Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

 

UT JEMBER SIAP BERTANDING DAN MERAIH PRESTASI

 

Diskusi Ilmiah, Pekan Olahraga dan Seni (Disporseni) merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh Universitas Terbuka. Kegiatan ini diselenggarakan di UT Pusat sejak tahun kemarin, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu diselenggarakan di lokasi yang bergantian wilayah timur, tengah dan barat Indonesia.“Mengukuhkan Konektivitas Bangsa melalui Sportivitas dan Kreativitas” merupakan tema yang diusung pada Disporseni kali ini. Pada tahun ini pula, panitia Disporseni turut mengundang para atlet mahasiswa dari 7 (tujuh) PTN dan 7 (tujuh) PTS di 7 (tujuh) provinsi diantaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Banten dan Lampung).

Sebagai perguruan tinggi yang mengedepankan sistem Pendidikan Terbuka Jarak Jauh (PTJJ) dengan menggunakan media online menjadikan mahasiswanya tidak pernah bertemu secara fisik dengan sesama mahasiswa UT lain. Pertemuan mereka hanya sebatas melalui media – media sosial atau media (online) lainnya dan saat Ujian Akhir Semester. Oleh karenanya, Menurut Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, Ph.D “event ini sebagai ajang pertemuan secara fisik antar mahasiswa UT sekaligus unjuk gelar bakat dan minat bagi setiap mahasiswa UT yang tersebar di 39 UT-Wilayah di Indonesia. Selain itu juga, untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta mengembangkan dan membina komunikasi antar mahasiswa UT sehingga dapat menimbulkan kedekatan, kesetiaan, dan kebanggan terhadap almamaternya”.

seleksidisporseni2019 1seleksidisporseni2019 5seleksidisporseni2019 2

Masing-masing UT-Wilayah menyelenggarkan seleksi bagi mahasiswa UT untuk diikutsertakan dalam event ini. Tak terkecuali Universitas Terbuka Jember yang turut serta menyelenggarakan Disporseni se-Wilayah UT Jember. Seleksi diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari pokjar (kelompok belajar) di kabupaten Jember, Banyuwangi, Lumajang, Probolinggo, Bondowoso dan Situbondo. Terdapat 7 cabang perlombaan dan pertandingan diantaranya kategori diskusi ilmiah dengan lomba debat dan inovasi teknologi informasi, kategori olahraga meliputi bulu tangkis, tenis meja, catur dan kategori seni meliputi menyanyi dan menari. Lomba dipusatkan di kantor UT Jember dan GOR Kreongan Jember.

Dari seluruh cabang perlombaan dan pertandingan 14 mahasiswa telah lolos seleksi untuk mewakili UT Jember dalam ajang Disporseni Nasional di UT Pusat pada tanggal 28 Agustus – 5 September 2019. Berikut mahasiswa yang telah lolos seleksi diantaranya Achmad Danial, Yuli Agustina, Rizky Rochmatul Laily (Debat); Moch. Fikri Mustofa dan Saskia Nabilah (Tenis Meja); Mahrus Ali Huda dan Fatimatul Munawaroh (Bulu Tangkis); Marco Febrian dan Vinda Aprilia (Menyanyi); Dwi Yulia AntariksawatiAgung Prasetyo, dan Nurrizma Fanti Umardiyah (Tari) serta Suhaidatul Kutsiyah (Inovasi IT). Direktur UT Jember, Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd mengungkapkan pesan kepada seluruh mahasiswa yang telah lolos. “ Selamat bertanding, jaga nama baik UT Jember dan rasa persaudaraan. Semoga kita bisa membawa kemenangan dan prestasi”, ujarnya. (ulima)