Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

 

 

VISITASI PROGRAM STUDI S1 EKONOMI SYARIAH OLEH TIM ASESOR BAN PT DI UT JEMBER

 

Pada Hari Sabtu, 30 Maret 2019, UT Jember menerima kedatangan Tim Asesor BAN PT yang terdiri dari dua orang yakni Bapak Dr. H. M. Nasir Hamzah, SE, MSi dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) dan Bapak Firmansyah SE MSi PhD dari Universitas Diponegoro. Perwakilan dari UT Pusat yakni Ibu Dr. Etty Puji Lestari, SE. M.Si selaku Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan dan Kaprodi Ekonomi Syariah Bapak Suhartono, SE. M.Si Kedatangan tim asesor dan perwakilan dari UT Pusan ini disambut oleh Direktur UT Jember Bapak Prof. Dr Mohammad Imam Farisi, M.Pd, Para Manajer dan Staf UT Jember.

visitasi 3visitasi 6

Kegiatan visitasi di awali dengan sambutan dari Direktur UT Jember. Pada awal sambutannya, Direktur UT Jember menyampaikan selamat datang kepada para asesor di Kantor UT Jember. Kemudian, beliau memperkenalkan para manajer, staf dosen, staf tenaga kependidikan, tutor dan mahasiswa yang hadir pada saat itu. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari tim asesor yang disampaikan oleh Bapak Dr. H. M. Nasir Hamzah, SE, MSi. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa tujuan dari visitasi adalah untuk menambah kecermatan data yang telah diperoleh melalui portfolio/buku borang yang telah diterima oleh BAN-PT. Kegiatan visitasi dilakukan berdasarkan sifat kemitraan antara program studi terkait dengan Tim Asesor, dan bukan merupakan pemeriksaan, inspeksi atau penilaian ulang terhadap program studi yang bersangkutan. Visitasi dimaksudkan pula untuk memperluas jangkauan akreditasi dari lingkup program studi ke arah akreditasi kelembagaan. Oleh karena itu dalam kegiatan ini dilakukan pula dialog antara tim visitasi dengan pihak pimpinan perguruan tinggi dan pimpinan Program studi terkait. Dengan demikian, beliau sangat mengharapkan bantuan dan kerjasama dari Lembaga yang di akreditas agar memberikan data dan dokumen yang valid dan tidak dibuat-buat.

visitasi 1

Setelah sambutan dari asesor BAN PT, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi dan informasi mengenai penyelenggaraan program studi di UT Jember khususnya S1 Ekonomi Syariah. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan proses klarifikasi isi borang yang telah diterima dengan melihat secara faktual terutama terkait dengan fasilitas dan proses pembelajaran di UT Jember. Tim asesor selain melakukan komunikasi, tanya jawab dan pemeriksaan bukti fisik kegiatan akademik juga melakukan penggalian informasi kepada mahasiswa dan tutor mengenai kualitas sarana pembelajaran yang disediakan di UT Jember seperti ruang tutorial, ruang ujian Sistem Ujian Online (SUO), ruang sumber belajar dan prasarana penunjang lainnya. Proses visitasi berguna untuk meningkatkan mutu pengelolaan akademik di instansi kependidikan agar lebih baik lagi kedepannya.