Pembayaran Uang Kuliah 8 Juni - 2 September 2020; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 8 Juni - 9 September 2020; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 3 Agustus - 7 September 2020;

Pengumuman Nilai Mata Kuliah 10 Agustus 2020; Pendaftaran Mahasiswa Baru 11 Februari - 15 Juli 2020; Registrasi Mata Kuliah 8 Juni - 26 Agustus 2020; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 8 Juni - 2 September 2020;

 

 

Edukasi Kesiapan Belajar Mahasiswa (EKBM) Program Sarjana dan Diploma

 Semester 2019/20.2 (2020.1) di Kabupaten/Kota Probolinggo

 

Pada semester 2019/20.2 (2020.1) jumlah mahasiswa baru program Diploma dan Sarjana Universitas Terbuka (UT) Jember di Kabko Probolinggo sebanyak 106 mahasiswa baru. Mahasiswa baru tersebut tersebar di berbagai fakultas yang meliputi FKIP 18 orang, FEKON 43 orang, FHISIP 37 orang, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) 8 orang. Kegiatan EKBM ini dilaksanakan pada Rabu-Kamis, 19-20 Februari 2020 di SMAN 1 Dringu Kabupaten Probolinggo. Hal ini dilakukan untuk membekali mahasiswa baru dengan pemahamam sistem belajar jarak jauh dan strategi belajar di UT agar mereka tangguh dalam belajar mandiri dan sukses belajar di UT.

ekbmpro201 2ekbmpro201 1ekbmpro201 4

Kegiatan EKBM pada hari pertama adalah Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB). Kegian ini dihadiri oleh Kepala Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo, Kepala BKD yang diwakili oleh Kabid Pengembangan dan Kompetensi Aparatur, Ketua IKA UT Jember, Kepala Sekolah SMAN 1 Dringu dan Pengurus Pokjar Hati Kabupaten Probolinggo. Kegiatan EKBM di buka secara resmi oleh Direktur UT Jember, Bapak Prof. Dr Mohammad Imam Farisi, M.Pd. dalam sambutannya, Direktur UT Jember juga menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada tamu undangan yang hadir dan Kepala SMAN 1 Dringu yang telah berkenan memfasilitasi kegiatan ini. Kepada mahasiswa, Direktur UT Jember kepada bahwa kegiatan EKBM ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyematan jaket almamater oleh perwakilan mahasiswa yang telah terpilih yang diikuti secara serentak oleh seluruh mahasiswa baru. Kegiatan EKBM terdiri dari kegiatan OSMB dan PKBJJ, Direktur UT Jember sangat berharap kegiatan ini dimanfaatkan oleh para mahasiswa baru sebagai bekal untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik.

Sambutan kedua disampaikan oleh Ketua Pokjar Yayasan Hati, Bapak Faudzan Hafidi, S.Sos. MAP. Dalam sambutannya beliau juga menekankan sifat kegiatan EKBM yang wajib bagi mahasiswa UT, dan apabila tidak dapat hadir, mahasiswa harus mengikuti Klinik Bimbingan di Kantor UT Jember. Pesan penting yang beliau sampaikan kepada mahasiswa adalah apa saja yang nanti disampaikan oleh narasumber dan instruktur agar dilaksanakan dengan baik dengan niatan tulus dan ikhlas, karena niatan tersebut nantinya akan memberikan kemudahan bagi mahasiswa sehingga dapat sukses dan lulus studi tepat waktu.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Kabid Pengembangan dan Kompetensi, Bapak Handik Heriyanto, S. Kom. M.Si. Pada kesempatan tersebut,beliau berpesan kepada para mahasiswa baru untuk mengikuti perkuliahan hingga tuntas dan jangan terpengaruh oleh pemikiran-pemikiran di luar batas. Pada era sekarang, tuntutan mahasiswa untuk dapat melaksanakan studi dengan efisien, optimal dan lulus tepat waktu sangat tinggi. Pemateri dan Instruktur adalah Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd, Hesti Herminingsih SP. MP, Sugito Hery Cahyono SH, Dio Catur Prasetyohadi, SS.

ekbmpro201 7ekbmpro201 5

Kegiatan EKBM pada hari Kedua diisi dengan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ). Kegiatan PKBJJ bertujuan mempersiapkan para mahasiswa untuk memiliki keterampilan belajar mandiri selama dan setelah kuliah di Universitas Terbuka. Kompetensi yang diharapkan dapat tercapai adalah mahasiswa memiliki kemampuan belajar mandiri melalui keterampilan merencanakan belajar, merekam hasil membaca, dan memanfaatkan layanan UT Online. Pada kegiatan ini, mahasiswa baru juga memperoleh pelatihan keterampilan mengakses dan memanfaatkan beragam fasilitas, sumber, dan aplikasi online berbasis internet, seperti Sistem Informasi Akademik (SIA), Tutorian Online (Tuton), Bahan Ajar Digital, Toko Buku Online (TBO), Ruang Baca Virtual (RBV), Perpustakaan Digital, dan lain-lain. Semua fasilitas tersebut bisa diakses dan disediakan untuk seluruh mahasiswa UT secara gratis. Disamping itu, mahasiswa juga dituntut menghasilkan produk yang meliputi; Rencana Belajar (memerlukan Lembar Kerja untuk membuat Rencana Belajar), Catatan hasil membaca efektif (memerlukan Modul, Lembar Kerja, Flip Chart, dan Spidol), Peta Konsep/Peta Pikiran/Outline/Resume (memerlukan kertas kosong, atau sebaiknya kertas untuk flip chart)

Kontributor: Tim EKBM