Pengumuman Nilai Mata Kuliah 19 Agustus 2019; Pendaftaran Mahasiswa Baru 14 Februari - 7 Agustus 2019; Registrasi Mata Kuliah 10 Juni - 28 Agustus 2019; Pendaftaran Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni - 2 September 2019;

Pembayaran Uang Kuliah 10 Juni - 3 September 2019; Registrasi TTM Atas Permintaan Mahasiswa 10 Juni - 4 September 2019; Aktivasi Tutorial Online dan Pengisian Form Kesediaan 1 Agustus - 16 September 2019;

 

mitra

Sejak awal berdiri tahun 1984, UT Jember sudah menyadari bahwa kemitraan/kerjasama antar-institusi merupakan keharusan dalam menjalankan Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ). Kesadaran ini muncul karena UT Jember didesain sebagai networking university, dimana tidak semua sarana dan prasarana pendidikan di UT Jember dapat dipenuhi oleh UT seperti tempat ujian, tempat tutorial, laboratorium, perpustakaan, dan studio radio/TV. Oleh karena itu, UT Jember harus juga mampu menjalin kerjasama untuk menjamin tersedianya sarana dan prasarana belajar dan administrasi. Bahkan saat UT Jember didirikan tahun 1984, gedung kantor masih menggunakan milik Universitas jember yang waktu itu menjadi PT Pembina.

Kemitraan merupakan salah satu pilar atau kekuatan pokok yang sangat menentukan ketercapaian visi, misi dan tujuan UT Jember. Oleh sebab itu, kemitraan dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan daya jangkau mahasiswa, penyediaan beasiswa, mutu operasional layanan, pengembangan SDM, dan pemanfaatan aset dan layanan keahlian. Kemitraan dengan berbagai pihak juga akan terus dikembangkan, baik dari segi ragam, jumlah, mutu, maupun pengelolaan.

Saat ini kemitraan UT Jember dengan berbagai instansi seperti pemerintah daerah, perguruan tinggi setempat, dan lembaga penyedia jasa, yang dilakukan dalam rangka kerjasama rekrutmen mahasiswa baru, registrasi, tutorial, praktik, praktikum, ujian, sosialisasi dan promosi untuk meningkatkan angka partisipasi mahasiswa, dan pengadaan sarana dan prasarana. Kerja sama antarinstansi atau lembaga ini akan terus ditingkatkan baik dalam jumlah maupun jenisnya sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan perkembangan UT Jember.

Kemitraan dalam bidang akademik dengan lembaga pendidikan dalam proses pembelajaran merupakan suatu terobosan bagi dunia pendidikan di Indonesia. Karena itu, UT Jember ke depan akan terus mengupayakan kemitraan antarinstitusi pendidikan yang saling bersinergi untuk meningkatkan kualitas SDM. Dengan memanfaatkan TIK, kendala ruang dan waktu akan dapat diatasi sehingga kerja sama ini akan lebih mudah dilaksanakan.

Tabel berikut menunjukkan instansi mitra kerja strategis UT Jember beserta jenis atau bidang kerjasama yang dilakukan hingga sekarang.

 

No.

 

Nama Instansi

Jenis Kegiatan

  

1.

Bantuan Beasiswa, fasilitasi penggunaan sekolah/kelas untuk keperluan tutorial, praktik, praktikum, dan ujian

Dinas Provinsi Jatim, & Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se wilayah UT-Jember

 

2.

Penyiaran Iklan UPBJJ Jember da­lam rangka Sosia­li­sasi Promosi

Radar Jawa Pos (Jember, Banyuwangi, Situbondo, Bondo­woso, Lumajang), Jember 1 TV, JTV Jember, Radio Prosalina, dan RRI Jember

 

3.

Pembayaran SPP (UKT) Mahasiswa, Gaji, Remunerasi pegawai

BTN, BRI, Bank Mandiri

 

4.

Pengiriman Barang Cetak

Kantor Pos

 

5.

Peningkatan kualifikasi aparatur Pemkot/pemkab; beasiswa untuk mahasiswa

Pemkab/Pemkot (Jember, Lumajang, Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, & Banyuwangi

 

6.

Penyelenggaraan Pokjar Berbasis Pesantren

Pergunu Se-Wilayah Besuki Raya (9 Pengurus Cabang)

 

7.

Layanan Mahasiswa (rekrutmen, registrasi, tutorial, praktik, praktikum, dan ujian)

Kelompok Belajar Mahasiswa (Pokjar) Se Wilayah UPBJJ UT Jember (28 pokjar): Mutiara Nusa Banyuwangi, Purwoharjo Banyuwangi, Banyuwangi Kota, Ponpes Riyadus Solihin Kota Probolinggo, Madinatul Ulum-Tempurejo, BKD Kota Probolinggo, Mangli Jember, Jenggawah Jember, Tamansari Bondowoso, Ponpes Mabadi’ul Ihsan Karangdoro Banyuwangi, SMPN 3 Bondowoso, Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, Genteng A, Ponpes SAQA Kab.Probolinggo, Wuluhan Jember, Diknas Kota Probolinggo, Diknas Lumajang, Kalisat Jember, Umbulsari Jember, Dinas Pendidikan Situbondo, Kabat Banyuwangi, Giri Banyuwangi, Genteng C Banyuwangi, Ponpes SAQA Barokah Kab. Probolinggo, UTN Situbondo Center, IGTKI Jember, Yayasan Hati Kab. Probolinggo)

 

8.

Layanan Mahasiswa (rekrutmen, registrasi, tutorial, praktik, praktikum, dan ujian)

Sekolah (SMKN 1 Lumajang, SMKN 2 & 5 Jember, SMPN 1 Situbondo, SMPN 1 Panji, SMPN 3 Bondowoso, Pengadilan Negeri, Perpustakaan,

 

9.

Peningkatan Kualifikasi Pendidikan

Kemenag Probolinggo, GP Anshor Kab. Probolinggo, Polres (Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso)

 

10.

Penyelenggaraan Kelompok Belajar Universitas Terbuka Jember berbasis pondok pesantren

Pondok Pesantren (Al-Atiq Purwoharjo Banyuwangi, Al Azhar Ledokombo Jember, An-Nuriyyah Kaliwining Jember, Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani Kraksaan-Probolinggo, Riyadlus Sholihin Kota Probolinggo, Madinatul Ulum Tempurejo – Jember, Yasinat Wuluhan – Jember, Al-Falah Silo – Jember, Al-Badri Gumuksari Kalisat – Jember, Karangdoro – Banyuwangi)

 

11.

Penyediaan access point Wifi-Corner di Kantor UT Jember

PT. Telkom Indonesia wilayah Jember

 

12.

Penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi

Perguruan Tinggi (UNEJ, POLIJE, IAIN, Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyah-INAIFAS Kencong Jember)

 

 

Tabel di atas mencerminkan banyaknya ragam tipe kerja sama yang telah dibangun, dipelihara, dan dikendalikan untuk mendukung ketercapaian visi, misi, dan tujuan UT Jember. Namun demikian, kerja sama dengan berbagai mitra, khususnya mitra penyedia mahasiswa dan beasiswa serta dukungan layanan mahasiswa lainnya, perlu diupayakan menjadi lebih baik lagi.

mitra2

Secara khusus, pola kemitraan UT Jember dengan lembaga lain untuk bidang akademik merupakan suatu terobosan bagi dunia pendidikan di Indonesia yang dapat meningkatkan efisiensi pemanfaatan seluruh sumber daya akademik mulai dari SDM, fasilitas hingga layanan bantuan belajar (tutorial). Di samping peningkatan efisiensi, pola kemitraan ini juga telah dapat meningkatkan kualitas pendidikan tinggi baik yang diselenggarakan oleh UT Jember maupun oleh perguruan tinggi mitra.