Pendaftaran Mahasiswa Baru 3 Desember 2018 - 6 Februari 2019; Registrasi Mata Kuliah Mahasiswa Baru 3 Desember 2018 - 13 Februari 2019; Registrasi Mata Kuliah 3 Desember 2018 - 20 Februari 2019;

Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 3 Desember 2018 - 25 Februari 2019; UAS Tanggal 23, 29, 30 Juli 2019; Cek Nilai UAS Program Non PGSD / Non PGPAUD https://sia.ut.ac.id/daftarnilai

 

 

KEGIATAN EDUKASI KETERAMPILAN BELAJAR MANDIRI DI KABUPATEN BANYUWANGI SEBAGAI BEKAL BAGI MAHASISWA BARU

 

Mengawali masa registrasi 2019. 1, Kegiatan Edukasi Keterampilan Belajar Mandiri (EKBM) Kembali diselenggarkan di Kabupaten Banyuwangi, setelah sebelumnya diselenggarkan di kabupaten situbondo, lumajang dan probolinggo. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap masa registrasi baru. Sebagai universitas yang menuju Cyber University di Indonesia, UT wajib membekali mahasiwanya untuk memahami cara belajar sistem jarak jauh yang lebih banyak menggunakan media online daripada tatap muka seperti universitas konvensional. Dalam hal ini mahasiwa dituntut untuk belajar mandiri menggunakan media online yang telah disediakan UT.

Kegiatan Edukasi Keterampilan Belajar Mandiri (EKBM) di Kabupaten Banyuwangi diselenggarkan selama 2 hari dengan jumlah peserta 220 mahasiswa pada tanggal 11 - 12 Maret 2019 pukul 08.00-16.30 WIB bertemapat di SMPN 1 Cluring. Pada hari pertama diisi dengan kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) yang dibuka secara resmi oleh perwakilan Direktur UT Jember yaitu ibu Efita Rusdiana, SE selaku Manajer Registrasi dan Asesmen. Turut hadir pula bapak Dwiyanto selaku perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, dalam sambutannya beliau sangat mendukung dengan adanya UT yang memberikan fasilitas bagi masyarakat untuk dapat meneruskan pendidikan jenjang tinggi terutama yang memiliki rutinitas bekerja sehari hari. Selanjutnya penyampaian materi OSMB oleh Ibu Efita Rusdiana, SE mengenai Universitas Terbuka secara umum dan proses registasi serta ujian di Universitas Terbuka, untuk materi mengenai layanan belajar dan sistem penilaian disampaikan oleh Ibu Nita Ryan Purbosari S.Sos., M.Si dan dilanjutkan Ibu Dra. Khodijah Hayati M.Pd menyampaikakn materi mengenai keterampilan belajar mandiri.

ekbmbwi191 1ekbmbwi191 4ekbmbwi191 2

Pada hari kedua diisi dengan kegiatan PKBJJ (Pelatihan mempraktekkan materi yang diterima pada saat OSMB. Pada kegiatan PKBJJ mahasiswa dibagi menjadi 2 sesi kelas, kelas online dan kelas mandiri. Pada kelas online dibimbing oleh instruktur Rully Apriani S.P, Risvandi Setiyawan, S.Ikom, Nita Ryan Purbosari S.Sos., M.Si dan Efita Rusdiana, SE. Mahasiwa mempraktekkan untuk aktivasi akun pada aplikasi SIA dan Tutorial Online. Sedangkan Pada kelas mandiri dibimbing Ibu Dra. Khodijah Hayati M.Pd mahasiwa mempraktekkan cara membaca yang efektif, bagaimana membuat perencanaan belajar serta membuat rekaman hasil baca.

Kegiatan EKBM ini sukses dan berjalan lancar berkat dukungan dan fasilitas dari pihak SMPN 1 Cluring. Melalui kegiatan ini pula diharapkan mahasiwa dapat belajar dengan mandiri dan dapat memanfaatkan segala fasilitas dari UT secara efektif dan efesien tanpa harus datang ke kantor UPBJJ UT Jember.