Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

 UNIVERSITAS TERBUKA JEMBER

SELENGGARAKAN PELATIHAN TUTOR TATAP MUKA TAHUN 2019.2

Tanggal 23 - 25 Agustus 2019

DI HOTEL ASTON JEMBER

IMG 1082

 

Universitas Terbuka sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia terus berkomitmen dalam mewujudkan proses pembelajaran yang baik bagi mahasiswa UT terutama bagi yang mengambil program paket sipas semi dan paket sipas penuh baik mahasiswa Pendas maupun Non Pendas . Sesuai dengan peran tutor   agar mampu menjebatani antara mahasiswa dan modul , untuk menjadi tutor yang mumpuni atau berkualifikasi baik dalam Penyelenggaraan tutorial Tatap Tutor Muka ( TTM ) di UT Jember , maka perlu diadakan Pelatihan Tutor .

Pada tahun 2019 ini, UT Jember kembali melaksanakan kegiatan Pelatihan Tutor Tatap Muka (TTM ) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh UT Jember 1 kali dalam setahun , dalam rangka sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan kualifikasi tutor UT Jember terutama bagi tutor baru atau tutor yang sudah pernah memberikan tutorial pada satu atau dua semester   yang lalu .

Adapun jumlah peserta pada tahun ini sejumlah 30 orang Tutor yang diundang dari berbagai daerah / asal instansi tutor Yaitu : Banyuwangi , Jember dan Probolinggo .

Rangkaian kegiatan Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari berturut - turut pada hari pertama ( Jumat 23 Agustus 2019 ) Kegiatan diawali dengan acara Pembukaan yang dibuka secara langsung oleh Direktur UT Jember Prof. Dr. H. Mohammad Imam Farisi, M.Pd dan di teruskan materi sajian oleh Ir Mohamad Toha , M.Ed ,Ph.D dari UT Pusat yaitu Konsep Sistem Perguruan Tinggi Terbuka Jarak jauh dan Sistem Belajar Mandiri di materi sajian siang sampai   malam dengan materi berbeda yaitu : bagaimana mengelola waktu , membaca modul secara efektif serta merekam hasil baca   , terakhir dilanjut dengan sajian materi dari   Inneke Putri. Widiani , SE,M.Si . dengan pengembangan bahan presentasi dan pemanfaatan sumber belajar Hari kedua ( Sabtu 24 Agustus 2019 )   materi sajian tentang Pengembangan Kit Tutorial oleh Prof. Dr,Mohammad Imam Farisi ,M.Pd   , Hesti Herminingsih, SP.MP dengan Pengembangan RAT format baru, Dra Khodijah Hayati M.Pd materi Pengembangan SAT , sedangkan Nita Ryan Purbosari ,S.Sos,M.Si dengan Keterampilan Dasar Tutorial   Semua materi disajikan dengan Tanya jawab dan diskusi , namun terakhir di sajian malam dari pukul 19.00 - 21.30 Pelatihan dengan Praktik Tutorial Mini yang mewajibkan semua peserta untuk mempraktikan hasil SAT mini untuk sajian selama 15 sampai 20 menit yang terbagi dalam empat kelompok  : Kelompok 1   dengan tugas pertemuan 1 , Kelompok 2 dengan tugas praktik pertemuan 2,4 dan 6 , Kelompok 3 dengan tugas Pertemuan 8 sedang Kelompok 4 dengan pertemuan 3,5 dan 7 .

Rangkaian kegiatan di hari ke ketiga ( Minggu 25 Agustus ) adalah dari hasil terbaik praktik tutorial mini ditampilkan di ruang pleno untuk di jadikan acuan bagi penyelenggaraan tutorial yang sebenarnya dilapangan   dengan penampilan masing – masing   ada saran dan kritik serta masukan dari Prof Dr Imam dan Ir Mohamad Toha ,M.Ed ,Ph.D sebagai bentuk   penyempurnaan agar dilapangan para peserta betul-betul memiliki modal yang cukup menjadi tutor yang berkualifikasi baik.

Terakhir kegiatan ditutup oleh Prof. Dr .Mohammad Imam Farisi , M.Pd pada pukul 11.30 dengan harapan semoga Tujuan Pelaksanaan Pelatihan Tutor 2019  ini dapat terwujud dan membuahkan hasil yang maksimal yaitu menjadi tutor UT yang semakin berkualitas .