Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

 

 

BIMBINGAN TAPM RESIDENSIAL I (BTR-1)

MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN DASAR UT JEMBER MASA REGISTRASI 2019.2

 

Penyusunan Tugas Akhir Program (TAPM) oleh mahasiswa merupakan salah satu syarat penyelesaian studi mahasiswa Program Pascasarjana UT. TAPM ini berupa laporan penelitian yang telah dirancang sejak matakuliah Seminar/Workshop Penelitian pada semester tiga. Proses penelitian dan penyusunan TAPM merupakan proses intensif, memerlukan waktu yang cukup dan tingkat konsentrasi yang tinggi dari mahasiswa. Kualitas TAPM yang dihasilkan oleh mahasiswa akan bermutu tinggi jika proses tersebut dilakukan dengan baik. Manfaat lainnya, mahasiswa akan dapat menyelesaikan studinya tepat waktu.

                  Salah satu upaya dalam menghasilkan TAPM yang bermutu tinggi adalah dengan merancang proses pembimbingan dan menyediakan pembimbing agar proses pembimbingan berjalan lancar dan efektif. Bimbingan TAPM di UT dilakukan dalam berbagai bentuk yang meliputi; bimbingan individual online, bimbingan individual tatap muka dan bimbingan kelompok. Bimbingan kelompok ini disebut dengan Bimbingan TAPM Residensial (BTR). BTR dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu BTR-1 dan BTR-2.

beteerpendas 5beteerpendas 4beteerpendas 2

                  Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitas mahasiswa agar memahami secara benar subtansi yang menjadi bidang penelitiannya. BTR 1 dan BTR 2 merupakan seminar akademik. Pada BTR 1, mahasiswa mempresentasikan proposal penelitiannya di hadapan Pembimbing 1, Pembimbing 2, dan Pembahas Ahli untuk mendapatkan masukan dan saran perbaikan. Adapun BTR 2 mahasiswa mempresentasikan hasil analisis data penelitian dan kesimpulan yang dapat diambil.  

                  Pada hari Minggu, 20 bulan Oktober 2019, UT Jember melaksanakan kegiatan BTR-1 untuk Program Studi Magister Pendidikan Dasar. Pembahas Ahli BTR-1 adalah Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc dari Universitas Negeri Malang dan Prof. Dr. Wahyu Sukartiningsih dari Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing 1 adalah Prof. Dafik, MS.c Ph.D, Prof. Dr. Suratno, M.Pd dan Dr. Hobri, M.Pd. Jumlah mahasiswa yang mengikuti BTR 1 sebanyak 15 orang.

beteerpendas 3beteerpendas 9beteerpendas 1

                  Kegiatan BTR-1 diawali dengan sambutan Direktur UT Jember, Prof Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd sekaligus sebagai satu-satunya Pembimbing 2 yang dapat menghadiri kegiatan BTR-1 di UT Jember. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terkait dengan tuntutan dari pembimbing tentang keterbaruan dalam TAPM yang disusun mahasiswa jangan sampai salah persepsi memaknai permintaan para pembimbing . Pengembangan atau inovasi dari sesuatu yang telah ada sebelumnya juga dapat dikategorikan dalam keterbaruan (novelty). Mahasiswa dapat memfokuskan peneltian TAPM pada pengembangan tersebut dan menjelasakan manfaat inovasi yang telah dikembangkannya. Menurut beliau, proses ini sudah mumpuni untuk penelitian di level program magister. Berikutnya, beliau menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pembahas Ahli yang telah berkenan menyediakan waktu dan buah pikiran serta ide untuk membantu mahasiswa menyelesaikan TAPM. Kepada mahasiswa, Direktur UT Jember berpesan, agar memanfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya untuk mempercepat proses penyelesaian TAPM.

                  Setelah proses ceremony, kegiatan BTR-1 memasuki kegiatan inti yang meliputi; presentasi proposal TAPM oleh mahasiswa, review dan diskusi dengan pembahas ahli, pembimbing 1 dan pembimbing 1. Pada akhir kegiatan, mahasiswa kemudian diminta membuat laporan rekap hasil review TAPM dari masing-masing pembahas ahli, pembimbing 1 dan pembimbing 2. Hasil rekap ini kemudian disampaikan kepada pembimbing 1 dan pembimbing 2 masing-masing, untuk kemudian didiskusikan tindak lanjutnya.

                 

Kontributor : Hesti Herminingsih