BERITA

Liputan kegiatan Universitas Terbuka Jember

Kuliah Online di UT Jember : Transisi Menuju Pengalaman Belajar Baru

   Orientasi mahasiswa umumnya dikenal sebagai masa sebelum dimulainya kegiatan akademik. Berbagai acara diadakan dalam rangkaian kegiatan orientasi dan penyambutan mahasiswa baru. Mekanisme pelaksanaan orientasi menjadi perhatian penting bagi institusi pendidikan tinggi karena sebagai media strategis untuk mengenalkan mahasiswa pada kultur dan sistem akademik pendidikan tinggi.

   Bagi Universitas Terbuka (UT) istilah orientasi umum dikenal dengan nama Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB). Tentunya, UT memiliki budaya dan mekanisme yang berbeda dalam menyambut, melakukan transisi, dan membantu mahasiswa baru dalam transisi mereka menuju pengalaman pendidikan baru. Sehingga, melalui OSMB mahasiswa baru UT akan diajak untuk lebih mengenal dan memahami kerangka dan teknis akademik di UT yang berdasarkan prinsip belajar jarak jauh. Untuk itu, Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) juga diberikan kepada mahasiswa baru sebagai layanan untuk mendukung kesuksesan belajar mahasiswa UT.

   Pada Tahun Akademik 2023/2024 Genap ini, telah tercatat ± 2.000 calon mahasiswa baru UT Jember yang akan mengikuti OSMB dan PKBJJ secara bertahap. Pada Tahap 1, OSMB dan PKBJJ telah dilangsungkan pada Sabtu dan Minggu (02 dan 03 Maret 2024) di dua tempat berbeda, yaitu di Jember (Hotel Royal n Lounge) dan Banyuwangi (Hotel Santika) bagi 413 mahasiswa baru.

   Kegiatan dibuka oleh Direktur UT Jember, Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd, “UT secara konsisten dan konstruktif terus berupaya dan menunjukkan komitmen untuk menjadi yang terbaik dalam memberikan layanan pendidikan. OSMB dan PKBJJ ini adalah pondasi awal dalam mengenal UT bagi mereka yang resmi bergabung menjadi bagian dari keluarga besar UT, dan menjadi media untuk lebih memperdalam, memahami tentang belajar jarak jauh di pendidikan tinggi”.

berita radar 1

   Dalam OSMB pada Sabtu, materi dibagi ke dalam tiga muatan, yaitu terkait: mengenal UT, Bela Negara, dan Praktik Kiat Sukses Belajar di UT. Muatan pertama lebih berfokus pada konsep-konsep umum terkait ke UT-an, sistem belajar, registrasi dan ujian. Kedua, berfokus pada penguatan kembali mentalitas mahasiswa untuk dalam menguatkan rasa cinta tanah air dan bela negara. Terakhir, mengenalkan teknis belajar di UT, khususnya terkait aktivasi akun e-learning.

   Dalam PKBJJ pada Minggu, mahasiswa dibimbing langsung untuk mempraktikkan beberapa keterampilan belajar mandiri diantaranya pertama, membuat rencana dan jadwal belajar, kedua, membaca BMP UT dan merekam hasil baca, ketiga mengakses layanan UT online seperti mengunduh BMP digital dan fitur-fitur pendukung akademik mahasiswa dalam website UT. Instruktur dalam kegiatan ini adalah dosen/staff edukatif dan tenaga kependidikan UT Jember, serta lainnya merupakan narasumber dari instansi mitra UT Jember.

berita radar 2

   Kegiatan OSMB dan PKBJJ yang telah terlaksana selama dua hari ini merupakan bekal bagi mahasiswa baru UT Jember untuk siap belajar dengan sistem jarak jauh UT. Melalui komunikasi dan interaksi yang nampak antara instruktur dengan para mahasiswa baru, terlihat antusiasme, perhatian dan keyakinan mereka untuk sukses studi. Inilah yang menjadi harapan dan komitmen UT Jember dalam memberikan layanan terbaik kepada mahasiswa.
Pendaftaran mahasiswa baru UT Jember Semester 2023 Genap masih dibuka hingga 06 Maret 2024 (khusus jalur Non RPL/Non alih kredit. Kunjungi laman admisi-sia.ut.ac.id atau WhatsApp 08113197676 dan Telegram 08155167676. (Fadhik)