Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

 

 

 

KEGIATAN EDUKASI DAN KETERAMPILAN BELAJAR MENGAJAR (EKBM) DAN ORIENTASI STUDI MAHASISWA BARU (OSMB) PROGRAM DIPLOMA DAN SARJANA SEMESTER 2019/20.1 (2020.1) DI KABUPATEN JEMBER

 

Universitas Terbuka (UT) sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Negeri dengan Sistem Jarak Jauh terus berkomitmen untuk mengembangkan dan memantapkan diri dalam memberikan akses layanan Pendidikan yang berkualitas kepada seluruh masyarakat. Upaya tersebut untuk menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi, dan untuk membekali mahasiswa baru untuk mampu melaksanakan kegiatan belajar dan menguasai cara belajar mandiri sehingga dapat menjadi mahasiswa yang sukses dengan media pembelajaran yang menjadi ciri khas Universitas Terbuka yaitu Mandiri.

Di awal Tahun 2020 ini Universitas Terbuka kembali menyelenggarakan Kegiatan EKBM di 7 Kabupaten/Kota di wilayah Jember. Dalam rangka membekali mahasiswa baru tersebut agar mampu memahami dan sukses belajar di UT , UT jember kembali mengadakan Kegiatan EKBM Di kabupaten Jember setelah kegiatan EKBM diselenggarakan di 3 lokasi sebelumnya. Tepatnya pada 22-23 Februari 2020 ini adalah kegiatan EKBM semester 2019/20.1 (2020.1) diselenggarakan di Kabupaten Jember yang diikuti oleh 227 mahasiswa baru Kabupaten Jember dan Kabupaten Lumajang. Kegiatan EKBM ini dilaksanakan di SMKN 2 Jember.

ekbmjbr201 2dfdebd38 94c5 4a64 ac13 3a06f01b3902

Kegiatan Hari Pertama yang dilaksanakan pada 22 Februari 2020 ini dibuka secara resmi oleh Direktur UT Jember Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.pd pada pukul 08.00 WIB. Beliau berharap semua mahasiswa dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan dipahami baik-baik hingga kegiatan selesai. Dan tak Lupa Beliau juga memperkenalkan Manager-Manager bidang yang akan mengisi materi juga di hari tersebut. Diantaranya Ibu Efita Rusdiana, S.E sebagai Manager Keuangan dan Umum, Ibu Nita Ryan Purbosari, S.Sos., M.Si., sebagai Manager Registrasi dan Asessmen, dan Ibu Inneke Putri Widyani, S.E., M.Si. Manager Bahan Ajar Tutorial.

Pada Hari Sabtu 22 Februari 2020 ini juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan kabupaten Jember yaitu Drs. Ismo M.Si., MM. beliau turut memberikan sambutan untuk mahasiswa baru yang telah hadir, dengan semangat beliau menyapa semua mahasiswa baru di Aula SMKN 2 Jember dengan memberi semangat pagi dan sedikit Yel-yel. “Adik-adik telah memilih universitas yang tepat dengan masuk ke UT karena disini diajarkan mandiri dan juga sudah banyak lulusan UT yang sukses” tutur Bapak Ismo. Beliau juga menyampaikan pesan dari Kepala Dinas yang berhalangan hadir saat itu bahwa adik-adik harus bisa menyesuaikan perkembangan teknologi yang telah ada karena UT memang Universitas pertama kali yang menerapkan penggunaan teknologi untuk sistem belajarnya.

Dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) kabupaten Jember yang dihadiri oleh Kepala Bidang Kajian Strategis Bakesbangpol Jember Bapak Ahmad David Fatahillah, S.Sos untuk pemantapan materi mengenai Wawasan Kebangsaan dan Politik bagi mahasiswa baru UT Jember. Dan penyampaian Materi selanjutnya yaitu Materi Umum yang disampaikan langsung Oleh Direktur UT Jember yang memaparkan dan memperkenalkan tentang UT. Dan materi-materi selanjutnya di hari pertama adalah Materi Registrasi dan Assesment, Materi Bahan Ajar Tutorial, dan Materi Online yang dipaparkan oleh Akbar Rahmatullah, A.Md dan Floriza Wihardityo, S.S.

ekbmjbr201 1ekbmjbr201 4

Pada hari kedua Minggu, 23 Februari 2020 peserta melakukan Kegiatan kembali dengan mempraktekkan langsung materi yang telah disampaikan di Hari pertama. Panitia telah menyiapkan 5 Laboratorium Komputer untuk mahasiswa agar dapat praktik langsung mengakses UT online secara mandiri dan ruang aula untuk melanjutkan praktik Keterampilan Mengelola Waktu, Keterampilan Membaca Modul dengan Efektif dan Keterampilan Merekam Hasil Baca yang dipandu oleh Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Universitas Terbuka Jember.

Melalui Kegiatan EKBM ini, para mahasiswa baru diharapkan untuk memimiliki kesiapan dan Keterampilan belajar di UT dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang tersedia. UT juga memberikan layanan dan fasilitas yang bisa di akses mahasiswa kapanpun dan dimanapun berada. (Tutus)