Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

 

 

Seminar Akademik dan Upacara Penyerahan Ijazah UT Jember diikuti Lebih dari Seribu Mahasiswa

 

Salah satu apresiasi atas keberhasilan seseorang dalam menempuh pendidikan diwujudkan dengan kegiatan wisuda. Sebuah kegiatan yang menjadi penghormatan dan penghargaan bagi diri, masyarakat, dan bangsa. Selain itu, wisuda mampu mengukuhkan semangat seseorang untuk terus menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat.

            Para lulusan UT berhak mengikuti wisuda di UT Pusat (Pondok Cabe, Tangerang Selatan). Bagi lulusan yang tidak berkesempatam mengikuti wisuda di UT Pusat dapat mengikuti acara Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) di Kantor UT setempat (termasuk di UT Jember). UPI di UT Jember dilaksanakan dengan rangkaian yang sama dengan wisuda yang diawali dengan pemberian bekal ilmu pengetahuan praktis yang bermanfaat bagi bekal hidup di masyarakat melalui kegiatan Seminar Akademik.

IMG 7984aIMG 7999

Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan UPI ini meliputi memberikan ucapan selamat atas keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan program pendidikannya di UT, menyerahkan ijazah dan transkrip kepada para lulusan, melepas para lulusan untuk melanjutkan pengabdiannya dengan lebih baik lagi kepada masyarakat, bangsa, dan negara. “Selain itu, mengenalkan serta menumbuhkan citra positif dan kebanggaan bagi lulusan dan keluarganya terhadap UT, serta memberikan ilmu pengetahuan praktis masalah aktual di masyarakat secara pendidikan,” jelas Direktur UT Jember Prof Dr Mohammad Imam Farisi, M.Pd.

Pada tahun 2020, UT Jember menyelengarakan kegiatan rutin UPI yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 26-27 Februari 2020 bertempat di Gedung Serbaguna lingkungan GOR Kaliwates. Kegiatan hari pertama diawali dengan kegiatan Temu Wicara dengan para pimpinan UT yang dilanjutkan dengan Seminar Akademik. Seminar Akademik dengan tema “Resiliensi Pendidikan Jarak Jauh dalam Proses Transformasi dan Pemerataan Pendidikan di Era Disrupsi”. Narasumber Seminar adalah Bapak Nur Fadli S.H, S.Pd yang merupakan CEO Nur Fadli Foundation dan wirausahawan yang tergabung dalam organisasi HIPMI, serta tokoh perintis dan pendiri 10 sekolah di wilayah terpencil. Sedangkan moderator seminar akademik adalah Putra Wijaya, S.Pd.

Kegiatan pada hari kedua adalah Upacara Penyerahan Ijazah. Kegiatan tersebut bukan hanya kegiatan seremonial, namun juga sebagai upaya untuk memperkenalkan dan membangun citra positif Universitas Terbuka. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan UPI sebanyak 1002 lulusan yang secara rinci dapat dilihat pada tabel 1 berikut ini;

Tabel 1. Rekapitulasi Jumlah Peserta UPI UT Jember Masa Registrasi 2020.1

No

Asal Kabupaten/ Program Studi

Jumlah Peserta

1

Pascasarjana

3

3

Jember

200

4

Bondowoso

56

5

Banyuwangi

313

6

Kabupaten Probolinggo

173

7

Kota Probolinggo

65

8

Lumajang

143

9

Situbondo

49

 

Jumlah Total

1002

         *Sumber : Panitia Rekruitmen UPI Tahun 2020 Tahap 1

Pejabat yang hadir dalam rangka UPI adalah Rektor UT yg diwakili oleh Dekan FE UT, Bapak Prof. Dr. Ali Muktiyanto, SE,. M.Si, Rektor Universitas Jember Bapak Dr. Ir. Iwan Taruna, M. Eng,. Rektor IAIN Jember Bapak Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE, MM,. Rektor Universitas Nurul Jadid, KH. Abd. Hamid Wahid, M. Ag., Direktur Politeknik Negeri Jember, Bapak Saiful Anwar, S.Tp,. MP, Direktur Politeknik Negeri Banyuwangi, Bapak Son Kuswadi, Dr. Eng,. Direktur Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi Bapak Geni Luhung Prasojo, SS,. MM, dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Ibu Suhartatik, S.Pd. M. Psi,. Serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota se-wilayah UT Jember, dan Perwakilan dari Pengurus Kelompok belajar (Pokjar), Pengurus Ikatan Alumni UT Jember. Selain itu, hadir pula perwakilan dari Mitra UT yaitu; Bank BTN, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, JawaPos Radar Jember dan POS Indonesia.

Setelah prosesi, kegiatan UPI dibuka secara resmi oleh Direktur UT Jember, Bapak Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd. Dilanjutkan dengan acara penandatanganan MoU antara UT Jember dengan Politeknik Negeri Banyuwangi. Pembacaan SK Rektor tentang Penetapan Yudisium Mahasiswa Universitas Terbuka oleh Manajer Umum dan Keuangan, Ibu Efita Rusdiana, SE. Pembacaan SK lulusan Terbaik oleh Manajer Bahan Ajar & Tutorial, Ibu Inneke Putri Widyani, SE, M.Si.

cdIMG 8007

Lulusan terbaik terdiri dari 1 lulusan terbaik Program Pascasarjana dan 1 lulusan terbaik Program Sarjana dengan rincian sebagai berikut;

  1. Lulusan terbaik dari Program Studi S2 - Magister Ilmu Administrasi bidang minat Administrasi Publik atas nama Yuwanita Darman dengan IPK 3.93 (Dengan Pujian). Berasal dari Kabupaten
  2. Lulusan terbaik dari Program Studi S1 - Manajemen atas nama Najma Soulthana Bibi dengan IPK 3.94 (Dengan Pujian). Berasal dari Kabupaten Jember.

Penyerahan beasiswa Ikatan Alumni UT Jember kepada 4 orang mahasiswa berprestasi oleh Ketua Ikatan Alumni UT Jember.  Dan diakhiri dengan penyerahan lulusan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur oleh Rektor UT yang didampingi oleh Direktur UT Jember. (Devi)