BERITA

Liputan kegiatan Universitas Terbuka Jember

UNIVERSITAS TERBUKA JEMBER UNGGUL DALAM LAYANAN, KOKOH DALAM KEBERSAMAAN

UNIVERSITAS TERBUKA JEMBER UNGGUL DALAM LAYANAN, KOKOH DALAM KEBERSAMAAN

     Seiring dengan meningkatnya jumlah mahasiswa, Universitas Terbuka Jember perlu meningkatkan kualitas SDM yang unggul dan tangguh. Bukan hanya meningkatkan kualitas mahasiswa yang memang sudah merupakan kewajiban, namun Universitas Terbuka Jember juga ingin meningkatkan kualitas para staf yang ada, dengan harapan kualitas lulusanya pun juga meningkat. Oleh karena itu, Universitas Terbuka Jember mengadakan kegiatan pelatihan yang diharapkan bisa mencapai hal tersebut. Pelatihan yang bertema Membangun Karakter, Kebersamaan, dan Loyalitas untuk Mencapai Visi Universitas Terbuka Jember ini, dilaksanakan selama dua hari yakni pada hari sabtu, 21/05/2022 dan minggu, 22/05/2022. Bertempat di Hotel Ijen View kota Bondowoso, seluruh staf dengan senang hati mengikuti acara yang rutin diadakan setiap tahun ini. Pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas budaya kerja dan kinerja seluruh staf Universitas Terbuka Jember.

     Di hari pertama, materi pelatihan dibagi menjadi dua sesi penyampaian materi. Materi diawali dengan sambutan oleh Direktur Universitas Terbuka Jember, Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd.  “Universitas Terbuka selalu berusaha menciptakan suasana kerja yang balance dan kita harus punya integritas, karakter, serta selalu jujur dalam bekerja.” Ujar Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd. Selanjutnya, materi dinarasumberi oleh Drs. Rahman Subagyo, M.Si dengan materi Budaya Kerja pada Instansi Pemerintah sesuai KIIARA UT . Menurut beliau, semua karyawan Universitas Terbuka Jember harus punya mindset untuk selalu maju.  Sesi diakhiri dengan seluruh peserta melakukan renungan agar lebih termotivasi untuk menciptakan budaya kerja yang sesuai KIIARA UT.

Pelatihan 1  

     Pada sesi kedua, materi tentang Spiritual dalam Membangun Karakter, Kebersamaan dan Loyalitas untuk Mencapai Tujuan Lembaga disampaikan oleh Dr. KH Abdullah Syamsul Arifin, M.H.I. Tujuan yang ingin dicapai oleh Universitas Terbuka Jember dengan materi ini agar seluruh karyawan Universitas Terbuka Jember memiliki karakter dan loyalitas yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan lembaga. “Ketika kita berkeyakinan bahwa bekerja adalah ibadah, seberat apapun pekerjaan, akan mampu untuk dijalani” tutur kyai yang akrab disapa Gus Aab ini. Pada akhir materi, ada sesi tanya jawab yang sangat antusias diikuti oleh para peserta, dan materi ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Gus Aab.

Pelatihan 2

     Pada siang hari, kegiatan pelatihan dilanjutkan menuju tempat outbond secara outdoor. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja seluruh karyawan Universitas Terbuka Jember secara tim atau kelompok. Seluruh peserta tampak dengan bersemangat mengikuti kegiatan meskipun terpapar teriknya matahari di area hutan Tasnan, Bondowoso. “Serasa refreshing setelah materi tadi pagi” ujar Ikbal, peserta yang bekerja sebagai  staf admin di Universitas Terbuka Jember. (Penulis: Aditya Widyananda, S.T.)

Pelatihan 3

     Di hari minggu pagi, para peserta melakukan persiapan menuju lokasi Air Terjun Blawan untuk melakukan kegiatan Orientasi Lingkungan. Disini seluruh peserta bisa dengan bebas mengeksplor keadaan alam sekitar. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh beberapa peserta untuk melakukan swafoto maupun foto secara berkelompok. Wajar saja, karena keindahan alam di Air Terjun Blawan tidak perlu diragukan lagi. Beberapa peserta melepas penat selama perjalanan dengan  berendam di kolam air hangat di dekat lokasi air terjun. Saat waktu menuju tengah hari, seluruh peserta segera berkemas untuk persiapan pulang ke Jember. Para peserta tampak kelelahan namun tetap semangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dalam pelatihan.

    Dengan segala nasehat dan petunjuk yang didapat selama mengikuti pelatihan, maka diharapkan para staf UPBJJ-UT Jember mampu menciptakan budaya kerja yang baik dan membangun karakter yang lebih berkualitas untuk mencapai visi Universitas Terbuka Jember. Universitas Terbuka Jember rutin mengadakan kegiatan pelatihan yang diharapkan akan membawa dampak yang positif dalam penerapannya di Upbjj-Ut Jember baik secara internal maupun eksternal. Untuk itu, kualitas mahasiswa di Universitas yang pedaftaranya di buka sepanjang tahun ini pun tidak perlu diragukan lagi.