Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 3 Desember 2018 - 25 Februari 2019; UAS Tanggal 23, 29, 30 Juli 2019; Cek Nilai UAS Program Non PGSD / Non PGPAUD https://sia.ut.ac.id/daftarnilai

Pendaftaran Mahasiswa Baru 3 Desember 2018 - 6 Februari 2019; Registrasi Mata Kuliah Mahasiswa Baru 3 Desember 2018 - 13 Februari 2019; Registrasi Mata Kuliah 3 Desember 2018 - 20 Februari 2019;

 

 

115 MAHASISWA BARU PROGRAM SARJANA DAN DIPLOMA UT JEMBER MENGIKUTI

EDUKASI KETRAMPILAN BELAJAR MAHASISWA DI KABUPATEN SITUBONDO

 

Pada semester 2018/19.2 (2019.1) jumlah mahasiswa baru Program Sarjana dan Diploma Universitas Terbuka Jember (UT-Jember) dari Kabupaten Situbondo sebanyak 115 mahasiswa. . Sebagai bekal mengikuti pembelajaran dengan sistem belajar jarak jauh UT Jember menyelenggarakan kegiatan Edukasi Keterampilan Belajar Mahasiswa (EKBM) di Kabupaten Situbondo tepatnya di SMPN 1 Situbondo pada tanggal 5-6 Maret 2019 . Penyelenggaraan kegiatan EKBM bertujuan untuk mengedukasi dan melatih kesiapan dan keterampilan belajar mandiri mahasiswa di UT-Jember.

ekbm sibon 191 5ekbm sibon 191 4ekbm sibon 191 2

Kegiatan EKBM dilaksanakan selama 2 hari. Hari Pertama diisi dengan kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru. Pemateri dan Instruktur terdiri dari 5 orang yakni Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd, Inneke Putri Widyani SE. M.Si, Dra. Iswati, M.Pd dan Hesti Herminingsih, SP. MP Materi yang disampaikan pada hari pertama ini merupakan informasi umum tentang UT dan hal-hal lainnya yang terkait dengan Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur UT Jember, Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd. Pada sambutannya beliau menyampaikan bahwa UT merupakan Perguruan Tinggi Negeri dengan daya jangkau yang luas, berkualitas dan biaya yang terjangkau. Sistem pembelajaran jarak jauh yang diterapkan pada mahasiswa UT memungkinkan mahasiswa UT tidak perlu mengeluarkan biaya hidup karena pembelajaran dilakukan di kota/kabupaten domisili mahasiswa masing-masing. Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo Bapak Dr. Fathor Rakhman, M.Pd. yang juga turut hadir pada Pembukaan EKBM. Dalam sambutannya, Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo menyampaikan system pembelajaran di UT turut mendukung target Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Situbondo yakni kualifikasi Pendidikan masyarakat di SItubondo minimal D1. Keberadaan UT di Kabupaten Situbondo secara tidak langsung telah membantu upaya Pemerintah Daerah untuk mencetak sarjana sebanyak-banyaknya.

Kegiatan EKBM pada hari Kedua diisi dengan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ). Kegiatan PKBJJ bertujuan mempersiapkan para mahasiswa untuk memiliki keterampilan belajar mandiri selama dan setelah kuliah di Universitas Terbuka. Kompetensi yang akan dicapai: mahasiswa memiliki kemampuan belajar mandiri melalui keterampilan merencanakan belajar, merekam hasil membaca, dan memanfaatkan layanan UT Online. Pada H-2 mahasiswa baru juga memperoleh pelatihan keterampilan mengakses dan memanfaatkan beragam fasilitas, sumber, dan aplikasi online berbasis internet, seperti Sistem Informasi Akademik (SIA), Tutorian Online (Tuton), Bahan Ajar Digital, Toko Buku Online (TBO), Ruang Baca Virtual (RBV), Perpustakaan Digital, dan lain-lain. Semua fasilitas tersebut bisa diakses dan disediakan untuk seluruh mahasiswa UT secara gratis.

Pada Hari kedua, mahasiswa dituntut menghasilkan produk yang meliputi; Rencana Belajar (memerlukan Lembar Kerja untuk membuat Rencana Belajar), Catatan hasil membaca efektif (memerlukan Modul, Lembar Kerja, Flip Chart, dan Spidol), Peta Konsep/Peta Pikiran/Outline/Resume (memerlukan kertas kosong, atau sebaiknya kertas untuk flip chart)

ekbm sibon 191 3ekbm sibon 191 1

Penutupan secara resmi oleh Direktur UT Jember dan Manajer Bahan Ajar dan Tutorial . Beliau berpesan dan menghimbau kepada mahasiswa agar selalu memanfaatkan Layanan UT Online terutama tutorial online dan bahan ajar digital selain belajar melalui modul atau bahan ajar cetak. Hal ini dimaksudkan agar mahasiwa UT dapat belajar dimana saja, kapan saja tanpa ada hambatan dan kendala oleh ruang dan waktu.

Kontributor: Tim EKBM