Unggah Karya Ilmiah 8 April - 17 Juni 2019; Pengumuman Hasil Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni 2019; Pencetakan KTPU 20 Mei - 23 Juni 2019;

 

Universitas Terbuka (UT) memiliki karakteristik unik dilihat dari sebaran mahasiswa. Di PT lain, mahasiswa terkonsentrasi di sebuah kampus, di UT mahasiswa tersebar di 39 UT-Regional dalam negeri dan 39 pusat layanan mahasiswa luar negeri. Ketersebaran mahasiswa inilah yang menyebabkan UT sebagai satu-satunya PT yang tidak memiliki satu wadah organisasi kemahasiswaan yang dibentuk secara melembaga oleh institusi di tingkat universitas, fakultas, maupun prodi. Sungguhpun demikian, kemandirian belajar yang menjadi kultur UT telah mampu membentuk karakter pribadi mandiri mahasiswa dan menumbuhkan prakarsa dan kreativitas mahasiswa bagi tumbuh-kembangnya Unit-unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atas dasar bakat, minat, hobi di bidang olah raga, ekonomi, seni, akademik, dan lain-lain di sentra-sentra pokjar mahasiswa.

UKM UT adalah lembaga otonom, bukan sebagai cabang dari badan eksekutif maupun senat mahasiswa. Di UT Jember ada sejumlah UKM yang dibentuk dan diprakarsai secara mandiri oleh mahasiswa Bidikmisi dan CSR seperti UKM Futsal, Mapala, Paduan Suara, Karya Tulis Ilmiah (KTI), Permata (Jurnalisme), English Club, Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI), Hadrah, dan UKM Musik.

kemahasiswaan1 hadrah

Untuk membina kegiatan kemahasiswaan tersebut, UT Jember secara periodik melakukan kegiatan pelatihan, workshop, seminar, abdimas, dsb. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kreativitasnya sesuai bidang minat dan bakat masing-masing seperti halnya mahasiswa PT lain. "Kita berharap mereka dapat mewakili UT untuk berpartisipasi dalam perlombaan tingkat lokal, nasional, bahkan internasional," tegas Prof. Imam, Direktur UT Jember.

Selama ini, UT Jember telah menggelar beragam kegiatan pelatihan kemahasiswaan yang difasilitasi,dibina oleh Direktorat Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. selain itu, kegiatan kemahasiswaan di UT Jember juga disesuaikan dengan perkembangan teknologi, ekonomi, bisnis-industri di era millenial seperti pelatihan pengembangan kewirausahaan, kecerdasan sosial, industri kreatif, personal branding, job seeking strategy, jejaring sosial dan bisnis, dll. Akademisi, profesional dan praktisi dari berbagai bidang dihadirkan untuk menjadi narasumber.

Link: https://www.ristekdikti.go.id/mahasiswa/

 

Mahasiswa Berprestasi

info lktm2018 info nuning

info utBAGUS info utHOLIFAH

info utjuara esai info utKUTSIYAHinfo utprestasi01 info utsalsa2