Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

 

1

Mahasiswa sebagai generasi dan agen pembangunan bangsa, sejatinya harus mempu mengokohkan diri  dalam melahirkan pemikiran, gagasan, dan karya keatif yang mampu memberikan solusi bagi berbagai persoalan bangsa. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi membentuk suatu wadah yang memfasilitasi mahasiswa Indonesia untuk mampu mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat luas melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Seiring dengan hal tersebut, maka UT Jember berkomitmen untuk mendukung dan memfasilitasi mahasiswa dalam melahirkan gagasan dan karya kreatif melalui kegiatan Pembimbingan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2019. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 29 Oktober 2019 pukul 09.00-15.00 WIB bertempat di Kantor UT Jember. Kegiatan dihadiri para ketua dan perwakilan dari 109  mahasiswa/27 kelompok mahasiswa yang akan mengikuti PKM Tahun 2019.

Dalam pengarahannya, Direktur UT Jember (Prof.Dr.Mohammad Imam Farisi, M.Pd) menegaskan bahwa “kegiatan PKM adalah sebuah kompetisi yang berfokus pada kreativitas mahasiswa. Untuk itu, substansi gagasan dan karya harus menjadi perhatian untuk menghasilkan luaran sebagaimana yang ditetapkan”. Luaran merupakan sebuah keharusan dari program ini, sehingga sejak awal penyusunan proposal, mahasiswa harus mampu mengidentifikasi dengan baik jenis PKM yang diajukan sehingga luaran dapat dihasilkan sesuai ketentuan.

Dalam kegiatan ini, dijelaskan pula jenis dan karakteristik 8 jenis PKM yang dapat diikuti oleh mahasiswa, yaitu PKM 5 bidang (Penelitian/PKM-P, Kewirausahaan/PKM-K, Pengabdian Kepada Masyarakat/PKM-M, Teknologi/PKM-T, Karsa Cipta/PKM-KC), PKM Karya Tulis (Artikel Ilmiah/AI dan Gagasan Tertulis/GT) dan PKM gagasan Futuristik Konstruktif/PKM-GFK). Selanjutnya, para kelompok mahasiswa dibimbing untuk memantapkan gagasan yang akan ditulis. Dalam proses ini, terjadi diskusi dan interaksi yang sangat baik dari peserta, sehingga dapat semakin menajamkan gagasan kreatif yang akan ditulis.

Setelah kegiatan ini, maka masing-masing kelompok akan menyusun atau memperbaiki proposalnya. Selanjutnya, pembimbingan akan dilakukan secara online melalui email atau WA oleh pembimbing. Pembimbing PKM adalah para dosen UT Jember. Semoga kegiatan ini mampu megokohkan semangat dan ikhtiyar mahasiswa untuk melahirkan gagasan dan karya kreatif.