Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

 

 

2.411 MAHASISWA BARU PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA MENGIKUTI

EDUKASI KESIAPAN BELAJAR MAHASISWA DI UPBJJ-UT JEMBER

 

 

Pada semester 2018/19.1 (2018.2) jumlah mahasiswa baru Program Sarjana dan Diploma Universitas Terbuka Jember (UT-Jember) mencapai 2.411 orang. Sebagai bekal mengikuti pembelajaran dengan sistem belajar jarak jauh UPBJJ UT Jember menyelenggarakan kegiatan Edukasi Kesiapan Belajar Mahasiswa (EKBM) . Mengingat jumlah peserta yang sangat banyak, EKBM dilaksanakan di enam kabupaten/kota wilayah UT-Jember, yaitu Jember, Situbondo, Banyuwangi, Bondowoso, Lumajang, dan Probolinggo dalam lima tahap mulai tanggal 15 sd 27 September 2018. Untuk mengedukasi dan melatih kesiapan dan keterampilan belajar mandiri mahasiswa, UT-Jember telah menyiapkan 13 orang instruktur yang telah dilatih oleh Tim Instruktur dari UT-Pusat.

ekbm 8ekbm 6ekbm 1

Untuk membekali mahasiswa baru dengan kesiapan dan keterampilan belajar mandiri, mulai semester 2018/19.1 (2018.2) UT menyelenggarakan kegiatan Edukasi Kesiapan Belajar Mahasiswa (EKBM) serentak di 39 UT-Regional, termasuk UT-Jember. Mengingat jumlah peserta yang sangat banyak, EKBM dilaksanakan di enam kabupaten/kota wilayah UT-Jember, yaitu Jember, Situbondo, Banyuwangi, Bondowoso, Lumajang, dan Probolinggo dalam lima tahap mulai tanggal 15 sd 27 September 2018. Untuk mengedukasi dan melatih kesiapan dan keterampilan belajar mandiri mahasiswa, UT-Jember telah menyiapkan 13 orang pemateri dan instruktur yang telah dilatih oleh Tim Instruktur dari UT-Pusat.

Kegiatan EKBM dilaksanakan selama 2 (dua) hari, Hari Pertama diisi dengan Wawasan Kebangsaan, pengenalan tentang UT, konsep PTTJJ, belajar mandiri, serta sistem registrasi. Sedangkan pada hari kedua diisi dengan Pelatihan Keterampilan Belajar Mandiri (PKBM). Pelatihan Keterampilan Belajar Mandiri (PKBM) bertujuan mempersiapkan para mahasiswa untuk memiliki keterampilan belajar mandiri selama dan setelah kuliah di Universitas Terbuka. Kompetensi yang akan dicapai: mahasiswa memiliki kemampuan belajar mandiri melalui keterampilan merencanakan belajar, merekam hasil membaca, dan memanfaatkan layanan UT Online. Pada H-2 mahasiswa baru juga memperoleh pelatihan keterampilan mengakses dan memanfaatkan beragam fasilitas, sumber, dan aplikasi online berbasis internet, seperti Sistem Informasi Akademik (SIA), Tutorian Online (Tuton), Bahan Ajar Digital, Toko Buku Online (TBO), Ruang Baca Virtual (RBV), Perpustakaan Digital, dan lain-lain. Semua fasilitas tersebut bisa diakses dan disediakan untuk seluruh mahasiswa UT secara gratis.

Pelaksana kegiatan EKBM terdiri dari dua tim dengan tahapan kegiatan di 5 kabupaten/kota wilayah UPBJJ UT Jember sebagai berikut;

  1. Tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 15-16 September 2018 di SMKN 1 Jember dengan jumlah peserta 255 mahasiswa dan di SMKN 2 Jember dengan jumlah peserta 455 mahasiswa.
  2. Tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 17-18 September 2018 di SMPN 1 Panji Kabupaten Situbondo dengan jumlah peserta 207 mahasiswa dan di SMK SAQA Kraksaan Kabupaten Probolinggo jumlah peserta 185 mahasiswa.
  3. Tahap ketiga dilaksanakan pada tanggal 19-20 September 2018 di SMAN 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahap 1 dengan jumlah peserta 346 mahasiswa dan di SMKN 3 Bondowoso Kabupaten Bondowoso dengan jumlah peserta 161 mahasiswa.
  4. Tahap keempat dilaksanakan pada tanggal 22-23 September 2018 di Kantor Pemkab Lama Dringu Kabupaten Probolinggo dengan jumlah peserta 251 mahasiswa dan di SMKN 1 Lumajang Kabupaten Lumajang dengan jumlah peserta 165 mahasiswa
  5. Tahap kelima dilaksanakan pada tanggal 26-27 September 2018 di SMAN 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi Tahap 2 dengan jumlah peserta 386 mahasiswa.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur UPBJJ-UT Jember, Bapak Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd untuk Tim Pertama dan Manajer Registrasi dan Assesment, Ibu Efita Rusdiana untuk Tim Kedua. yang diikuti dengan penyematan jas almamater kepada perwakilan mahasiwa yang ditunjuk. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber, testimoni alumni, diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Menurut Direktur UPBJJ UT Jember kegiatan PKBM kali sangat berbeda. Jika pada kegiatan sebelumnya hanya berlangsung selama satu hari namun pada kali ini kegiatan berlangsung selama 2 hari dimana pada hari kedua mahasiswa di tuntut untuk mahasiswa memiliki kemampuan belajar mandiri melalui keterampilan merencanakan belajar, merekam hasil membaca, dan memanfaatkan layanan UT Online. Pada Hari kedua, mahasiswa dituntut menghasilkan produk yang meliputi; Rencana Belajar (memerlukan Lembar Kerja untuk membuat Rencana Belajar), Catatan hasil membaca efektif (memerlukan Modul, Lembar Kerja, Flip Chart, dan Spidol), Peta Konsep/Peta Pikiran/Outline/Resume (memerlukan kertas kosong, atau sebaiknya kertas untuk flip chart)

ekbm 3ekbm 7

Penutupan secara resmi oleh Direktur UT Jember dan Manajer Registrasi dan Asessment . Beliau berpesan dan menghimbau kepada mahasiswa agar selalu memanfaatkan Layanan UT Online terutama tutorial online dan bahan ajar digital selain belajar melalui modul atau bahan ajar cetak. Hal ini dimaksudkan agar mahasiwa UT dapat belajar dimana saja, kapan saja tanpa ada hambatan dan kendala oleh ruang dan waktu.

Kontributor: Tim EKBM