Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

 

 

PEMBEKALAN TUTOR TUTORIAL TATAP MUKA MASA 2020.1

UNIVERSITAS TERBUKA JEMBER DI KABUPATEN BANYUWANGI

 

Pada hari Minggu, 15 Maret 2020 UT Jember melaksanakan kegiatan Pembekalan Tutor TTM Masa 2020.1 di Ruang Pertemuan Pokjar Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Jumlah tutor yang mengikuti Kegiatan Pembekalan Tutor Masa 2020.1 adalah 134 orang yang terdiri dari dosen, guru, staf dinas Pendidikan dan praktisi yang ada di wilayah Kabupaten Banyuwangi. Adapun petugas UT Jember yang hadir sebanyak 3 (tiga) orang yakni Dra. Khodijah Hayati, M.Pd. Ganef Sri Suhaerini dan Slamet Venta Nuryadi. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne UT, Sambutan Pengurus Pokjar dan Doa/Penutup.

Ibu Dra. Sri Utami, M.Pd dalam sambutannya sebagai pengurus pokjar Purwoharjo menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas amanah dan kepercayaan yang diberikan UT sebagai tuan rumah dari kegiatan Pembekalan Tutor UT khusus wilayah Banyuwangi selama 4 semester berturut-turut. Menurut beliau, menjadi tutor UT tidak mudah karena harus melalui proses seleksi mulai dari proses penyerahan berkas lamaran menjadi tutor, pelatihan PATUT (Pelatihan Akreditasi Tutorial Universitas Terbuka) dan membuat KIT Tutorial.

54

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya UT Jember untuk melakukan Penyamaan Persepsi Persiapan Pelaksanaan Tutorial Tatap Muka Masa 2020.1. Oleh karena banyaknya jumlah tutor dan lokasi yang bejauhan maka pembekalan tutor dilaksanakan di 4 tempat dalam waktu yang bersamaan, yaitu di Kabupaten Jember, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Probolinggo.

Pada kegiatan pembekalan tutor ini petugas mengingatkan kembali kepada para tutor tentang hakikat tutor dan tutorial dalam PTJJ. Tutor dalam sistem pendidikan jarak jauh bukan hanya sebagai pengabar bahan ajar (Modul) saja melainkan sebagai PEMICU dan PEMACU belajar mandiri mahasiswa. Tutorial bukan sebagai tempat untuk menjelaskan, mendiskusikan atau membahas bahan ajar (modul) sampai habis dan tuntas, melainkan sebagai ruang bantuan belajar untuk memicu dan memacu belajar mandir mahasiswa.

Pada penyelenggaraan tutorial, praktik dan/atau praktikum di UT, tutor/supervisor mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat strategis. Peran tutor UT adalah sebagai pendorong kemandirian belajar, kemampuan berpikir dan berdiskusi mahasiswa, sebagai pembimbing, fasilitator dan mediator mahasiswa untuk membangun pengetahuan, nilai, sikap dan keterampilan akademik dan profesional secara mandiri.

21

Kegiatan Pembekalan Tutor merupakan salah satu upaya UT Jember untuk memastikan fungsi, peran dan kedudukan tutor/supervisor dapat terwujud dengan baik dan tutorial tatap muka, praktik dan/atau praktikum dapat terselenggara dengan efektif, akuntabel dan berkualitas.  Materi Pembekalan mencakup tentang Prosedur, PK, dan kebijakan lain terkait tutorial tatap muka, praktik dan/atau praktikum, hasil evaluasi tutorial pada Masa 2019.2 dan informasi penjadwalan pada masing-masing tutor.

Setelah penyampaian materi oleh Petugas UT Jember, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Sesi terakhir ini merupakan media tutor untuk saling berbagi pengalaman antar tutor sehingga diharapkan dalam forum tersebut para tutor dapat menemukan solusi terbaik atas beberapa kendala yang dihadapi oleh tutor di lokasi tutorial. (hayati)