Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

Pelaksanaan Edukasi Kesiapan Belajar Mahasiswa (EKBM)

Program Magister Semester 2019/20.2 (2019.1)

Kegiatan EKBM mahasiswa baru Universitas Terbuka Jember Program Magister dilaksanakan selama 2 hari pada Sabtu- Minggu, 14-15 Februari 2020 di Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi, Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan EKBM merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru. Kegiatan ini didasari oleh adanya beberapa fakta antara lain, belum tingginya tingkat kebertahanan dan keberhasilan studi mahasiswa, belum utuhnya pemahaman mahasiswa tentang sistem belajar dalam PJJ, mahasiswa belum tangguh dalam menyesuaikan kultur dan keterampilan belajar di UT, Kewajiban UT untuk mengedukasi dan membekali mahasiswa dengan wawasan dan keterampilan belajar yang memadai.

WhatsApp Image 2020 02 15 at 10.27.34  WhatsApp Image 2020 02 15 at 10.33.23

Tujuan kegiatan EKBM ini adalah memperkenalkan penyelenggaraan Sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (SPTJJ) sehingga mahasiswa dapat siap dan terampil dalam menempuh studi di Universitas Terbuka. EKBM terdiri dari dua jenis kegiatan yaitu; (1). Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB), yang bertujuan membekali mahasiswa dengan pemahaman umum tentang konsep, kelembagaan, fasilitas, dan penyelenggaraan layanan pendidikan UT dengan sistem PTJJ. (2). Pelatihan Ketrampilan Belajar Jarak Jauh atau (PKBJJ) yang bertujuan membekali mahasiswa dengan kemampuan membaca efektif, merekam hasil baca, dan memanfaatkan layanan online UT dalam belajar.

Kegiatan EKBM Program Magister diikuti oleh 54 orang mahasiswa yang berasal dari Program Studi Magister Manajemen Bidang Minat Keuangan(Online) 1 orang, Magister Manajemen Bidang Minat Sumberdaya Manusia 24 orang, Magister Pendidikan Bahasa Inggris 1 orang, Magister Pendidikan Matematika 2 orang dan Magister Pendidikan Dasar 26 orang. Kegiatan ini dihadiri oleh PJ Bidang Administrasi Program Pascasarjana, Kasub Fasilitas Pendidikan, Bapak Suhaerman, S.Sos. M.Si, Manajer Registrasi dan Assesment, Ibu Nita Ryan Purbosari,S.Sos. M.Si dan Manajer Bahan Ajar dan Tutorial, Ibu Inneke Putri Widyani, SE. M.Si.

Kegiatan EKBM di buka oleh Direktur UT Jember, Bapak Prof. Dr Mohammad Imam Farisi, M.Pd. Dalam sambutannya, Direktur UT Jember menyampaikan bahwa kegiatan EKBM ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa program magister. Kegiatan yang terdiri dari kegiatan OSMB dan PKBJJ ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa baru sebagai bekal untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik. Pada kesempatan tersebut, Direktur UT Jember juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada API Banyuwangi yang telah memberikan beasiswa kepada 17 orang mahasiswa Magister Manajemen Bidang Minat Sumberdaya Manusia, kepada mahasiswa penerima beasiswa utamanya beliau berpesan untuk bersungguh-sungguh memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan menyelesaikannya studi tepat waktu.

Sambutan kedua disampaikan oleh Kasub Fasilitas Pendidikan AP Banyuwangi, Bapak Suhaerman, S.Sos. M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan selamat datang dan permohonan maaf karena Direktur API berhalangan dan tidak dapat hadir di kegiatan EKBM S2 ini. Pemberian beasiswa studi S2 yang diberikan kepada sebagia staf API Banyuwangi adalah bagian upaya dari peningkatan kompetensi dari para instruktur API Banyuwangi. Dengan demikian, diharapkan setelah dapat menyelesaikan pendidikan MM SDM ini, mereka dapat menjadi tenaga pendidik.

Adapun Pemateri dan Instruktur adalah Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd, Rini Yayuk Priyati, S.E., M.Ec., Ph.D, Inneke Putri Widyani SE. M.Si, Nita Ryan Purbosari S.Sos. M.Si dan Hesti Herminingsih SP. MP. Pada sesi terakhir sebelum penutupun, UT Jember menghadirkan pula tutor TTM baik prodi MM SDM maupun Magister Pendas dalam acara konsolidari dengan para tutor TTM. Para tutor TTM yang hadir tersebut adalah Bapak Prof. Drs. Dafik, M.Sc. Ph.D, Prof. Dr. Suratno, M.Pd, Dr. M.Miqdad, SE, MM, Ak, CA, Dr. Ahmad Roziq, SE, MM, Ak, Drs. Hadi Paramu, MBA, PhD dan Dr. Sumani, SE, MM. Pada pertemuan tersebut para tutor secara bergantian menyampaikan bahwa UT adalah salah satu dari Cyber University yang membawa program pendidikan jarak jauh. Dengan demikian, kemandirian belajar mahasiswa sangat diperlukan.Oleh karena itu, upayakan untuk membaca modul sebelum TTM karena tutor akan lebih berperan sebagai fasilitator sehingga metode diskusi akan lebih sering digunakan dalam proses TTM. Perkuliahan TTM juga memiliki durasi waktu yang lama dan beruntun sehingga harus menyiapkan kondisi fisik dan menjaga pola makan agar tetap bugar dan sehat. Penyusunan Tugas Akhir Program harus diawal mungkin direncanakan agar dapat tuntas studi tepat waktu.