UT JEMBER BERHASIL MELULUSKAN 5 KANDIDAT MAGISTER PROGRAM STUDI MAGISTER PENDAS

MELALUI UJIAN SIDANG SECARA DARING

 mpdr1 mpdr4

UT Jember melaksanakan Ujian Sidang Program Magister Pendidikan Dasar (MPDR) secara daring melalui Aplikasi Microsoft Teams Meeting pada Selasa, 25 Mei 2021. Ujian sidang merupakan persyaratan akademik yang wajib diikuti oleh Kandidat Magister pada akhir program magister. Setiap Kandidat Magister harus mempertahankan Tugas Akhir Program Magister (TAPM) yang ditulisnya dihadapan Komisi Penguji.

Ujian sidang TAPM diselenggarakan dengan 4 tujuan yang meliputi (1) Menilai kemampuan Kandidat Magister dalam menjelaskan dan mempertahankan gagasan, kajian, temuan, atau rencana tindakan (action plan) secara lisan. (2) Menilai kemampuan Kandidat Magister dalam menerapkan pola berpikir ilmiah atau aplikatif saat mempertahankan dan mempertanggungjawabkan gagasan, kajian, temuan atau rencana bisnis dari TAPM yang diujikan. (3) Menilai penguasaan subtansi TAPM yang dibuat oleh Kandidat Magister secara kmprehensif sesuai bidangnya, (4) Memberikan kesempatan kepada Kandidat Magister untuk mengkaji ulang dan memperbaiki gagasan, kajian dan temuan atas dasar masukan dari komisi penguji.

Selama pandemic Covid-19, UT memberlakukan aturan pelaksanaan ujian sidang secara daring sesuai dengan anjuran Pemerintah. Selain bertujuan agar dapat menekan penyebaran Covid-19, kebijakan ini juga ditetapkan agar mahasiswa dapat menjalankan kewajiban tugas akhir dan bisa menyelesaikan studi tepat waktu. Meski dilakukan secara daring, ketentuan ujian sidang tetap mengikuti pelaksanaan ujian sidang secara tatap muka. Sebagai contoh, mahasiswa tetap berpakaian rapi dan menggunakan jas/pakaian sipil lengkap saat menjalani sidang.

Ujian sidang diikuti 5 orang kandidat magister yaitu (1) Siti Chususiyah NIM. 530017393; (2) Riskha Triwahyuningtyas NIM. 530017616; (3) Okti Anis Safiati NIM. 530021046; (4) Supratiningsih NIM. 530017644; dan (5) Andi Maulana Yusuf NIM. 530012316. Adapun Komisi Penguji terdiri dari Ketua Komisi Dr. Siti Julaeha, MA, dan Dr. Ir. Amalia Saprihati, MA. Penguji Ahli Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd. MA Universitas Negeri Malang. Sedangkan, Penguji I sekaligus Pembimbing 1 adalah Prof Drs. Dafik, M.Sc. Ph.D dan Dr. Hobri, M.Pd, Penguji II sekaligus Pembimbing II adalah Dr. Suparti, M.Pd, dan Dr. Tri Dyah Prastiti, M.Pd. Adapun sebagai sekretaris komisi Dr. Juhana, M.Pd, Dr Endang Wahyuningrum, M.Si dan Hesti Herminingsih, SP. MP

Kegiatan diawali dengan Pembukaan Ujian Sidang, yang dilakukan oleh Kepala Pusat Pengelolaan dan Penyelenggaraan Program Pascasarjana (KP5s), Dr. Siti Julaeha, MA. Yang pada awal sambutannyan menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh Kandidat Magister atas pencapaiannya, yakni terpenuhinya persyaratan untuk dapat melaksanakan ujian sidang. Kepala KP5s juga menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan para komisi penguji yang telah meluangkan waktunya untuk melakukan pembimbingan.

Ujian dilaksanakan dengan urutan kegiatan sebagai berikut presentasi oleh Kandidat Magister selama 15 menit, penyampaian pertanyaan dan masukan dari Penguji Ahli, Penguji/Pembimbing 1 dan Penguji/Pembimbing 2 serta Ketua Komisi. Kegiatan diakhiri dengan penutupan yang merupakan sesi pengumuman hasil rapat tim komisi penguji atas hasil ujian sidang oleh Ketua Pascasarjana Pendidikan Keguruan dan Mengelola Program Magister Pendidikan Dasar, Dr Amalia Sapriati, MA yang menyatakan bahwa seluruh kandidat magister telah dinyatakan lulus ujian sidang. Dr Amalia Sapriati, MA selain memberikan ucapan selamat kepada peserta ujian sidang juga berpesan agar mahasiswa mengakomodir semua masukan dari Komisi Penguji dan segera menuntaskan perbaikan TAPM paling lambat satu bulan dari pelaksanaan ujian sidang.

Kontributor : Hesti Herminingsih