Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

 

 

EDUKASI KETERAMPILAN BELAJAR MAHASISWA (EKBM) UNIVERSITAS TERBUKA

BEKALI MAHASISWA BARU UNTUK SUSKSES STUDI DALAM PENDIDIKAN JARAK JAUH

 

Universitas Terbuka (UT) sebagai lembaga pendidikan tinggi negeri dengan sistem jarak jauh, terus berkomitmen untuk mengembangkan dan memantapkan diri dalam memberikan akses layanan pendidikan yang berkualitas kepada seluruh masyarakat. Upaya tersebut tak luput pula dari komitmen UT untuk menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi, sebagaimana Visi UT. Dalam upaya tersebut, UT membekali mahasiswa baru untuk mampu melaksanakan kegiatan akademik maupun non akademik agar memiliki daya saing yang tinggi melalui kegiatan Edukasi Keterampilan Belajar Mahasiswa (EKBM).

                Mengawali tahun 2019 ini, terdapat 1.019 mahasiswa baru yang terdaftar di Universitas Terbuka Jember (UT Jember). Jumlah tersebut tersebar di 7 kabupaten/kota di wilayah UT Jember. Dalam rangka membekali mahasiswa baru tersebut agar memahami dan mampu sukses belajar di UT, maka UT Jember menyelenggarakan kegiatan EKBM di 5 lokasi/kabupaten. Setelah kegiatan EKBM diselenggarakan di 4 lokasi sebelumnya, maka pada tanggal 16 dan 17 Maret 2019, kegiatan EKBM dilaksanakan di SMKN 5 Jember dan diikuti oleh 363 mahasiswa baru dari Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso.

ekbmjbr191 1ekbmjbr191 4ekbmjbr191 2

                Pada tanggal 16 Maret 2019, EKBM dilaksanakan melalui kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB). Dalam kegiatan ini, mahasiswa baru dibagi di 2 ruang aula SMKN 5 Jember, yakni aula 1 untuk mahasiswa Non PGSD/PGPAUD sejumlah 246 mahasiswa dan aula 2 untuk mahasiswa PGSD/PGPAUD sejumlah 117 mahasiswa. Kegiatan di aula 1 dibuka secara resmi oleh Direktur UT Jember (Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd), sementara di aula 2 dibuka oleh Manajer Registrasi dan Assesment (Efita Rusdiana, SE). Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember yang diwakili oleh Kabid Sekolah Menengah (Bapak Erwan Salus Prijono, S.Pd, M.Pd) juga hadir dan memberikan apresiasi dan semangat kepada UT dan mahasiswa baru. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa “sebagai seorang mahasiswa, diharapkan untuk selalu memiliki sifat dan semangat kritis, kreatif, dan kolaboratif”. Kegiatan OSMB yang berlangsung mulai pukul 08.00-16.00 WIB ini berisi penjelasan umum tentang UT, sistem akademik di UT dan teori tentang keterampilan belajar jarak jauh di UT. Materi ini disampaikan oleh 7 pemateri yang merupakan tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan di UT Jember.

                Pada tanggal 17 Maret 2019, EKBM dilaksanakan melalui Kegiatan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ). Dalam kegiatan ini, mahasiswa baru secara langsung mempraktikkan 4 keterampilan dasar belajar jarak jauh di UT, yaitu (1) Keterampilan Mengelola Waktu (2) Keterampilan Membaca Modul dengan Efektif (3) Keterampilan Merekam Hasil Baca (5) Keterampilan Mengakses Layanan Belajar Online UT. Untuk membimbing mahasiswa mempraktikkan keterampilan tersebut, maka UT menyediakan 2 ruang aula dan 6 laboratorium komputer. Kegiatan PKBJJ yang dilaksanakan mulai puku 08.00-16.00 WIB ini dibimbing oleh 13 instruktur yang terdiri dari 8 orang staf UT Jember dan 5 orang tutor UT Jember. Kegiatan ini juga memberikan motivasi yang luar biasa bagi mahasiswa baru dengan hadirnya Ibu Dr. Susanti, M.Si dan Bapak Suhendro, S.Kom selaku instruktur inti PKBJJ dari UT Pusat.

                Melalui kegiatan EKBM (OSMB dan PKBJJ) inilah, mahasiswa baru UT Jember diharapkan semakin optimis dan semangat untuk belajar, karena telah memiliki bekal keterampilan dasar dalam belajar jarak jauh. Dengan berbagai modus layanan pembelajaran dan fleksibilitasnya, UT menjadi cyber university yang mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat. (Nita)