BERITA

Liputan kegiatan Universitas Terbuka Jember

Kegiatan OSMB dan PKBJJ Universitas Terbuka Jember 2023 Ganjil

 osmb 2023ganjil tahap 1

    Setelah melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru yang cukup panjang hingga menyelesaikan pembayaran uang kuliah, tahap selanjutnya sebagai mahasiswa baru adalah pelaksanaan kegiatan OSMB (Orientasi Studi Mahasiswa Baru) dan PKBJJ (Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh) Semester 2023 Ganjil. Kegiatan OSMB merupakan pengenalan sistem pembelajaran yang ada di Universitas Terbuka khususnya pembelajaran online yang kemungkinan baru bagi sebagian besar mahasiswa baru yang mendaftar di UT. Sedangkan PKBJJ adalah kegiatan praktik proses belajar mengajar di UT yang dilaksanakan secara online, serta penggunaan dan pemanfaatan layanan belajar jarak jauh yang disediakan oleh Universitas Terbuka.

     Kegiatan OSMB dan PKBJJ dilaksanakan selama 2 hari pada masing-masing wilayah domisili mahasiswa yang diadakan secara luring. Kegiatan ini WAJIB diikuti oleh seluruh mahasiswa baru karena kegiatan ini hanya dilaksanakan sekali, yaitu pada saat menjadi mahasiswa baru di Universitas Terbuka. Selain itu, pada kegiatan ini mahasiswa akan diberikan pengetahuan mendasar dan detail mengenai perkuliahan yang ada di Universitas Terbuka dan bagaimana menjalani proses perkuliahan sebagai mahasiswa di Universitas Terbuka yang menjalankan sistem pembelajaran Terbuka dan Jarak Jauh. Berikut jadwal penyelenggaraan OSMB dan PKBJJ di setiap daerah wilayah Universitas Terbuka Jember:

    1. KABUPATEN JEMBER (TAHAP 1)
      Hari/Tanggal: Sabtu dan Minggu/9-10 September 2023
      Pukul: 07.30 WIB s.d. Selesai
      Pelaksanaan: Luring (Tatap Muka)
      Lokasi: Hotel Java Lotus (Jalan Jendral Gatot Subroto No.47, Tembaan, Kepatihan, Kaliwates, Jember)
      Pakaian: Atasan Putih, Bawahan Gelap, dan Bersepatu (Menggunakan jas almamater jika punya)
      Data Mahasiswa: https://sl.ut.ac.id/DaftarPesertaOSMBTahap1JBR

    2. KABUPATEN BANYUWANGI (TAHAP 1)
      Hari/Tanggal: Sabtu dan Minggu/9-10 September 2023
      Pukul: 07.30 WIB s.d. Selesai
      Pelaksanaan: Luring (Tatap Muka)
      Lokasi: Auditorium STIKES Banyuwangi (Jl. Letkol Istiqlah No.109, Lingkungan Mojoroto R, Mojopanggung, Kec. Giri, Kabupaten Banyuwangi)
      Pakaian: Atasan Putih, Bawahan Gelap, dan Bersepatu (Menggunakan jas almamater jika punya)
      Data Mahasiswa: https://sl.ut.ac.id/DaftarPesertaOSMBTahap1BWI

 

     Mengingat pentingnya kegiatan OSMB dan PKBJJ di atas, mahasiswa diharapkan dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut dengan baik. Jika ada mahasiswa yang terkendala pekerjaan dan membutuhkan surat dispensasi, mahasiswa dapat mengakses link https://sl.ut.ac.id/dispensasi-osmb. Selamat bergabung dalam Keluarga Besar Universitas Terbuka Jember dan Salam Sukses dari kami!!