BERITA

Liputan kegiatan Universitas Terbuka Jember

Informasi Pelaksanaan Ujian Akhir Semester Universitas Terbuka Jember Semester 2023 Ganjil

Halo Mahasiswa UT Jember!

Ujian Akhir Semester (UAS) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Universitas Terbuka Jember sebagai sarana evaluasi kegiatan pembelajaran mahasiswa selama 1 semester. Maka, nilai akhir yang diperoleh oleh mahasiswa merupakan akumulasi dari kegiatan tutorial online, tutorial webinar, maupun TMK dengan nilai Ujian Akhir Semester yang dilakukan dengan 3 skema, yaitu Ujian Tatap Muka (UTM), Ujian Online (UO), dan Take Home Exam (THE). Untuk mencetak kartu ujian, numpang, dan pindah lokasi ujian mahasiswa dapat mengakses link berikut https://bit.ly/CetakPindahUAS sebagai panduan. Berikut penjelasan masing-masing skema ujian di Universitas Terbuka Jember.

1. Ujian Tatap Muka (UTM)
Ujian Akhir Semester yang dilakukan menggunakan sistem ujian tulis dan bermetode pilihan ganda. Ujian menggunakan kertas dan pensil 2B yang dimana jawaban benar dilingkari. Lokasi Ujian Tatap Muka di UT Jember adalah sebagai berikut:

Hari Pertama (H1) 16 Desember 2023
a. Jember1: SMKN 2 Jember (Ruang 1-25) dan SMA Muhammadiyah 3 Jember (Ruang 26-41)
b. Jember2: SMKN 5 Jember
c. Banyuwangi-Genteng: SMAN 1 Genteng (Ruang 1-30) dan SMK Muhammadiyah 1 Genteng (Ruang 31-46)
d. Banyuwangi-Kota: SMPN 1 Giri (Ruang 1-15) dan SMAN 1 Glagah (Ruang 16-30)
e. Bondowoso: SMKN 3 Bondowoso
f. Situbondo: SMPN 1 Situbondo
g. Lumajang: SMKN 1 Lumajang
h. Kota Probolinggo: SMKN 3 Kota Probolinggo
i. Probolinggo-Dringu: SMPN 1 Dringu
j. Probolinggo-Kraksaan: SMA Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani (SAQA)


Hari Kedua (H2) 17 Desember 2023
a. Jember1: SMKN 2 Jember (Ruang 1-25) dan SMA Muhammadiyah 3 Jember (Ruang 26-42)
b. Jember2: SMKN 5 Jember
c. Banyuwangi-Genteng: SMAN 1 Genteng (Ruang 1-30) dan SMK Muhammadiyah 1 Genteng (Ruang 31-43)
d. Banyuwangi-Kota: SMPN 1 Giri (Ruang 1-16) dan SMAN 1 Glagah (Ruang 17-31)
e. Bondowoso: SMKN 3 Bondowoso
f. Situbondo: SMPN 1 Situbondo
g. Lumajang: SMKN 1 Lumajang
h. Kota Probolinggo: SMKN 3 Kota Probolinggo
i. Probolinggo-Dringu: SMPN 1 Dringu
j. Probolinggo-Kraksaan: SMA Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani (SAQA)

Beberapa hal yang perlu disiapkan dalam kegiatan Ujian Tatap Muka (UTM), mahasiswa wajib membawa: Pensil 2B, Penghapus, Rautan Pensil, Bolpoin, Alas Ujian, KTPU (Kartu Tanda Peserta Ujian) yang dapat diunduh di akun SIA masing-masing mahasiswa, Identitas Berfoto (KTM, KTP, SIM, atau Paspor), serta berpakaian rapi menggunakan atasan kemeja putih dan bawahan hitam bersepatu (memakai almamater jika punya atau bebas rapi). Mahasiswa WAJIB menaati tata tertib yang terdapat pada KTPU dan yang tertempel pada ruangan tempat ujian. Mahasiswa dimohon datang 30 menit sebelum pelaksanaan ujian dimulai dan datang sesuai dengan waktu yang tertera pada KTPU.

Pelaksanaan Ujian Tatap Muka (UTM): Sabtu-Minggu, 16-17 Desember 2023

2. Ujian Online (UO)

Ujian dengan sistem ujian online yang menggunakan fasilitas komputer di sekolah mitra UT Jember. Ujian Online merupakan soal pilihan ganda kecuali TAP. Jadi, untuk Ujian Online, mahasiswa tetap wajib hadir dan datang ke lokasi ujian sesuai dengan yang tertera pada KTPU yang telah diunduh oleh mahasiswa. Lokasi Ujian Online di UT Jember adalah sebagai berikut:

a. Jember1 dan Jember2: SMKN 2 Jember dan Kantor UT Jember
b. Banyuwangi-Genteng: SMK Muhammadiyah 1 Genteng
c. Banyuwangi-Kota: SMAN 1 Glagah
d. Bondowoso: SMKN 4 Bondowoso
e. Situbondo: SMPN 1 Situbondo
f. Lumajang: SMKN 1 Lumajang
g. Kota Probolinggo: SMKN 1 Kota Probolinggo
h. Probolinggo-Dringu: SMAN 1 Dringu
h. Probolinggo-Kraksaan: SMK Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani (SAQA)

Beberapa hal yang perlu disiapkan dalam kegiatan Ujian Online (UO), mahasiswa wajib membawa: Bolpoin, KTPU (Kartu Tanda Peserta Ujian) yang dapat diunduh di akun SIA masing-masing mahasiswaIdentitas Berfoto (KTM, KTP, SIM, atau Paspor), serta berpakaian rapi menggunakan atasan kemeja putih dan bawahan hitam bersepatu (memakai almamater jika punya atau bebas rapi). Mahasiswa WAJIB menaati tata tertib yang terdapat pada KTPU dan yang tertempel pada ruangan tempat ujian. Mahasiswa dimohon datang 30 menit sebelum pelaksanaan ujian dimulai dan datang sesuai dengan waktu yang tertera pada KTPU.

Pelaksanaan Ujian Online Mata Kuliah (UO MK Objektif): 9 Desember 2023 - 23 Januari 2024 (Sesuai pada KTPU masing-masing Mahasiswa)
Pelaksanaan Ujian Online Tugas Akhir Program (UO MK Essay dan TAP): 9 Desember 2023 - 12 Januari 2024 (Sesuai pada KTPU masing-masing Mahasiswa)

3. 
Take Home Exam (THE)

Ujian Akhir Semester yang dilakukan secara online selama 6 jam pengerjaan. Ujian dapat dilakukan dimana saja dengan mengakses laman https://www.the.ut.ac.id/ dan mahasiswa dapat melakukan open book. Laman THE baru dapat diakses pada saat tanggal pelaksanaan ujian sesuai dengan yang tertera di KTPU masing-masing mahasiswa. KTPU berisi password Ujian Online dan Take Home Exam sehingga KTPU bersifat rahasia dan tidak boleh dibagikan kepada mahasiswa atau orang lain.

Pengerjaan THE dimulai pukul 06.00 WIB dan berkahir pukul 05.59 WIB hari berikutnya. Mahasiswa login pada laman THE menggunakan NIM dan password yang tertera pada KTPU Waktu pengerjaan THE adalah selama 6 jam. Mahasiswa wajib mengunduh naskah soal dan Buku Jawaban Ujian (BJU) dan mengunggah Buku Jawaban Ujian (BJU) secara mandiri melalui laman https://www.the.ut.ac.id/. Mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam pengerjaan UAS THE dapat melihat panduan yang terdapat pada laman THE. Jika mahasiswa TERLAMBAT tidak mengumpulkan sesuai tenggat waktu 6 jam atau sesuai dengan yang tertera laman THE, maka mahasiswa dianggap tidak mengerjakan ujian. Mahasiswa wajib mengindahkan etika akademik dan menaati aturan UAS THE yang tertera pada laman THE. Tersedia layanan pertanyaan THE hanya melalui Telegram di nomor 08155167676.

Pelaksanaan Ujian Take Home Exam: 9 - 24 Desember 2023 (Sesuai pada KTPU masing-masing Mahasiswa)

Salam Sukses!!