat. Kegiatan ini dilakukan melalui penyediaan bahan pustaka dan sarana penunjang serta pelatihan pengolahan bahan pustaka kepada para pengurus TBM.

Pada Kamis, 30 November 2017 dilakukan Pembukaan/Peresmian TBM Desa Pakusari. Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Pakusari, Kapolsek Pakusari, Danramil Pakusari, Kepala UPBJJ-UT Jember, Kepala Desa beserta perangkat desa serta kepala sekolah PAUD, TK, SD/MI, SMP, SMK/SMA yang ada di Desa Pakusari. Total undangan sejumlah sekitar 30 orang. TBM Desa Pakusari secara resmi di buka oleh Camat Pakusari. Dalam sambutannya, Camat Pakusari sangat mengapresiasi program ini dan berharap agar program ini dapat didampingi hingga mampu beroperasi secara mandiri. Beliau juga menyampaikan bahwa siap bersinergi untuk memajukan Pakusari, khususnya dalam sektor pendidikan.

Dalam pengelolaanya,  TBM ini ini di dukung oleh Karang Taruna Desa Pakusari yang berstatus sebagai pengurus TBM. Saat ini, terdapat 7 (tujuh)  orang pengurus. TBM Desa Pakusari telah memiliki koleksi sejumlah 100 judul buku dengan jumlah 300 eksemplar.  Buku- buku yang disediakan antara lain buku anak-anak, pertanian, peternakan, masakan, kerajinan, kesehatan, novel dan buku referensi seperti kamus dan lain-lain. TBM ini akan mulai melayani masyarakat setiap Hari Senin – Jumat pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Program Abdimas ini direncanakan akan dilakukan hingga Tahun 2019. Tahun 2018 mendatang, akan dilakukan penambahan koleksi/bahan pustaka serta penyediaan perangkat komputer dan internet, sehingga dapat melayani masyarakat dalam penyediaan informasi digital (Nita).