Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

Pelatihan “Manajemen Wirausaha Bagi Enterpreneur Pemula” Mahasiswa Program Studi Manajemen Bidik Misi UT Jember di Pokjar Yayasan Hati, Kota Probolinggo

 

Dalam rangka mengembangkan minat dan bakat serta keterampilan mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi, UPBJJ UT Jember pada setiap semesternya membekali mahasiswa dengan Pelatihan-Pelatihan yang berkaitan dengan bidang ilmunya.  Pada semester ini mahasiswa yang berada di Kelompok Belajar Yayasan Hati  melaksanakan kegiatan Pelatihan yang bertema “Manajemen Wirausaha Bagi Enterpreneur Pemula. Pelatihan dilaksanakan pada hari Selasa, 15 April 2019 di Kantor Lama Pemkab Probolinggo kemudian dilanjutkan ke tempat salah seorang pengusaha lokal Bawang Goreng ‘Hunay”yang sukses. Pelatihan ini diikuti oleh 36 mahasiswa dari program studi Manajemen semseter 8 dan semester 6. 

pelatihan191 2pelatihan191 3

Kegiatan pelatihan diawali dengan penyampaian informasi dan evaluasi hasil studi mahasiswa yang disampaikan oleh staff UT Jember, yaitu Ibu Rully Apriyani, S.P. dan Bapak Andri Tri Wijaya, S.E. Dalam kegiatan ini, dilakukan pula diskusi dengan mahasiswa tentang pengalaman belajar yang telah dilakukan. Terdapat 2 Mahasiswa yang memiliki IPK tertinggi yaitu Andika dengan nilai IPK 3.70 masa registrasi awal 2015.2 dan Rizky Rochmatul Laily dengan nilai IPK 3.68 masa registrasi awal 2016.2. Mereka menyampaikan kiat-kiat suksesnya mendapatkan IPK tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk memotivasi teman-teman seangkatannya untuk meniru cara sistem belajarnya agar mendapatkan nilai IPK yang lebih baik lagi.

Acara selanjutnya yaitu acara inti Pelatihan Kewirausahaan dengan pemaparan materi dari narasumber Bapak Abd. Adim, S.E. Dalam paparannya beliau memberikan tentang perbedaan enterpreneur dan usaha. Paparan yang diberikan sangat bersifat faktual dan inspiratif bagi para mahasiswa. Salah satu paparan yang sangat menarik bagi mahasiswa adalah tentang sifat-sifat yang harus dimiliki seorang wirausaha, salah satunya adalah percaya diri. Beliau menyatakan bahwa percaya diri bagi seorang wirausaha adalah keharusan. Percaya diri merupakan menerima rasa suka dan duka dalam segala hal, siap menerima tantangan yang ada seperti saat jatuhnya mental seseorang untuk menerima risiko.

pelatihan191 4pelatihan191 1

Acara selanjutnya mahasiswa diarahkan untuk studi langsung pada pengusaha lokal bawang merah goreng yang lokasinya tidak begitu jauh dengan Pokjar Yayasan Hati (. Sesampai dilokasi mahasiswa dipertemukan langsung dengan pemilik usaha, yaitu Ibu Nurul. Beliau menceritakan usaha yang dibangunnya sejak awal tahun 2013 hingga saat ini yang bisa mencapai omset perbulan ratusan juta rupiah kepada mahasiswa UT Jember. Point penting yang diterima dari Ibu Nurul adalah “Kita harus berikhtiar kepada sang penciptan dan jangan hanya mencari untung semata tanpa membantu melibatkan warga sekitar”, Imbuhnya.

Dengan kegiatan pelatihan ini, diharapkan akan melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang akan menjadi wirausaha yang akan mampu berkarya dan berkontribusi pada masyarakat, agama, bangsa dan negara. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan ridho dan kemudahan.