Pengumuman Nilai Mata Kuliah 10 Agustus 2020; Pendaftaran Mahasiswa Baru 11 Februari - 15 Juli 2020; Registrasi Mata Kuliah 8 Juni - 26 Agustus 2020; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 8 Juni - 2 September 2020;

Pembayaran Uang Kuliah 8 Juni - 2 September 2020; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 8 Juni - 9 September 2020; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 3 Agustus - 7 September 2020;

 

UPBJJ-UT Jember Selenggarakan

Rapat Koordinasi Pengurus Pokjar Sekema Baru

 

      Di Penghujung Tahun 2017 UPBJJ-UT Jember melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama para pengurus Kelompok Belajar (Pokjar). Rakor Pokjar tersebut dilaksanakan pada tanggal 20 – 21 Desember 2017, di Green Hill Hotel and Convention Center. Pertemuan ini bertujuan menyatukan persepsi dan memberikan wawasan perkembangan atas tindak lanjut pelaksanaan kebijakan atau sekema baru yang diberlakukan oleh Universitas Terbuka, serta penyusunan laporan dan agenda kegiatan pokjar 2017/20182.

Rakor1Rakor2Rakor3

   “Kami ucapkan terimakasih dan selamat datang bagi seluruh pengurus pokjar, dengan adanya Pokjar Mahasiswa Universitas Terbuka, UPBJJ-UT Jember sangat terbantu dalam melakukan sosprom (sosialisasi promosi) dan edukasi kepada mahasiswa, pengelolaan mahasiswa (rekruitmen, registrasi, layanan & bantuan belajar, pelaksanaan ujian dan UPI/Wisuda), serta penyediaan sarana prasarana pembelajaran bagi mahasiswa. Harapan kami melalui Rapat Koordinasi Pokjar adalah semakin meningkatnya APM mahasiswa baru sejalan dengan meningkatnya pemahaman masyarakat tentang Sistem Pendidikan Jarak Jauh”, pesan Kepala UPBJJ-UT Jember dalam pembukaan rapat koordinasi.

 

45

      Rapat Koordinasi Pokjar sekema baru ini diawali dengan pembukaan oleh Kepala UPBJJ-UT Jember Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi M.Pd yang dilanjutkan dengan sajian materi Registrasi dan Pengujian oleh Koordinator Regjian Efita Rusdiana SE., materi Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar oleh Koordinator BBLBA Inneke Putri Widyani SE. M.Si serta materi Pokjar dengan sekema baru oleh Kasubag Tata Usaha Rully Apriyani SP. Setelah Ishoma kegiatan rakor ini dilanjutkan dengan pembahasan dan pembimbingan yang berkaitan dengan cara kerja dan sekema pokjar yang baru sesuai tata aturan Universitas Terbuka, Pokjar dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendapatkan pembimbingan dari fasilitator dari Staf UPBJJ-UT Jember. Untuk hari kedua diteruskan untuk pembimbingan dan pembahasan beserta audiensi dari kelompok belajar apabila ada kendala dan cara pemecahannya, acara ini ditutup dengan doa'a dan foto bersama dari kelompok belajar bersama pimpinan yang ada di UPBJJ-UT Jember.

 

78

   “Pengurus Pokjar merupan salah satu mitra strategis Universitas Terbuka, jadi apabila ada problematika dalam hal pengelolaan mahasiswa pihak UPBJJ selalu siap menerima kritik saran dan memberikan pembimbingan kepada seluruh pengurus pokjar sehingga tata kerja pokjar dengan sekema baru bisa berjalan sesuai tata aturan yang ditetapkan oleh Universitas Terbuka. Karena kebijakan itu memiliki mata rantai yang panjang, dan kebijakan yang baru dimasukkan untuk menyempurnakan kebijakan yang lama,” demikian disampaikan Kepala UPBJJ-UT Jember dalam penutupan Rakor Pokjar, Jember, Kamis (21/12/2017).