Unggah Karya Ilmiah 8 April - 17 Juni 2019; Pengumuman Hasil Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni 2019; Pencetakan KTPU 20 Mei - 23 Juni 2019;

 

Kemitraan Antar Perguruan Tinggi Untuk Kemajuan di Jember

 

UT Jember terus bergerak membangun sinergitas dengan berbagai institusi dan lembaga di wilayah kerjanya. Setelah menjalin kerjasama dengan perguruan-perguruan tinggi di Jember seperti  UNEJ, Polije, dan IAIN Jember, UT Jember kembali menjalin kerjasama dengan Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyah (INAIFAS) Kencong, Jember.

Upaya menjalin kerjasama kemitraan antarkedua kampus diawali dengan kunjungan Rektor dan Wakil Rektor INAIFAS ke Universitas Terbuka Jember. Kunjungan silaturahim kedua petinggi kampus ini membuahkan kesepakatan untuk menindaklanjutinya dengan penandatanganan dokumen Nota Kesepahaman Bersama (MoU), Rabu 20 Maret 2019, selang dua minggu pasca pertemuan. Nota kesepahaman ditandatangani di Kampus Hijau di Jl. Semeru 09 Kencong Jember.

Dalam sambutannya, Rektor INAIFAS, Rijal Mumazziq Z, menjelaskan bahwa kerjasama ini merupakan salah satu ikhtiar untuk memajukan INAIFAS. "Universitas Terbuka yang memiliki kantor jaringan di seluruh daerah di Indonesia dan luar negeri ini menunjukkan eksistensi dan kapabilitasnya sebagai salah satu kampus yang cukup progresif. Karena itu kami memilih bekerjasama dengan kampus ini.” kata pria yang akrab disapa Gus Rijal ini.

Lebih lanjut, Gus Rijal menjelaskan apabila MoU ini meliputi pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi. Tahap awal, INAIFAS memfasilitasi pembelajaran S2 PGSD Universitas Terbuka. “Jadi perkuliahan ini bisa dilaksanakan di kampus ini,” katanya. Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Rektor III yang membidangi kerjasama antar lembaga, Mohammad Dasuki. Dia menambahkan bahwa apabila program pembelajaran S2 tersebut juga bisa menjadi bagian dari rintisan S2 di INAIFAS. “Kita memiliki potensi secara sosial-budaya dan peluang, jadi harus kita manfaatkan,” tukas pria yang akrab disapa Abah Dasuki.

inaifas 4inaifas 2inaifas 1

Sementara itu, Direktur Universitas Terbuka Jember Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd., dalam sambutannya menjelaskan apabila MoU ini bersifat strategis. “Saya optimis INAIFAS bisa menjadi salah satu kampus progresif di wilayah regional, bahkan nasional. Salah satunya dengan membangun sinergitas dengan UT yang sudah berpengalaman dalam pengembangan perguruan tinggi berbasis jaringan,” tandas pria kelahiran Pamekasan yang penuh semangat ini.

Untuk itu, lanjut Prof. Imam, selain membuka kerjasama penyelenggaraan S2, INAIFAS dan UT bisa bekerjasama dalam pengembangan buku ajar, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Sebagai kampus yang berpengalaman dalam perkuliahan jarah jauh, pihaknya juga siap membantu INAIFAS dalam pengembangan perkuliahan berbasis teknologi. Sebagaimana diketahui, Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil, baik di seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia.

Ketua Yayasan Al-Falah As-Sunniyah Kencong, Jember KH. Ahmad Sadid Jauhari juga sangat mengapresiasi dan berharap dengan adanya MoU ini dapat menjadi ajang ta’aruf bagi kedua lembaga pendidikan tinggi, serta dapat meningkatkan mutu pendidikan terutama di INAIFAS. Lebih lanjut beliau menegaskan “barang siapa merasa puas, disitu pengetahuan terbatas”.