Pembinaan Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP-K Angkatan Tahun 2020

 

Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) adalah program bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA/Sederajat yang memiliki potensi akademik baik, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. KIP Kuliah berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi.

PEMBINAAN MAHASISWA KIP K 01PEMBINAAN MAHASISWA KIP K 02

KIP Kuliah ini merupakan perwujudan dari amanat Pasal 76 UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Di Pasal 76 ayat 1 dinyatakan, "Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan/atau Perguruan Tinggi berkewajiban memenuhi hak mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi untuk dapat menyelesaikan studinya sesuai dengan peraturan akademik."

Walaupun demikian, syarat prestasi pada KIP Kuliah ditujukan untuk menjamin bahwa penerima KIP Kuliah terseleksi dari yang benar-benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Pada tanggal 20 Mei 2021, bertempat di kantor UT Jember mahasiswa penerima beasiswa KIP-K Angkatan tahun 2020 dihadirkan untuk memperoleh penyegaran semangat, motivasi, dan komitmen para mahasiswa untuk lebih giat belajar, displin memahami materi, dan tentunya motivasi untuk berkarya. Pada kesempatan ini pula, mereka akan menerima Kartu ATM yang langsung diberikan oleh pihak Bank Mitra UT.

Mahasiswa yang hadir sebanyak 47 orang, berasal dari prodi Ilmu Administrasi Bisnis (Pokjar Saqa, Kab. Probolinggo), dan prodi Ilmu Komunikasi (Pokjar Mabadiul Ihsan, Kab. Banyuwangi). Beasiswa KIP - K terdiri dari biaya pendidikan dan bantuan biaya hidup.

PEMBINAAN MAHASISWA KIP K 03PEMBINAAN MAHASISWA KIP K 04

Pada kesempatan itu, Direktur UT Jember mengingatkan para mahasiswa agar bantuan biaya hidup dioptimalkan untuk biaya kebutuhan akademik/Pendidikan, karena disitulah dana KIP K diamanahkan kepada mahasiswa. "Syukurilah itu dengan belajar dengan tekun agar memperoleh prestasi yang baik dan membanggakan. Apalagi saat ini, banyak lulusan SMA/sederajat tak bisa melanjutkan studi ke PT, dan tidak sedikit pula dari mereka yang sudah kuliah tak mampu menuntaskan studi karena keterbatasan ekonomi sebagai dampak pandemi Covid-19, mahasiswa penerima KIP Kuliah tetap bisa kuliah dan menikmati kehidupan intelektual", pesan Direktur menutup arahannya. (Fadhik)