Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

 

Rekruitmen Calon Mahasiswa Bidikmisi 2019

 

Rekruit Bidikmisi 3

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu yang diberikan oleh Pemerintah melalui Kemenristekdikti. Universitas Terbuka Jember, dipercaya untuk mengelola mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi kepada calon mahasiswa Universitas Terbuka Jember sebanyak 50 orang pada dua program studi, yaitu sistem informasi dan ekonomi pembangunan.

Sejak ditutupnya pendaftaran pada 29 Mei 2019, terdapat calon mahasiswa bidikmisi sebanyak 208 orang. Selanjutnya adalah proses seleksi administrasi yang dilakukan di Kantor UPBJJ UT Jember pada 29-31 Mei 2019. Berkas yang lolos dalam seleksi administrasi berkesempatan untuk dikunjungi oleh tim survei lapangan. Tujuannya adalah memastikan data-data calon mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi sudah sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Survei lapangan dilaksanakan pada 11-13 Juni 2019.

 

Rekruit Bidikmisi 2Rekruit Bidikmisi 1

Sebanyak 119 orang yang lolos dalam seleksi administrasi dan seleksi survei lapangan berhak mengikuti tahapan selanjutnya yaitu wawancara. Tahap wawancara ini dibagi di 3 kabupaten wilayah UPBJJ UT Jember, yaitu di Kabupaten Probolinggo sebanyak 94 orang, di Kabupaten Banyuwangi sebanyak 15 orang, dan di Kabupaten Jember sebanyak 8 orang. Pembagian 3 tempat lokasi wawancara ditentukan berdasarkan domisili tempat tinggal calon mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi.

Proses seleksi wawancara di Kabupaten Probolinggo dilaksanakan pada tanggal 15-16 Juni 2019,  Kabupaten Jember pada tanggal 18 Juni 2019, dan Kabupaten Banyuwangi 19 Juni 2019. Dengan tujuan untuk mengetahui dan memastikan kesungguhan calon mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi yang lolos seleksi berkas dan survei lapangan secara tatap muka langsung. “Calon mahasiswa yang akan diterima sebagai mahasiswa Universitas Terbuka Jember penerima beasiswa Bidikmisi harus bisa menyelesaikan studi selama 8 semester dengan IPK minimal 3.00 dan sanggup ditempatkan di 2 kelompok belajar UT Jember, untuk program studi sistem informasi di Pondok Pesantren Syeh Abdul Qodir Al-Jaelani Kraksaan, Kabupaten Probolinggo dan program studi ekonomi pembangunan di Pondok Pesantren Mabadihul Ihsan Karangdoro, Kabupaten Banyuwangi,” tegas Imam Farisi. Pesan tersebut ditekankan agar calon mahasiswa memiliki komitmen menjadi mahasiswa berprestasi dan bisa menjadi kebanggaan bersama. Dan pengumuman akhir akan diumukan melalui website UT Jember.