Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

 

 

PEMBEKALAN TUTOR TUTORIAL TATAP MUKA MASA 2019.2

UNIVERSITAS TERBUKA JEMBER DI KOTA PROBOLINGGO

 

Pada hari Minggu, 22 September 2019 UT Jember melaksanakan kegiatan Pembekalan Tutor TTM Masa 2019.2. Kegiatan pembekalan tutor Tutorial Tatap Muka (TTM) dilakukan secara serentak di 5 Kabupaten/Kota yang meliputi Kabupaten Jember, Kabupaten Banyuwangi, Kota Probolinggo untuk tutor domisili Kabupaten/Kota Probolinggo), Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Situbondo untuk tutor yang domisili di Kabupaten Situbondo dan Bondowoso. Pertimbangan utamanya adalah banyaknya jumlah tutor dengan kondisi geografis yang berjauhan. Kegiatan pembekalan tutor yang dilaksanakan di SMPN 1 Kota Probolinggo diikuti oleh 38 orang tutor yang berdomisili di Kota Probilinggo dan di Kabupaten Probolingo. Adapun petugas UT Jember yang hadir sebanyak 2 (dua) orang yakni Hesti Herminingsih, SP. MP dan Rendi Dwi Syahputra, A.Md .

Kegiatan Pembekalan Tutor TTM merupakan kegiatan yang rutin dilakukan UT sebagai salah satu upaya untuk melakukan Penyamaan Persepsi Persiapan Pelaksanaan TTM Masa 2019.2. Pada penyelenggaraan tutorial, praktik dan/atau praktikum di UT, tutor/supervisor mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat strategis. Peran tutor UT adalah sebagai pendorong kemandirian belajar, kemampuan berpikir dan berdiskusi mahasiswa, sebagai pembimbing, fasilitator dan mediator mahasiswa untuk membangun pengetahuan, nilai, sikap dan keterampilan akademik dan profesional secara mandiri.

pembekalan prolink192 2pembekalan prolink192 4

Kegiatan Pembekalan Tutor merupakan salah satu upaya UT Jember untuk memastikan fungsi, peran dan kedudukan tutor/supervisor dapat terwujud dengan baik dan tutorial tatap muka, praktik dan/atau praktikum dapat terselenggara dengan efektif, akuntabel dan berkualitas.  Materi Pembekalan mencakup tentang Prosedur, PK, dan kebijakan lain terkait tutorial tatap muka, praktik dan/atau praktikum, hasil evaluasi tutorial pada Masa 2019.2 dan informasi penjadwalan pada masing-masing tutor. Pada pembekalan kali ini, Petugas UT Jember mensosialisasikan salah satu unsur KIT Tutorial UT yang baru yang mulai diterapkan pada masa registrasi 2019.2 yaitu RAT-SAT. Perbedaan mendasar dari TTM sebelumnya adalah pada TTM ke 1 fokus pembelajaran ditekankan pada proses belajar mandiri yang meliputi praktek membaca cepat, merekam hasil baca yang meliputi membuat peta konsep, outline dan resume sesuai dengan modul masing-masing. Oleh sebab itu, tutor diminta membawa Modul untuk digunakan sebagai media praktek pembelajaran mandiri dengan pendampingan dari Petugas UT Jember.

Setelah penyampaian materi oleh Petugas UT Jember, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Sesi terakhir ini merupakan media tutor untuk saling berbagi pengalaman antar tutor sehingga diharapkan dalam forum tersebut para tutor dapat menemukan solusi terbaik atas beberapa kendala yang dihadapi oleh tutor di lokasi tutorial.

Kontributor : Hesti Herminingsih, Rendi Dwi Syahputra