BERITA

Liputan kegiatan Universitas Terbuka Jember

Gandeng Ketua PKK, UT Jember Ajak Guru PAUD Tingkatkan Kompetensi

Gandeng Ketua PKK, UT Jember Ajak Guru PAUD Tingkatkan Kompetensi

UT tak henti-hentinya melakukan sosialisasi dan promosi demi mengenalkan UT di masyarakat Indonesia. Salah satunya yang dilakukan oleh UT Jember dengan bersinergi dengan Ketua PKK dan juga merupakan Bunda PAUD Kabupaten Jember.

Direktur UT Jember didampingi oleh Penanggung Jawab Wilayah Kabupaten Jember dan Penanggung Jawab Sosialisasi dan Promosi UT Jember berkunjung ke Pendopo Wahyawibawagraha Jember untuk bersilahturahmi dengan Ketua PKK dan Bunda PAUD Kabupaten Jember yakni adalah Istri Bupati Jember, Dra. Hj. Kasih Fajarini. Kunjungan itu dilaksanakan pada Kamis, 2 Juni 2022.

Berita Istri Bupati 1

Sesuai amanah dan cita-cita UT yaitu untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat Indonesia, UT Jember ingin bersinergi dengan Ketua PKK dan Bunda PAUD Kabupaten Jember untuk mesosialisasikan dan promosi UT di 31 Kecamatan yang terdapat di Kabupaten Jember khususnya untuk Program Studi S1 PGPAUD.

Di setiap kecamatan di Jember ini terdapat PAUD, KB, RA, TK, Penitipan Anak dan lembaga-lembaga sejenisnya yang pengajarnya masih sebagai pekerja honorer dan belum menempuh pendidikan sarjana ataupun yang sudah sarjana namun belum selaras dengan bidang mengajarnya. “Target kami adalah para pengajar di tingkat pendidikan dini dan masyarat umum untuk mengenal dan mengetahui UT, sehingga ketika ada perubahan kebijakan dari pemerintah meskipun para pengajar bukan ASN tapi mereka telah memiliki ijazah sarjana yang menjadi senjata kuat bagi dirinya”, tutur Direktur UT Jember, Dra. Barokah Widuroyekti M.Pd. Bupati Jember melalui Pemerintah Kabupaten Jember juga telah memberikan beasiswa kepada mahasiswa UT Jember secara rutin. Tercatat sebanyak 550 mahasiswa yang telah menerima beasiswa yang diberikan oleh Bupati Jember pada tahun 2022 ini.

Berita Istri Bupati 2

Kedatangan Direktur UT sangat diterima dengan baik oleh Ketua PKK Kabupaten Jember yang juga merupakan Bunda PAUD Kabupaten Jember. Beliau sangat antusias untuk bersinergi dengan UT Jember untuk tujuan meningkatkan kualitas pendidikan khususnya guru di Kabupaten Jember. “Tidak hanya pengajar PAUD dan setingkatnya, tapi tidak menutup kemungkinan para perangkat di kantor kecamatan dan perangkat di kelurahan maupun di kantor desa yang merupakan ASN bahkan honorer yang belum sarjana bisa juga berkuliah di UT” Jelas Dra. Hj. Kasih Fajarini. Kemudahan dan efektifitas berkuliah tanpa meninggalkan kewajiban bekerja merupakan ciri khas dari UT yang memang terbuka untuk segala usia dan tidak terbatas oleh jarak dan waktu sehingga mahasiswa tidak perlu jauh-jauh datang ke kampus. UT adalah Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, hal ini masih jarang diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi di UT telah terdaftar pada BAN-PT serta PDDikti.

Keberlanjutan dari kunjungan tersebut UT Jember diundang dalam kegiatan Sosialisasi atau Pembinaan Administrasi sesuai Rakernas IX Tahun 2021 di gedung BKPSDM Jember. Kegiatan ini turut hadir Ketua TP-PKK Kabupaten Jember Dra. Hj. Kasih Fajarini yang didampingi Wakilnya Hj. Ervita Abdilah Sari yang turut memberikan dukungan kepada anggota TP- PKK Se-Kabupaten Jember untuk terus belajar demi terciptanya generasi yang baik dan keluarga harmonis berwawasan, dalam sambutannya Dra. Hj. Kasih Fajarini menyampaikan “Tentunya UT merupakan jawaban atas kebutuhan untuk terus belajar bagi semua kalangan agar terciptanya generasi yang baik dan keluarga harmonis berwawasan sebagai panutan keluarga  dan mampu beradaptasi dengan perubahan zaman”.

Menutup sambutannya, beliau juga berpesan, “Hendaknya sosialisasi dan promosi ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh TP-PKK Kabupaten Jember untuk mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya mengenai UT Jember dan semoga UT terus bersinergi untuk Pendidikan Tinggi di Kabupaten Jember”.

Sosialisasi yang dilakukan UT Jember meliputi kegiatan bagi-bagi brosur dan pemaparan oleh Dra. Iswati, M.Pd selaku Dosen FKIP UT Jember, beliau menyampaikan seluruh informasi penting seputar kuliah di UT, mulai dari UT itu Perguruan Tinggi Negeri, biaya kuliah yang terjangkau, kemudahan bisa kuliah sambil bekerja, hingga tips dan trik kuliah sukses di UT. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan “bahwa keberadaan UT Jember sebagai Perguruan Tinggi yang mengusung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) khususnya di wilayah kerja UT Jember merupakan solusi bagi semua kalangan untuk tetap mampu menempuh Pendidikan Tinggi meskipun dalam aktivitas yang padat”.

Kegiatan yang dihadiri anggota TP-PKK Se-Kabupaten Jember ini kurang lebih 130 orang perangkat dari kecamatan terlihat sangat antusias dalam paparan yang disampaikan, terbukti dengan banyaknya respon dari anggota TP-PKK Kabupaten Jember yang bertanya dan berinteraksi langsung dengan pemateri yakni Dra. Iswati, M.Pd.

Pendaftaran mahasiswa baru UT Jember telah dibuka hingga 16 Agustus 2022. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Contact Centre UT Jember melalui WhatApps 08113197676 atau telegram 08155167676. Kuliah Oke Kerja tetap Oke..