Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

 

 

PELAKSANAAN UJIAN SIDANG PROGRAM MAGISTER

UNIVERSITAS TERBUKA JEMBER

 

Universitas Terbuka (UT) Jember sebagai Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia dengan sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh, semakin memantapkan diri untuk menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi sebagai upaya untuk mencapai visi Universitas Terbuka. Pada program magister, salah satu upaya tersebut diwujudkan oleh UT melalui kegiatan akademik yaitu Ujian Sidang Program Magister (USID). USID merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa program magister, dimana kandidat magister akan menyampaikan dan mempertahankan Tugas Akhir Program Magister (TAPM) yang telah mereka susun di hadapan para penguji.

Bertempat di Kantor UT Jember, pada Hari Sabtu dan Minggu, 09 dan 10 Februari 2019 telah dilaksanakan USID TAPM yang di ikuti oleh 14 kandidat yang terdiri dari 8 kandidat Program Magister Pendidikan Dasar (MPDR) dan 6 kandidat dari Program Magister Ilmu Administrasi Publik (MAP). Pembukaan USID dilaksanakan pada Sabtu, 09 Februari 2019 pukul 07.45 oleh Direktur UT Jember, didampingi oleh Ketua Komisi, Sekretaris Komisi, Penguji Ahli, Penguji 1 dan Penguji 2.

usid 1usid 2usid 3

Untuk Ujian Sidang Program Magister Ilmu Administrasi Publik (MAP) yang diikuti oleh 6 orang kandidat, bertindak sebagai Ketua Komisi adalah Dr. Sri Listyarini, M.Ed, Penguji Ahli adalah Dr. Mujibur Rahman Khairul Muluk, S.Sos, M.Si dan Penguji 1 adalah Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos, M.Si. Sementara itu, Ujian Sidang Program Magister Pendidikan Dasar (MPDR) yang diikuti oleh 8 orang kandidat, bertindak sebagai Ketua Komisi adalah Dr. Siti Julaeha, M.A dan Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd, Penguji Ahli adalah Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc dan Penguji 1 adalah Prof. Dr. Joko Waluyo, M.Si, Prof. Dr. Bambang Soepeno, M.Pd, Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pd dan Prof. Drs. Dafik, M.Sc, Ph.D.

Dalam pelaksanaan ujian sidang, setiap kandidat diuji selama kurang lebih 90 menit. Dalam waktu tersebut, diawali dengan pembukaan oleh Ketua Komisi, presentasi hasil TAPM oleh kandidat selama 15 menit dan dilanjutkan dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan oleh Penguji Ahli, Penguji 1, Penguji 2 dan Ketua Komisi. Saran juga diberikan oleh para penguji sebagai revisi yang harus dilakukan kandidat untuk memperbaiki TAPM.

Dalam ujian sidang ini, selurih kandidat dinyatakan lulus dengan nilai A untuk 8 kandidat, dan A- untuk 6 kandidat. Hasil ini disampaikan oleh Dr. Siti Julaeha, M.A pada saat kegiatan penutupan. Selanjutnya, para kandidat berkewajiban untuk memperbaiki TAPM sebagaimana saran dari penguji paling lambat 1 bulan setelah pelaksanaan ujian sidang. Dalam kegiatan penutupan ini, Direktur UT Jember (Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd) menyampaikan sangat bangga atas kerja keras dan hasil yang telah dicapai oleh para kandidat. Motivasi juga terus disampaikan kepada para kandidat agar tidak berhenti dalam studi di Program Magister (S2), namun dilanjutkan hingga S3. Dalam sambutannya, disampaikan pula bahwa “Saya berharap teman-teman mahasiswa dapat menulis artikel dari hasil TAPM ini dan diterbitkan dalam jurnal, baik jurnal nasional tidak terakreditasi, nasional terakreditasi bahkan jurnal internasional, dan saya akan siap membantu”. Hal ini tentunya menjadi motivasi dan kebanggaan yang luar biasa bagi para kandidat yang telah berjuang untuk terus berkarya dan turut berkontribusi dalam pengembangan pendidikan. (nita)