Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

 

 

 

Pelaksanaan Edukasi Keterampilan Belajar Mahasiswa (EKBM)

Program Diploma dan Sarjana Semester 2019/20.2 (2019.1) Kabupaten Banyuwangi

 

Universitas Terbuka Jember kembali menyelenggarkan Edukasi Keterampilan Belajar Mandiri (EKBM) bagi mahasiswa baru program Diploma dan Sarjana semester 2019/20.2 (2020.1). Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap masa registrasi baru di 7 kabupaten/kota wilayah kerja UT Jember. Sebagai Universitas yang menuju Cyber University di Indonesia, UT wajib membekali mahasiwanya untuk memahami cara belajar sistem jarak jauh yang lebih banyak menggunakan media online dibandingkan dengan universitas konvensional yang mengedepankan tatap muka pada sistem pembelajaran. Dalam hal ini mahasiwa dituntut untuk belajar mandiri menggunakan media atau aplikasi yang telah dikembangkan oleh Universitas Terbuka

ekbmbwi201 1ekbmbwi201 4ekbmbwi201 6

Tujuan kegiatan EKBM ini adalah memperkenalkan kepada mahasiswa baru mengenai penyelenggaraan Sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (SPTJJ) sehingga mahasiswa dapat siap dan terampil dalam menempuh studi di Universitas Terbuka. EKBM terdiri dari dua jenis kegiatan yaitu; (1). Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB), yang bertujuan membekali mahasiswa dengan pemahaman umum tentang konsep, kelembagaan, fasilitas, dan penyelenggaraan layanan pendidikan UT dengan sistem PTJJ. (2). Pelatihan Ketrampilan Belajar Jarak Jauh atau (PKBJJ) yang bertujuan membekali mahasiswa dengan kemampuan membaca efektif, merekam hasil baca, dan memanfaatkan layanan online UT dalam belajar.

Kegiatan EKBM Program Diploma dan Sarjana ini diselelnggarakan di 4 kabupaten wilayah UPBJJ-UT Jember dan salah satunya di kabupaten Banyuwangi. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19-20 Februari 2020 dan diikuti oleh 195 orang mahasiswa yang berdomisili di kabupaten Banyuwangi. Dihadiri oleh Manajer Registrasi dan Assesment, Ibu Nita Ryan Purbosari,S.Sos. M.Si, Penanggung Jawab Wilayah kabupaten Banyuwangi, Ibu Dra. Iswati, M.Pd dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi.

Kegiatan EKBM dibuka secara resmi oleh Manajer Registrasi dan Assesment, Ibu Nita Ryan Purbosari,S.Sos. M.Si. Dalam sambutannya, Manajer Registrasi dan Assesment menyampaikan bahwa kegiatan EKBM ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UT, “Kiranya semua mahasiswa baru bisa mengikuti seluruh kegiatan EKBM ini sehingga dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa baru sebagai bekal untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik hingga sukses lulus dengan nilai yang memuaskan,” tutur Nita.

Sambutan kedua disampaikan oleh Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Kabupaten banyuwangi, Bapak H. Mukhlis, S.Pd,. MM. Beliau mengucapkan terima kasih kepada Universitas Terbuka yang telah menjadi wadah pendidikan bagi siapapun terutama guru Sd dan guru Paud serta turut mendukung program-program UT, “Saya sangat senang dengan adanya UT sudah banyak guru SD dan guru Paud di kabupaten Banyuwangi ini yang sebelumnya mangajar dengan ijazah sarjana berbagai ilmu bisa berkuliah lagi untuk melinearkan ijazah sesuai dengan keahlian mengajarnya,” tegas Mukhlis.

WhatsApp Image 2020 02 20 at 11.46.40 AMekbmbwi201 3ekbmbwi201 2

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi Umum UT, materi registrasi dan ujian, materi bahan ajar dan tutorial, teori keterampilan belajar mandiri serta praktek layanan UT online oleh tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan UT Jember. Pada hari kedua mahasiswa secara langsung mempraktikkan keterampilan belajar mandiri serta mengakses seluruh layanan belajar UT online yang telah disampaikan pada hari pertama. UT menyediakan ruang aula untuk praktik Keterampilan Mengelola Waktu, Keterampilan Membaca Modul dengan Efektif dan Keterampilan Merekam Hasil Baca sedangkan untuk Keterampilan Mengakses Layanan Belajar UT Online disediakan laboratorium komputer. Melalui kegiatan EKBM inilah, mahasiswa baru UT Jember diharapkan semakin optimis dan semangat untuk belajar, karena telah memiliki bekal keterampilan dasar dalam belajar jarak jauh. Dengan berbagai metode layanan dan fleksibilitasnya, UT menjadi cyber university yang mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat. (devi)