BERITA

Liputan kegiatan Universitas Terbuka Jember

Seminar Peduli Lingkungan, "Cara Bijak Kelola Sampah Jadi Berkah Di Sekolah"

WhatsApp_Image_2023-06-11_at_18.11.33.jpg

Salam lestari

Seminar Peduli Lingkungan dengan tema "Cara Bijak Kelola Sampah Jadi Berkah Di Sekolah" sukses dilaksanakan di kantor Universitas Terbuka Jember, Minggu, 11 Juni 2023. Seminar yang di hadiri oleh 100 orang peserta, yang terdiri dari siswa-siswi, mahasiswa-mahasiswi dan masyarakat umum. Seminar Lingkungan "Cara Bijak Mengelola Sampah Jadi Berkah Di Sekolah" dibuka oleh Inneke Putri Widyani, S.E., M.Si selaku Manajer Pembelajaran dan Ujian Universitas Terbuka Jember. Acara ini juga dihadiri PJ Pascasarjana dan Kemahasiswaan, Dr. Hadiqotul Luluk M.M M.Pd.

Seminar ini adalah seminar lingkungan ke tiga dari UKM MAPALASTER. Masih dengan tema yang sama dari seminar sebelumnya, kita mengusung tema tentang 'Sampah'. Pemateri kali ini adalah Bapak Nurul Hidayah S.Pi (Cak Oyong), beliau merupakan Founder dan Pembimbing Yayasan Sorbung Sarkah Indonesia yang masih aktif sampai sekarang. Selanjutnya adalah Bapak A. Sugiarto (Cak Mad) beliau merupakan Ketua Bank Sampah Induk Jember, yang aktif sampai sekarang.

WhatsApp_Image_2023-06-11_at_18.08.55.jpg

Mengapa mengambil tema tentang 'Sampah'? Sampah sendiri merupakan hal yang terus menerus ada dan hanya beberapa orang yang peduli akan sampah. Sebagian besar orang dalam mengatasi sampah itu dengan mekanisme kumpul-angkut-buang. Nah, sehingga sampah hanya menumpuk dan terus menimbulkan masalah lingkungan.

WhatsApp_Image_2023-06-11_at_18.10.16.jpg

Dengan adanya seminar ini dan mengundang 2 pemateri hebat, mengajak para undangan untuk peduli sampahnya dengan cara pilah/pilih-timbang-jual. Kita bisa memulai dengan menjual ke bank sampah terdekat. Cara itu selain membantu mengatasi sampah yang menumpuk, kita juga akan mendapatkan berkah atau uang dari hasil penjualan sampah kita ke Bank Sampah.

Yuk mulai kebiasaan baik dengan peduli terhadap sampah kita sendiri.......

Salam Lestari,