Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

 

 

KEGIATAN EDUKASI KETERAMPILAN BELAJAR MANDIRI (EKBM) MASA REGISTRASI 20192

 

Universitas Terbuka Jember kembali menyelenggarkan Edukasi Keterampilan Belajar Mandiri (EKBM) bagi mahasiswa baru. Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap masa registrasi baru di 7 kabupaten/kota wilayah kerja UT Jember. Sebagai Universitas yang menuju Cyber University di Indonesia, UT wajib membekali mahasiwanya untuk memahami cara belajar sistem jarak jauh yang lebih banyak menggunakan media online dibandingkan dengan universitas konvensional yang mengedepankan tatap muka pada sistem pembelajaran. Dalam hal ini mahasiwa dituntut untuk belajar mandiri menggunakan media atau aplikasi yang telah dikembangkan oleh Universitas Terbuka.

ekbm192 1ekbm192 4

Adapun pelaksanaan EKBM dilaksanakan secara bertahap selama 2 hari dimasing-masing 7 Kabupaten/Kota wilayah kerja UT, hal ini dikarenakan banyaknya jumlah mahasiswa baru yang harus mengikuti kegiatan ini, tahapan pelaksanaan diantaranya;

  1. Tahap pertama dilaksanakan di Kabupaten Jember pada tanggal 7 – 8 September 2019 bertempat di SMPN 7 Jember dan SMKN 5 Jember diikuti oleh 729 mahasiswa
  2. Tahap kedua dilaksanakan di Kabupaten Probolinggo dan Kota Probolinggo pada tanggal 9 – 10 September 2019. Untuk Kabupaten Probolinggo bertempat di SMK SAQA diikuti oleh 218 mahasiswa sedangkan di Kota Probolinggo bertempat di SMK Tamansiswa Probolinggo diikuti oleh 323 mahasiswa.
  3. Tahap ketiga dilaksanakan di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Situbondo pada tanggal 11 – 12 September 2019. Untuk Kabupaten Lumajang diikuti oleh 212 mahasiswa sedangkan di Kabupaten Situbondo diikuti oleh 189 mahasiswa.
  4. Tahap keempat dilaksanakan di Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi pada tanggal 15 -16 September 2019. Untuk Kabupaten Bondowoso diikuti oleh 236 mahasiswa sedangkan di Kabupaten Banyuwangi diikuti oleh 498 mahasiswa.

Pada hari pertama diisi dengan kegiatan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) yang dibuka secara resmi oleh Direktur UT Jember/Perwakilan Direktur UT Jember dimasing-masing Kab/Kota yang diikuti dengan penyematan jas almamater dan penyerahan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Turut hadir pula Ka. Dinas Pendidikan atau yang mewakili, dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada Universitas Terbuka yang telah menjadi wadah pendidikan bagi siapapun, beliau turut mendukung program-program UT. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi Umum, materi Regjian, materi BBLBA, teori keterampilan belajar mandiri serta praktek layanan UT online oleh tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan UT Jember. EKBM kali ini juga dihadiri oleh Kapolres/perwakilan yang bertindak sebagai narasumber dengan materi pemahaman Ideologi bangsa. Pemahaman ini diberikan agar mencegah paham-paham radikalisme dan intoleransi berkembang di kalangan mahasiswa UT Jember.

ekbm192 7ekbm192 3ekbm192 2

Pada hari kedua mahasiswa secara langsung mempraktikkan keterampilan belajar mandiri serta akses seluruh layanan belajar UT online yang telah disampaikan pada hari pertama. UT menyediakan ruang aula untuk praktik Keterampilan Mengelola Waktu, Keterampilan Membaca Modul dengan Efektif dan Keterampilan Merekam Hasil Baca sedangkan untuk Keterampilan Mengakses Layanan Belajar UT Online disediakan laboratorium komputer. Melalui kegiatan EKBM inilah, mahasiswa baru UT Jember diharapkan semakin optimis dan semangat untuk belajar, karena telah memiliki bekal keterampilan dasar dalam belajar jarak jauh. Dengan berbagai metode layanan dan fleksibilitasnya, UT menjadi cyber university yang mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat.