Pendaftaran Mahasiswa Baru 3 Desember 2018 - 6 Februari 2019; Registrasi Mata Kuliah Mahasiswa Baru 3 Desember 2018 - 13 Februari 2019; Registrasi Mata Kuliah 3 Desember 2018 - 20 Februari 2019;

Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 3 Desember 2018 - 25 Februari 2019; UAS Tanggal 23, 29, 30 Juli 2019; Cek Nilai UAS Program Non PGSD / Non PGPAUD https://sia.ut.ac.id/daftarnilai

 

 

Edukasi Keterampilan Belajar Mahasiswa (EKBM) Bekali Mahasiswa Baru Kabupaten Lumajang

Untuk Sukses Studi di Universitas Terbuka

 

Mengawali tahun 2019, UT Jember kembali merekrut mahasiswa baru sejumlah 1.019 mahasiswa. Dari jumlah tersebut, 217 mahasiswa berasal dari Kabupaten Lumajang. Sebagai Perguruan Tinggi Negeri dengan sistem pendidikan jarak jauh, kemandirian belajar mahasiswa merupakan hal yang wajib dikuasai. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan media pembelajaran secara maksimal sebagai ciri khas pendidikan jarak jauh. Melalui media inilah mahasiswa harus mampu belajar mandiri.

ekbmlmj191 2ekbmlmj191 3

                Dalam upaya untuk membekali mahasiswa baru dengan keterampilan belajar, UT Jember menyelenggarakan kegiatan Edukasi Keterampilan Belajar Mahasiswa (EKBM). Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa memiliki keterampilan belajar yang dapat mengantarkan mahasiswa untuk suskes belajar di UT. EKBM dilaksanakan dalam dua hari, yakni Orientasi Studi Mahasiwa Baru (OSMB) pada hari pertama dan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) pada hari kedua. Kegiatan EKBM untuk mahasiwa baru yang berasal dari Kabupaten Lumajang dilaksanakan pada tanggal 09 - 10 Maret 2019 di aula SMKN 1 Lumajang. Kegiatan OSMB ini dibuka secara resmi oleh Manajer Registrasi dan Assesment, Ibu Efita Rusdiana, SE. Dalam kegiatan ini turut hadir Bapak Drs. Sampun M.Pd, selaku yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan agar mahasiswa dapat mengikuti kegiatan EKBM dengan baik, sehingga dapat memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya untuk menunjang proses pendidikan di UT. Pada kegiatan OSMB ini disajikan beberapa materi mengenai, UT Secara umum, proses registrasi dan ujian, layanan belajar dan beberapa keterampilan belajar jarak jauh. Materi tersebut disampaikan oleh, Ibu Efita Rusdiana S.E, Dra. Khodijah Hayati M.Pd, Nita Ryan Purbosari S.Sos, M.Si, dan Floriza Wihardityo S.S. 

Sementara itu, kegiatan PKBJJ di hari kedua diikuti oleh mahasiswa dengan praktik belajar mandiri dan praktik akses UT online. Dengan bimbingan para instruktur, Rully Apriani S.P, Floriza Wihardityo S.S, Mariya Ulfa Hanina S.E, Efita Rusdiana, S.E, Dra. Khodijah Hayati, M.Pd, Nita Ryan Purbosari, S.Sos, M.Si. Mahasiwa mempraktekan untuk membuat perencanaan belajar, membaca, efektif, membuat rekaman hasil baca serta praktek untuk memanfaatkan layanan belajar online yang ada di UT. Dalam layanan belajar online ini, mahasiwa juga dibimbing untuk mengakses Sistem Informasi Akademik (SIA), sebagai aplikasi yang sangat menunjang dalam kegiatan akademik mahasiswa. Para instruktur juga membimbing mahasiswa untuk mengakses tutorial online.

ekbmlmj191 4ekbmlmj191 1

Melalui kegiatan EKBM ini, para mahasiswa baru diharapkan untuk memiliki kesiapan dan keterampilan belajar di UT dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang tersedia. UT memberikan layanan belajar yang bisa di akses mahasiswa kapanpun dan di manapun.