Unggah Karya Ilmiah 8 April - 17 Juni 2019; Pengumuman Hasil Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni 2019; Pencetakan KTPU 20 Mei - 23 Juni 2019;

gedung

 

UPBJJ-UT Jember adalah salah satu dari tiga UPBJJ-UT di Jawa Timur, selain UPBJJ-UT Malang dan Surabaya. UPBJJ-UT Jember didirikan dan diresmikan tahun 1984 bersamaan dengan pendirian dan peresmian UT-Pusat. Pendirian UPBJJ-UT Jember dilakukan berdasarkan mandat dari Prof. Dr. Setijadi, M.A (waktu itu sebagai Ketua Komisi Persiapan Pendirian UT) kepada Tim pendirian UPBJJ-UT Jember dari UNEJ yang dipimpin oleh Prof. H. Abd. Chalim Muhammad, S.H. (mantan PR I Bidang Akademik).

Peresmian tersebut sekaligus menandai berdirinya UPBJJ-UT di seluruh Indonesia yang saat itu berjumlah 32 buah, dan UPBJJ-UT Jember adalah salah satu di antaranya. Pendiriannya berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0389/0/1984 tanggal 27 Agustus 1984 (Lampiran II). Di dalam SK Kemendikbud tersebut, dinyatakan bahwa UPBJJ-UT Jember bersama dengan 20 UPBJJ-UT lainnya (Banda Aceh, Pekanbaru, Palembang, Jambi, Bengkulu, Bandar Lampung, Bogor, Purwokerto, Mataram, Kupang, Dili, Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Palu, Kendari, Manado, Ambon, dan Jayapura) diberi mandat untuk mengelola 2(dua) program, yaitu Program Pendidikan Profesional dan Program Akta (dipimpin oleh Drs. H. Suparman, FKIP-UNEJ), dan Program Pendidikan Akademik (dipimpin oleh Ir. Achmad Kusairi, mantan PR I UNEJ).

Kantor UPBJJ-UT Jember pertama kali di Jl. Kalimantan No. 245 Jember (1984 – 1995). Selanjutnya, pindah ke Jl. Veteran No.1 Jember (Kantor pusat UNEJ, sebelum pindah ke Kampus baru di Tegal Boto) (1995 - 2008). Mulai tahun 2009 hingga sekarang kantor UPBJJ-UT menempati gedung sendiri yang beralamat di Jl. Kaliurang No. 2A, Sumbersari, Jember. Menempati tanah seluas 7.517m2 dengan Sertipikat kepemilikan (Hak Pakai) diberikan kepada Departemen Pendidikan Nasional cq. Universitas Terbuka Nomor 107, dan NIB 12.34.72.04.06294 bertanggal 26 September 2008.

Sejak tahun 1984 hingga sekarang, UPBJJ-UT Jember telah mengalami delapan kali periode pergantian kepemimpinan, dan 6 (enam) periode diantaranya berasal dari UNEJ, yang secara institusional sebagai Universitas Pembina UPBJJ-UT Jember. Delapan pimpinan UPBJJ-UT Jember sejak 1984 - sekarang sebagai berikut:

pimpinan utjember

Selama pergantian kepemimpinan itu, terjadi pula perubahan-perubahan pada struktur organisasi UPBJJ-UT Jember. Perubahan tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya berbagai perubahan internal UPBJJ-UT dan/atau tuntutan eksternal, sehingga UPBJJ-UT Jember sebagai sub-sistem dan garda terdepan UT di daerah lebih mampu memberikan layanan terbaik bagi semua publik penggunanya.

UPBJJ-UT Surabaya memiliki 7 kabupaten/kota yang menjadi wilayah jangkauannya, meliputi Kab/kota Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, dan kabupaten Jember sebagai lokasi kantor UPBJJ-UT Jember (IF).

Link: Dokumen pendirian UPBJJ-UT Jember

https://drive.google.com/file/d/19FHwZZDgVc2gkdNAw_SHgZdH64RD6AuZ/view?usp=sharing