Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

 

 

PENYAMAAN PERSEPSI MAHASISWA PESERTA PRAKTIK PRAKTIKUM

UT JEMBER, MASA REGISTRASI 2019.1

 

Mengawali masa registrasi 2019.1, UT Jember menyelengarakan kegiatan-kegiatan dalam rangka membekali dan memastikan agar para mahasiswa dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan baik. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakakn kegiatan Penyamaan Persepsi Mahasiswa Peserta Praktik dan Praktikum.

            Pada beberapa program studi di UT, mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti mata kuliah praktik dan praktikum. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan konsep, prinsip, prosedur dan keterampilan dalam situasi nyata atau buatan seccara terprogram dan terbimbing atau secara mandiri. Pada Hari Selasa, 02 April 2019 UT, sebanyak 97 mahasiswa peserta praktik dan praktikum hadir di Kantor UT Jember untuk mengikuti kegiatan penyamaan persepsi. Jumlah tersebut terdiri dari 43 mahasiswa peserta Praktik Pemantapan Kemampuan Mengajar, 40 mahasiswa peserta Praktik Pemantapan Kemampuan Profesional, 13 mahasiswa peserta Praktik Kerja Perpustakaan, dan 2 mahasiswa peserta Praktik Kerja Kearsipan.

praktikum191 3praktikum191 1praktikum191 2

            Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 13.00-15.30 WIB ini dibuka secara langsung oleh Direktur UT Jember (Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd). Dalam arahannya, beliau menekankan bahwa “setelah mengikuti kegiatan penyamaan persepsi ini, mahasiswa tidak boleh bimbang tentang apa yang harus dilakukan, dan silahkan bertanya jika ada hal yang kurang dipahami”. Hal ini sekaligus menegaskan bahwa UT Jember ingin memastikan bahwa seluruh mahasiswa harus memiliki pemahaman yang baik dan siap mengikuti kegiatan praktik.

            Dalam praktik Pemantapan Kemampuan Mengajar dan Pemantapan Kemampuan Profesional, mahasiswa akan mendapatkan pembimbingan dari pembimbing/supervisor 1 selama 8 kali pertemuan. Pembimbingan ini dilaksanakan secara tatap muka dan bertempat di Kantor UT Jember. Selain pembimbingan tersebut, mahasiswa juga akan dibimbing oleh seorang pembimbing/supervisor 2 di tempat setiap mahasiswa mengajar. Sementara itu, untuk Praktik Kerja Perpustakaan dan Praktik Kerja Kearsipan, akan dilaksanakan di 2 lokasi, yakni di Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Situbondo dan Perpustakaan Universitas Jember. Dalam praktik ini, mahasiswa juga akan dibimbing oleh seorang pembimbing dari Kantor Perpustakaan atau Kearsipan tersebut.