Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

 

 

PELATIHAN PEMBINAAN PRAKTIK KERJA NYATA DALAM PRODUKSI PERTELEVISIAN MILENIAL

MAHASISWA BIDIKMISI POKJAR SAQA

 

Wujud perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas dari mahasiswanya, melalui kegiatan yang kreatif dan inovativ berhasil dijalankan dengan baik oleh UT Jember. Selasa (19/11) kemarin, UT Jember melaksanakan kegiatan pelatihan mahasiswa Bidikmisi Pokjar SAQA, di Kantor PCNU Cabang Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Pelatihan ini bertema "Pembinaan Praktik Kerja Nyata dalam Produksi Pertelevisian Milenial" yang sasarannya adalah mahasiswa Bidikmisi Pokjar SAQA semester 7 program studi Ilmu Komunikasi dan semester 1 program studi Sistem Informasi.

Tujuan kegiatan ini, tidak lain adalah membangun kreativitas mahasiswa untuk memproduksi karya pertelevisian dalam hal broadcasting dan jurnalisme. Mahasiswa diperkenalkan bagaimana cara memproduksi sebuah berita dan proses produksi di depan dan di balik layar televisi sehingga mereka mendapat gambaran umum tentang pertelevisian yang masih menjadi sumber utama informasi di era milenial ini. Selain itu, mahasiswa diberikan evaluasi mengenai hasil pembelajaran mereka dan bagaimana strategi pembelajaran yang baik agar mereka mencapai hasil yang memuaskan dan seperti yang mereka harapkan. Mahasiswa juga diberikan bekal motivasi yang kuat agar mereka dapat bersemangat dalam kegiatan belajarnya.

Untitled design 1Untitled design 2Untitled design 6

Pelatihan tersebut, dipandu oleh pemateri yang expert di bidangnya yakni Bapak Djoko Supriatno, S.S., M.Med.Kom. dimana dia menyampaikan materi mengenai kegiatan Broadcasting dan Jurnalisme, serta praktik produksi pembuatan dan penyiaran berita di depan kamera yang disiarkan langsung kepada seluruh mahasiswa. Acara yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB. sampai dengan pukul 13.00 WIB. ini tidak hanya diisi dengan penyampaian materi saja, melainkan mahasiswa juga mendapat ice breaking dan praktik secara langsung menjadi presenter dan reporter dari sebuah acara berita yang direkam secara live dan ditonton oleh semua peserta. Mereka juga menyusun materi berita sendiri secara berkelompok dan kelompok terbaik mendapatkan buku yang ditulis oleh Bapak Djoko, sang pemateri. Dalam pelatihan tersebut, juga diberikan motivasi dan strategi belajar yang baik dalam menempuh pembelajaran di Cyber University (UT), serta mendapat hasil yang baik dan memuaskan ketika mereka selesai menempuh pendidikannya, yang disampaikan oleh Ibu Dra. Iswati, M.Pd. dan Bapak Dio Catur Prasetyohadi, S.S. dari UPBJJ-UT Jember. Mahasiswa sangat antusias dan semangat dalam mengikuti seluruh rangkaian acara.

Lembaga UT sendiri berharap mahasiswa nantinya dapat mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diberikan, sehingga menjadi generasi milenial yang dapat memproduksi program berita dan acara televisi yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Hal ini dibuktikan bahwa mahasiswa Bidikmisi UT di Pokjar SAQA berhasil meraih IPK yang sangat memuaskan. Ibu Dra. Iswati berpesan kepada seluruh mahasiswa bahwa kegiatan ini sangat disayangkan jika disia-siakan begitu saja, mahasiswa diharapkan berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. Beliau juga menyampaikan bahwa calon mahasiswa baru UT harus berlomba-lomba dalam meningkatkan prestasi agar memilik prestasi yang sama atau bahkan lebih baik dari mahasiswa UT saat ini. (iswati & dio)

Untitled designUntitled design 4Untitled design 5