Pengumuman Nilai Mata Kuliah 10 Agustus 2020; Pendaftaran Mahasiswa Baru 11 Februari - 15 Juli 2020; Registrasi Mata Kuliah 8 Juni - 26 Agustus 2020; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 8 Juni - 2 September 2020;

Pembayaran Uang Kuliah 8 Juni - 2 September 2020; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 8 Juni - 9 September 2020; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 3 Agustus - 7 September 2020;

 

 

PENINGKATAN EFEKTIVITAS TUTORIAL TATAP MUKA

MELALUI PEMBEKALAN TUTOR 2019.1 DI KABUPATEN PROBOLINGGO

 

tutorprolink191 1tutorprolink191 2

 

Komitmen Universitas Terbuka (UT) Jember dalam mendukung pencapaian visi UT untuk menjadi PTTJJ berkualitas dunia terus dilakukan dalam berbagai kegiatan. Salah satunya adalah kegiatan pembekalan tutor. Kegiatan ini rutin diselenggarakan oleh UT Jember di setiap semester sebagai persiapan kegiatan tutorial tatap muka.

Masa Pembelajaran 2019.1 ini, UT jember melaksanakan kegiatan pembekalan tutor secara serentak di 3 lokasi. Salah satunya adalah di Kabupaten Probolinggo, yang dilaksanakan di aula ‘alliya’ kraksaan. Dilaksanakan pada Hari Minggu, 31 Maret 2019, pembekalan ini diikuti oleh 52 tutor yang berasal dari Kabupaten Situbondo, Kabupaten Probolinggo dan Kota Probolinggo. Staf UT Jember yang bertugas adalah Nita Ryan Purbosari, S.Sos, M. Si dan Andri Tri Wijaya, SE.

Kegiatan pembekalan tutor dilaksanakan pukul 10.00 - 12.30 WIB, diawali dengan penyampaian materi oleh Ibu Nita Ryan Purbosari, S.Sos, M.Si. Materi yang disampaikan terbagi dalam 3 pokok utama, yaitu evaluasi tutorial 2018.2, kebijakan/inovasi dalam tutorial dan persiapan teknis tutorial 2019.1. Salah satu inovasi yang dilakukan UT terkait dengan kegiatan tutorial adalah tutor dapat mengakses bahan ajar/modul melalui Ruang Baca Virtual (RBV). Sehingga, tutor tidak hanya dapat membaca modul cetak seperti yang selama ini telah dilakukan, namun dapat juga dibaca secara online dengan memanfaatkan RBV. Diskusi dan interaksi aktif juga terjalin, utamanya terkait dengan konsep belajar jarak jauh, belajar mandiri dan tutorial. Hal ini sekaligus sebagai pengingat kembali bahwa tutor adalah fasilitator yang berperan untuk memahamkan mahasiswa atas materi modul dan memecahkan masalah belajar yang dialami mahasiswa.

Melalui kegiatan pembekalan tutor ini, diharapkan dapat menjadi acuan bagi tutor dalam melaksanakan tutorial sesuai dengan ketentuan UT. Disisi lain, hal ini dilakukan UT sebagai upaya untuk memastikan dan menjaga mutu pembelajaran sehingga efektivitas tutorial dapat selalu ditingkatkan.