UT Jember untuk kesekian kalinya, kembali melaksanakan BTR-2 pada Kamis, 27 Mei 2021. Kegiatan BTR-2 merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dalam proses penyelesaian Tugas Akhir Program Magister (TAPM) mahasiswa program magister di UT. Penyusunan TAPM merupakan proses yang memerlukan bimbingan intensif dan konsentrasi penuh serta waktu yang cukup dari mahasiswa. Proses pembimbingan dirancang oleh Program Pascasarjana untuk memastikan mahasiswa memperoleh pembimbingan secara efektif.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa dapat mempresentasikan hasil analisis data penelitian, pembahasan, dan kesimpulan hasil TAPM yang telah dilakukan. Kegiatan BTR-2 bersifat wajib, sehingga seluruh mahasiswa harus melalui tahapan BTR-2 ini sebelum kemudian maju pada Ujian Sidang TAPM yang merupakan tahap akhir dari penyelesaian TAPM. Kegiatan dilaksanakan secara daring dengan menggunakan Aplikasi Microsoft Teams Meeting.

1

2

4

Kegiatan BTR-2 ini diikuti oleh 3 (tiga)  orang mahasiswa MPDR yaitu  (1) Shinta Fibriantie NIM. 530017458; (2)  Joanita Margiandini NIM. 530021053; dan (3) Dahri Novan Uji Iskandar NIM. 530017386. Sebagai Pembimbing 1 adalah  Prof. Dr. Suratno, MSi  dan Dr. Sukidin, M.Pd dari Universitas Jember sedangkan Pembimbing 2 adalah  Dr. Suparti, M.Pd   dan Dr. Ir. Amalia Sapriati, M.A.  Kegiatan BTR-2 diawali dengan sambutan dari  Manajer Bahan Ajar dan Tutorial, Inneke Putri Widyani, SE. M.Si yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan BTR_2. Dalam sambutannya, Manajer Bahan Ajar mengingatkan kembali terkait kewajiban publikasi yang harus segera dipenuhi oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat untuk mendaftar ujian sidang.

Kegiatan BTR-2 terdiri dari 2 kegiatan inti, Pertama adalah presentasi hasil penelitian Tugas Akhir Program Magister (TAPM) oleh mahasiswa selama 15 menit, kedua,  diskusi dan tanya jawab dengan para pembimbing dengan waktu masing-masing selama 20 menit. Kegiatan diskusi di pandu oleh moderator, Hesti Herminingsih, SP. MP dengan memberikan kesempatan pertama kepada Pembimbing 1 untuk memberikan masukan dan pertanyaan hasil TAPM dari mahasiswa, kesempatan kedua diberikan kepada Pembimbing 2. Pada akhir sesi, sebelum menutup kegiatan BTR-2 secara resmi, Manajer Bahan Ajar dan Tutorial  menyampaikan terima kasih kepada Pembimbing 1, Pembimbing 2 dan seluruh pihak yang terlibat sehingga kegiatan BTR-2 ini dapat terlaksana dengan baik. Selain itu, Manajer Bahan Ajar dan Tutorial berpesan kepada mahasiswa agar segera menuntaskan dan melakukan perbaikan terhadap TAPM sesuai dengan masukan dan arahan dari para pembimbing agar  dapat ke tahap selanjutnya yaitu ujian sidang.

Kontributor : Hesti Herminingsih