BERITA

Liputan kegiatan Universitas Terbuka Jember

Informasi Melihat Jadwal Tutorial Webinar (TUWEB) dan Cara Mengakses Microsoft Teams, serta Silayar

Halo sahabat UT Jember yang berbahagia...

Sudah lama nih kita gak bertatap langsung dan melaksanakan kegiatan perkuliahan setelah ujian dan masa registrasi. Kini saatnya, teman-teman UT Jember melaksanakan kegiatan tutorial webinar (tuweb) khusus mahasiswa dengan layanan SIPAS Semi dan mahasiswa yang meregistrasikan Tutorial Tatap Muka Atas Permintaan (ATPEM). Biasanya kegiatan tutorial webinar (tuweb) dilaksanakan bagi mahasiswa berbasis kelompok belajar (pokjar) yang dimana terdapat pembagian kelas untuk kegiatan pembelajarannya menggunakan aplikasi Micosoft Teams. Berikut cara mengecek jadwal tutorial webinar teman-teman sekalian:

  1. Klik atau ketikkan link berikut pada mesin pencarian (browser): https://utjember.ut.ac.id/sireta/tuweb
  2. Masukkan NIM teman-teman mahasiswa (contoh: 858123456)
  3. Masukkan hasil penjumlahan atau pengurangan pada laman tersebut
  4. Klik Cari
  5. Maka akan muncul jadwal, jam, pokjar, serta link Microsoft Teams untuk pembelajaran Tuweb.

Selanjutnya, untuk mengikuti pembelajaran tutorial webinar melalui Microsoft Teams dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Pastikan HP/Laptop teman-teman sudah terinstall aplikasi Microsoft Teams yang bisa didapat di playstore, appstore, atau microsoft store
  2. Teman-teman dapat login ke Microsoft Teams jika sudah melakukan sinkronisasi pada Office 365 atau tanpa login
  3. Klik link yang tersedia pada laman penjadwalan tuweb teman-teman
  4. Masukkan Nama dan NIM, jika belum login ke Microsoft Teams 
  5. Selamat menjalankan pembelajaran tuweb di Microsoft Teams bersama tutor dari Universitas Terbuka Jember

Yang terakhir, Microsoft Teams teman-teman terpadu dengan pembelajaran yang dilakukan pada laman https://silayar.ut.ac.id/ untuk pengerjaan diskusi, tugas, dan lainnya yang telah diberikan oleh tutor. Untuk mengakses silayar dapat mengikuti panduan pada link berikut https://sway.cloud.microsoft/Y835H1hD7EyX0cP3?ref=Link atau ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik atau ketikkan link berikut pada mesin pencarian (browser) teman-teman, yaitu https://silayar.ut.ac.id/
  2. Lalu klik icon login pada pojok kanan atas laman silayar
  3. Masukkan NIM teman-teman mahasiswa (contoh: 858123456)
  4. Masukkan password berupa tanggal lahir teman-teman secara lengkap (contoh: 01012001)
  5. Lalu klik Login
  6. Atau jika laman pencarian teman-teman sudah terintegrasi dengan Office 365, bisa login (masuk) menggunakan Microsoft365 Universitas Terbuka dengan memasukkan password sesuai dengan yang teman-teman miliki pada akun Microsoft 365
  7. Silakan kerjakan diskusi dan tugas yang ada di silayar, teman-teman juga dapat menambahkan file lampiran berupa video, gambar, atau tulisan sesuai dengan permintaan tutor masing-masing

Jika terkendala tidak bisa masuk akun silayar karena password telah diubah dan ingin mereset password teman-teman, dapat menghubungi Ibu Inneke Putri Widyani, S.E., M.Si. di nomor (085859711982). INGAT, waktu konsultasi hanya dapat dilakukan pada hari dan jam kerja, yaitu Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB. Untuk berkonsultasi, tidak boleh menelpon. Silakan WA secara jelas dengan mengucapkan salam, memperkenalkan diri, dan menjelaskan permasalahan sejelas mungkin dalam satu pesan, dan jangan lupa diakhiri salam penutup atau ucapan terima kasih.

Contoh:
Selamat pagi Bu Inneke, nama saya Dio Catur mahasiswa PGSD semester 7 dari Pokjar Jenggawah dengan NIM 858123456. Mohon bantuannya saya tidak bisa masuk ke laman silayar karena password yang saya gunakan salah, maka saya mohon bantuan agar Ibu dapat mereset password silayar saya. Terima kasih atas bantuan Ibu.
Salam-Dio

PERINGATAN!!
Pesan tidak akan dibalas jika dilakukan di luar jam dan hari kerja, seperti hari Sabtu, Minggu, Hari Libur Nasional, serta Cuti Bersama. Maka hargai privasi dan waktu masing-masing ya teman-teman. 
Jika ada permasalahan lebih lanjut, semisal mata kuliah yang ditempuh di tuweb tidak muncul di silayar atau nama tutor berbeda dengan yang mengajar teman-teman sekalian, silakan mengajukan laporan lebih lanjut ke https://hallo-ut.ut.ac.id/cek/ticket dengan membuat tiket dan menjelaskan permasalahan teman-teman secara jelas dan runtut. Sekali lagi, lebih bijaksana jika teman-teman dapat mengajukan pada jam dan hari kerja.

Terima kasih semua. Selamat belajar dan mengerjakan tutorial dengan baik ya!