Pendaftaran Mahasiswa Baru 3 Desember 2018 - 6 Februari 2019; Registrasi Mata Kuliah Mahasiswa Baru 3 Desember 2018 - 13 Februari 2019; Registrasi Mata Kuliah 3 Desember 2018 - 20 Februari 2019;

Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 3 Desember 2018 - 25 Februari 2019; Cek Nilai UAS Program Non PGSD / Non PGPAUD https://sia.ut.ac.id/daftarnilai

 

 

KEGIATAN PELATIHAN PELAYANAN PRIMA UPBJJ-UT JEMBER

DI HOTEL NEW SURYA, JAJAG, BANYUWANGI

24-25 NOPEMBER 2018

 

Pelayanan adalah sebuah bagian dari organisasi yang menjadi ujung tombak di dalam segala hal dalam operasional suatu kantor/instansi/lembaga. Karena pelayanan merupakan wujud dari komitment suatu instansi/lembaga untuk memberikan sesuatu yang terbaik kepada publik atau masyarakat

Oleh karena itu, pelayanan menjadi bagian terpenting yang harus dijaga dan ditingkat dalam menjaga kualitas kinerja instansi atau kantor yang melayani publik/masyarakat. Sehingga Pelayanan Prima menjadi satu-satunya andalan yang harus ditingkatkan demi eksistensi kinerja suatu kantor/instansi.

Di dalam menjaga kualitas layanan yang prima dalam operasional kantor Upbjj-Ut Jember, maka diadakanlah pelatihan Pelayanan Prima dengan semua materi pelatihan yang mengajarkan untuk memberikan pelayanan prima sepenuh hati dan sepenuh kemampuan secara maksmal. Pelatihan Pelayanan Prima di Hotel New Surya, Banyuwangi, 24-25 Nopember 2018. Acara ini diikuti oleh 31 orang karyawan/karyawati Upbjj-Ut Jember, yang terdiri dari 16 orang PNS dan 15 orang Non PNS.

prima 3prima 5

Beberapa materi yang dibahas adalah tentang bagaimana sikap seorang staf memberikan pelayanan kepada publik, baik lisan, sikap perilaku dan kebiasaannya. Selain itu materi yang berkaitan dengan bagaimanakah bentuk pelayanan prima yang akan diberikan kepada publik. Pelayanan Prima yang diberikan kepada publik bisa yang tampak (Tangible) dan yang tidak tampak (Intangible). Pelayanan Prima yang tampak (Tangible) adalah pelayanan prima yang bisa dirasakan oleh publik dengan wujud yang nampak dan diinginkan barangnya sesuai dengan keinginan customer, misalnya: jika seseorang menginginkan adanya tiket, maka customer bisa mendapatkan tiket dengan mudah dan terlihat wujud tiketnya tersebut sehingga menumbuhkan rasa puas di hati customer tersebut. Sedangkan Pelayanan Prima yang tidak tampak (Intangible) yaitu publik/masyarakat mendapatkan layanan prima dalam bentuk pembicaraan lisan, pemberitahuan dan penjelasan yang membuat hati customer tenang, nyaman dan merasa puas walaupun barang yang diinginkan tidak didapatkannya.

Semua pelayanan prima , baik yang tampak (tangible) maupun yang tidak tampak (Intagible) keduanya berorientasi pada kepuasan pelanggan (Customer Satisfaction). Kepuasan tersebut sangat didambakan customer sebagai pengguna jasa (user) yang benar-benar memerlukan pelayanan.

Acara pelatihan ini diadakan pada hari Sabtu, tanggal 24 Nopember 2018 di Hotel New Surya, Banyuwangi, dibagi dalam Session I : Pembuka, Session II : Permainan (Game) dan Session III : Penjelasan tentang ragam Pelayanan Prima dan sikap-sikap yang layak dalam Pelayanan Prima (Jam 08.00 Wib s.d 12.00 Wib). Kemudian setelah Istirahat Sholat dan Makan, acara pelatihan ini dilanjutkan dengan Session I Game (permainan), dan Penjelasan tentang sikap-sikap seorang pegawai/staf untuk mengembangkan dan membiasakan budaya pelayanan prima (13.30 Wib s.d 17.00 Wib). Acara Pelatihan Pelayanan Prima ini dilakukan dengan membuka session Tanya Jawab juga untuk para peserta.

prima 4prima 2prima 1

Dengan segala nasehat dan petunjuk berbagai teknis menumbuhkan sikap-sikap pelayanan prima, maka diharapkan para staf UPBJJ-Ut Jember semakin mampu menumbuhkan kebiasaan dan sikap yang mengedepankan Pelayanan Prima untuk melayani sesama pegawai internal dan melayani para customer yang menggunakan Universitas Terbuka sebagai wahana mengenyam pendidikan dan ketrampilan untuk masa depan mereka.

Semoga acara pelatihan akan membawa dampak yang sangat positif dalam penerapannya di kehidupan Upbjj-Ut Jember secara internal maupun eksternal dengan segala ragam permasalahan dan urusan yang harus dihadapi.