Workshop Tugas atau WT (Assignment Workshop) dan Klinik Ujian atau KU (Examination Clinic)
Membangun Ketangguhan Belajar Mahasiswa UT Jember

 

Keterampilan dan ketangguhan belajar mahasiswa Universitas Terbuka (UT) merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam studi mahasiswa. Sebagai Perguruan Tinggi Negeri dengan sistem belajar jarak jauh, UT juga terus berkomitmen dalam mendukung aktivitas-aktivitas akademik untuk menguatkan keterampilan dan ketangguhan belajar mahasiswa sehingga mahasiswa dapat meraih kesuksesan studi. Salah satu upaya tersebut adalah melalui kegiatan Workshop Tugas atau WT (Assignment Workshop) dan Klinik Ujian atau KU (Examination Clinic) yang diperuntukkan bagi mahasiswa semester 2 dan semester lanjut. Workshop Tugas atau WT dapat diikuti oleh mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan berbagai tugas akademik seperti tugas tutorial, TMK, praktik/praktikum, TAP dan tugas pembelajaran lainnya. Sementara, Klinik Ujian atau KU dapat diikuti oleh mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menghadapi dan mengerjakan ujian (memiliki nilai mata kuliah kurang baik).

UT Jember sebagai salah satu Kantor Layanan Universitas Terbuka juga telah menyelenggarakan kegiatan secara daring pada tanggal 17 Mei 2021,  24 Mei 2021 dan 02 Juni 2021 (untuk Workshop Tugas/WT ) dan tanggal 18 Mei 2021, 25 Mei 2021 dan 03 Juni 2021 (untuk Klinik Ujian/KU) dengan jumlah total peserta 247 mahasiswa. Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 08.00 s/d 12.30 WIB ini diikuti oleh mahasiswa melalui Aplikasi Ms Teams dan juga ditayangkan melalui channel Youtube UT Jember TV. Narasumber kegiatan berjumlah 6 orang yang merupakan dosen yang ditugaskan di UT Jember.

Dalam sambutan pengantarnya, Direktur UT Jember (Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd) menyampaikan bahwa Workshop Tugas atau WT dan Klinik Ujian atau KU merupakan kegiatan akademik yang lebih berorientasi pada pengalaman/case yang dialami mahasiswa dalam mengerjakan tugas dan mengikuti ujian, sehingga tidak hanya bersifat teori namun lebih bersifat memberikan solusi atas case/pengalaman yang dihadapi mahasiswa.

AW dan KU 3

Dalam Workshop Tugas atau WT terdapat beberapa materi yang disampaikan oleh narasumber, antara lain Etika Akademik dan Plagiarisme (disampaikan oleh Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd), Persiapan dan Pengerjaan Tugas Pembelajaran (disampaikan oleh Inneke Putri Widyani, SE, M.Si) serta Tugas Unjuk Kerja/Berpraktik, Praktik, Praktikum dan Membuat Karya Ilmiah (disampaikan oleh Hesti Herminingsih, SP, MP). Disetiap akhir materi, dibuka sesi tanya jawab dan diskusi dimana mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan melalui chat yang ada di Ms Teams.

AW dan KU 1

Dalam Klinik Ujian/KU juga terdapat beberapa materi antara lain  Asesmen dalam Pembelajaran dan Memahami Kecemasan dalam Ujian (disampaikan oleh Nita Ryan Purbosari, S.Sos, M.Si), Bentuk-bentuk Ujian  (disampaikan oleh Dra. Khodijah Hayati, M.Pd) dan Strategi Menghadapi Ujian dan Tata Tertib Ujian (disampaikan oleh Dra. Iswati, M.Pd).

AW dan KU 2

Kegiatan yang dilaksanakan selama 6 hari secara daring ini memperoleh respon yang cukup baik dari para mahasiswa yang terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa dalam chat Ms Teams. Sebagian besar pertanyaan bersifat pengalaman yang dialami oleh mahasiswa, sehingga dapat memperoleh solusi dari diskusi dengan para narasumber. Sebagai kegiatan bimbingan akademik bagi mahasiswa, kegiatan Workshop Tugas atau WT (Assignment Workshop) dan Klinik Ujian atau KU (Examination Clinic) akan dilakukan secara rutin pada setiap semester. Hal ini diharapkan mampu menguatkan ketangguhan belajar mahasiswa UT Jember untuk dapat mengerjakan tugas pembelajaran dan ujian dengan baik, sehingga mengantarkan mahasiswa pada kesuksesan studi. (Nita Ryan)