Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

 

 

KEGIATAN DIKLATSAR MOUNTAINERING

GEMAPALA POKJAR SAQA

 

diklatsar 3diklatsar 2diklatsar 1

Acara Diklatsar Mountainering dilaksanakan pada tanggal 19-20 Desember 2018 pada hari Rabu dan Kamis, jam 09-30 WIB sampai dengan selesai. Bertempat di Gunung Ringgit (1250 mdpl) Kab.Situbondo.

Gunung Ringgit atau disebut juga Gunung Putri Tidur yang terletak di pulau jawa merupakan tujuan pendakian kami. Awalnya panitia menginginkan pendakian yang berlokasi di daerah Probolinggo yaitu Taman Hidup berhubung cuaca dan tempat tidak bersahabat jadi terpaksa kita memilih Gunung Ringgit. Meskipun Gunung Ringgit memiliki ketinggian 1250 mdpl, tetapi jalur pendakiannya terbilang sulit dengan tebing yang memiliki tingkat kemiringan yang mencapai hingga 90 derajat.

Dalam kegiatan ini di ikuti sebanyak 22 peserta dari anggota GEMAPALA dan 5 instruktur berpengalaman dari Situbondo. Banyak materi Mountainering atau Pendakian yang kita dapatkan dari kegiatan tersebut. Diantaranya bagaimana cara mendaki yang safety, bagaimana cara meng hemat logistik (terutama Air), bagaimana menjaga stamina, bagaimana cara memilih tempat serta mendirikan tenda, bagaimana memasak, bagaimana cara survival (terutama saat tersesat) & berbagi pengalaman dalam mendaki serta bertahan hidup. Mental, fisik, dan kesehatan merupakan kunci bagi seorang pendaki, kata (mas ipul) selaku instruktur senior. Dalam organisasi ini bukan seberapa jauh kita mencapai puncak, tapi seberapa jauh kita bermanfaat dan peduli bagi sesama dan alam. Kami percaya jika alam kita jaga maka alampun akan memberikan kebaikan kepada kita.