Pendaftaran Mahasiswa Baru 3 Desember 2018 - 6 Februari 2019; Registrasi Mata Kuliah Mahasiswa Baru 3 Desember 2018 - 13 Februari 2019; Registrasi Mata Kuliah 3 Desember 2018 - 20 Februari 2019;

Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 3 Desember 2018 - 25 Februari 2019; Cek Nilai UAS Program Non PGSD / Non PGPAUD https://sia.ut.ac.id/daftarnilai

 

PELATIHAN MAHASISWA BIDIKMISI DAN CSR POKJAR SAQA KABUPATEN PROBOLINGGO

DENGAN TEMA “JOB SEEKING STRATEGY”

 

Job Seeking 2Job Seeking 3

Universitas Terbuka sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menerapkan sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh, terus mengembangkan upaya-upaya dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kualutas mahasiswa. Kompetensi tersebut tidak hanya pada bidang akademik, namun juga pada bidang non akademik. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang akan menunjang keilmuannya dalam berkarya di masyarakat.

Sebagai Perguruan Tinggi Negeri, Universitas Terbuka juga mendapatkan kepercayaan dan amanah dari pemerintah dalam mengelola mahasiswa Program Beasiswa Bidikmisi dan CSR. Salah satu kelompok belajar mahasiswa bidikmisi dan CSR yang ada di UT Jember adalah Kelompok Belajar Ponpes SAQA, Kabupaten Probolinggo.

Seiring dengan tujuan untuk terus meningkatkan kompetensi mahasiswa, bertempat di Kantor Ponpes SAQA Kabupaten Probolinggo, pada Hari Kamis tanggal 15 November 2018 dilaksanakan kegiatan Pelatihan “Job Seeking Strategy”. Kegiatan ini diikuti oleh 91 mahasiswa dari Program Studi S1 Ilmu Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan.

Job Seeking 1Job Seeking 4

Kegiatan pelatihan diawali dengan penyampaian informasi dan evaluasi hasil studi mahasiswa oleh staf UT Jember Ibu Iswati. Dalam kegiatan ini, dilakukan pula diskusi dengan mahasiswa tentang pengalaman belajar yang telah dilakukan. Harapannya adalah agar mahasiswa dapat saling bertukar pengalaman baik dalam belajar maupun strategi dalam memperoleh nilai yang baik dari teman-temannya.

Pelatihan kewirausahaan diberikan oleh narasumber dr. H. Mufti Aimah Nurul Anam. Beliau adalah seorang pengusaha muda yang ada di Jawa Timur sekaligus menjabat sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur. Beliau memberikan pesan kepada mahasiswa “Untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0 Generasi Muda Indonesia harus memiliki karakter entrepreneur, Entrepeneur adalah seorang pengambil resiko bukan penjudi, melainkan orang yang berhitung dengan resiko, tantangan dan solusi”, demikian pernyataan beliau yang diikuti tepuk tangan dari para mahasiswa yang hadir (15/11/1018).

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa-mahasiswa pandai mencari peluang dalam mencari pekerjaan strategis dalam bidang masing-masing maupun bagi mereka yang akan berwirausaha kelak. Satu hal yang paling ditekankan yakni Kemauan, dengan kemauan niscaya apa yang dicita-citakan ataupun yang menjadi tujuan mahasiswa akan terwujud.