Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

 

PEMBEKALAN TUTOR TTM UT JEMBER 2018.2

SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS TUTOR AGAR LEBIH PROFESIONAL

 

Pembekalan Tutor 2018.2 2

Universitas Terbuka Jember (UT Jember) terus berupaya dalam meningkatkan penerapan sistem jaminan kualitas dalam berbagai aspek layanan akademik, salah satunya adalah dalam pelaksanaan tutorial tatap muka. Upaya ini dilakukan melalui kegiatan pembekalan tutor yang secara rutin dilakukan setiap awal semester menjelang pelaksanaan tutorial tatap muka (TTM). Untuk masa registrasi 2018.2 pembekalan tutor tahap 1 dilaksanakan tanggal 26 Agustus 2018 di tiga Kabupaten yakni Probolinggo, Jember dan Banyuwangi, dan diikuti oleh 260an tutor yang terjadwal pada Tutorial Tatap Muka Tahap I (semester lanjut).

Pembekalan tutor untuk wilayah Situbondo dan Probolinggo dilaksanakan di Kraksaan Kabupaten Probolinggo; untuk tutor dari wilayah kabupaten banyuwangi dilaksanakan di PKBM Mutiara Nusa Bulurejo, Purwoharjo – Banyuwangi; dan untuk dari Kabupaten Jember, Bondowoso dan Lumajang, pembekalan dilaksanakan di Aula SMA Muhammadiyah 3 Jember. Para tutor yang dibekali adalah mereka yang selama ini telah mengampu tutorial maupun tutor baru. Sebagaimana ditetapkan dalam prosedur Sistem Jaminan Kualitas (Simintas) UT bahwa semua tutor yang akan melaksanakan tugas sebagai tutor harus mengikuti kegiatan pembekalan dari UT.

 

Pembekalan Tutor 2018.2 1Pembekalan Tutor 2018.2 3

Pembekalan tutor di Probolinggo, dibuka langsung oleh Direktur UT Jember Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd.. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa, “Kegiatan ini dilaksanakan untuk penyamaan persepsi kepada seluruh tutor agar nantinya penerapan dilapangan dalam pembelajaran kepada mahasiswa sesuai dengan tata aturan dari Universitas Terbuka”. Setelah pembukaan oleh Direktur UT Jember, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi pembekalan tutor oleh staff Bidang Bahan Ajar dan Tutorial Ibu Nita Ryan Purbosari, S.Sos, M.Si. Sesi tanya jawab dalam kegiatan ini juga berlangsung sangat aktif, baik pertanyaan – pertanyaan yang terkait dengan prosedur maupun substansi akademik.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para tutor dapat melaksanakan perannya secara efektif dengan mampu menjadi fasilitator dan motivator yang mengarahkan proses tutorial sebagai pemicu dan pemacu belajar mandiri mahasiswa.(vandi)