BERITA

Liputan kegiatan Universitas Terbuka Jember

BIMBINGAN TAPM RESIDENSIAL (BTR) II MAHASISWA MAGISTER MANAJEMEN UT JEMBER

BIMBINGAN TAPM RESIDENSIAL (BTR) II
MAHASISWA MAGISTER MANAJEMEN UT JEMBER

 

Pembimbingan Tugas Akhir Program Magister (TAPM) merupakan proses interaksi antara pembimbing dengan mahasiwa dalam proses penyusunan TAPM/Tesis. Proses pembimbingan secara intensif sangat diperlukan oleh mahasiswa agar dapat menyusun TAPM yang sesuai dengan standar dan etika akademik. Dalam proses pembimbingan, Pembimbing akan memberikan masukan dan koreksi pada aspek subtansi keilmuan sesuai dengan topik penelitian, akurasi metode penelitian, dan tata tulis ilmiah sesuai dengan Panduan Penulisan Proposal dan TAPM  PPs UT.

Salah satu bentuk bimbingan ini adalah BTR II.  Kegiatan BTR-2 adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam proses penyelesaian (TAPM) mahasiswa. Proses pembimbingan dirancang oleh  Program Pascasarjana untuk memastikan mahasiswa memperoleh pembimbingan secara efektif. Kegiatan  ini dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa dapat mempresentasikan hasil analisis data penelitian, pembahasan, dan kesimpulan hasil TAPM yang telah dilakukan.  Kegiatan BTR-2 bersifat wajib, sehingga seluruh mahasiswa harus melalui tahapan BTR-2 ini sebelum kemudian maju pada Ujian Sidang TAPM yang merupakan tahap akhir dari penyelesaian TAPM.  Kegiatan dilaksanakan secara daring dengan menggunakan Aplikasi Microsoft Teams Meeting.

BTR MM 1

BTR MM 2

BTR MM 3

Kegiatan BTR-2 kali ini dilaksanakan secara daring pada Sabtu, 12 Desember 2021 dengan jumlah peserta 1 (satu) orang yaitu Aji Prasetyo Suyono NIM. 530029674. Sebagai Pembimbing 1 adalah  Dr. Muhammad Miqdad, SE. MM. Ak dari Universitas Jember sedangkan Pembimbing 1 adalah  Prof Dr. Muhammad Imam Farisi, M.Pd dari Univeristas Terbuka. Kegiatan BTR-2 diawali dengan sambutan dari Direktur UT Jember yang dalam hal ini diwakili oleh Manajer Bahan Ajar dan Tutorial, Inneke Putri Widyani, SE. M.Si yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan BTR_2. Dalam sambutannya, Manajer Bahan Ajar mengingatkan mahasiswa untuk terus menjaga motivasi dan semangatnya agar dapat segera menyelesaikan studi magister di UT.

Kegiatan BTR-2 terdiri dari 2 kegiatan inti, Pertama adalah presentasi hasil penelitian Tugas Akhir Program Magister (TAPM) oleh mahasiswa selama 10 menit, kedua,  diskusi dan tanya jawab dengan para pembimbing dengan waktu masing-masing selama 20 menit. Kegiatan diskusi di pandu oleh moderator, Hesti Herminingsih, SP. MP dengan memberikan kesempatan pertama kepada Pembimbing 1 untuk memberikan masukan dan pertanyaan hasil TAPM dari mahasiswa, kesempatan kedua diberikan kepada Pembimbing 2. Pada akhir sesi, sebelum menutup kegiatan BTR-2 secara resmi, Direktur UT Jember, Dra Barokah Widuroyekti M.Pd menyampaikan terima kasih kepada Pembimbing 1, Pembimbing 2 dan seluruh pihak yang terlibat sehingga kegiatan BTR-2 ini dapat terlaksana dengan baik. Selain itu, Direktur juga berpesan kepada mahasiswa untuk segera menuntaskan dan melakukan perbaikan terhadap TAPM sesuai dengan masukan dan arahan dari para pembimbing agar  dapat ke tahap selanjutnya yaitu ujian sidang.

Kontributor : Hesti Herminingsih