Pembekalan Tutor Tuweb Masa registrasi 2021/22.1 (2021.2)


Universitas Terbuka (UT) merupakan institusi yang menyediakan kesempatan belajar secara mandiri untuk mahasiswa. Salah satu layananan bantuan belajar bagi mahasiswa UT adalah Tutorial. Tujuan UT memberikan bantuan belajar berupa  tutorial adalah untuk membantu mahasiswa dalam proses pembelajaran guna memperluas, memperdalam, dan mempertajam pemahaman dalam menghadapi dan memecahkan masalah-masalah dalam belajar mandirinya. Kegiatan tutorial dilakukan di bawah bimbingan tutor sebagai fasilitator. Pada Jumat, 8 Oktober 2021, UPBJJ UT Jember  sebagai salah satu unit pelaksana teknis layanan mahasiswa di daerah,  kembali mengadakan Pembekalan Tutor Program Sarjana  dan Diploma secara daring. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjaga kualitas pelaksanaan tutorial, memastikan setiap tutor memiliki persepsi yang sama mengenai prosedur dan petunjuk kerja tutorial, sebagai media untuk menyampaikan hasil evaluasi tutorial semester sebelumnya dan informasi-informasi terbaru terkait ketentuan pelaksanaan tutorial pada semester berjalan.

Kegiatan ini dihadiri oleh 275 tutor dengan jumlah kelas tutorial sebanyak 897 yang tersebar di seluruh wilayah kerja UPBJJ UT Jember yang meliputi Kabupaten Jember, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Bondowoso.  Seluruh tutor sangat bersemangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap semester. Para Tutor ini,  merupakan tenaga pengajar  yang berasal dari dosen PTN/PTS,  guru, unsur dinas pendidikan, dan para praktisi yang berpengalaman  yang berada di sekitar wilayah kerja UPBJJ UT Jember. Kedudukan, fungsi dan peran tutor sangat penting dalam membantu UT mensukseskan penyelenggaraan tutorial, praktik dan/atau praktikum.

foto 1

Kegiatan dibuka oleh  Direktur UT Jember, Dra Barokah Widuroyekti, M.Pd, yang dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para tutor yang telah bersedia membantu dan mendukung kegiatan pembelajaran di UT pada semester 2021/22.1 (2021.2). Pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan terkait surat edaran dikti  SE No 4 tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022, pada semester ini UT melaksanakan pembelajaran moda blended learning , kegiatan yang dimaksud merupakan paduan dan sinergi dari pembelajaran daring dan luring. Pembelajaran luring di UT hanya dapat diterapkan pada matakuliah praktik/praktikum dengan tetap mematuhi  dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat  sementara matakuliah non praktik/praktikum tetap menggunakan layanan pembelajaran daring melalui Aplikasi Microsoft Teams dan Aplikasi Learning Management System (LMS) . Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi Pembekalan Tutor dengan 2 narasumber yaitu Manajer Bahan Ajar dan Tutorial, Inneke Putri Widyani, SE. M.Si dan Penanggungjawab Tutorial, Dra Iswati, M.Pd. Adapun materi yang disampaikan adalah ; (1) Kendala, Evaluasi dan Rencana Tindak Lanjut Pelaksanaan Tutorial, (2) Ketentuan Umum dan Kewajiban Tutorial, (3)  Ketentuan Umum Pelaksanaan Tutorial, (4) Jadwal Pelaksanaan Tutorial, (5)  Pengenalan dan Simulasi aplikasi – aplikasi tutorial yang meliputi lms.ut.ac.id untuk  mendukung pelaksanaan tutorial webinar (tuweb),  praktik.ut.ac.id untuk  entri nilai matakuliah praktik/praktikum dan tutorial.ut.ac.id untuk entri nilai matakuliah non praktik/praktikum, dashboard-jember.ut.ac.id untuk unggah berkas dan kit tutorial.

foto 2

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator, Dio Catur Prasetyohadi, S.S. Pada sesi ini, tutor diberikan kesempatan untuk bertanya dan memberikan masukan untuk pelaksanaan tutorial yang lebih baik. Setelah sesi diskusi berakhir, Manajer Bahan Ajar dan tutorial menutup kegiatan Pembekalan Tutor dengan berpesan agar seluruh tutor terus berkoordinasi dan berkomunikasi intensif dengan UPBJJ jika pada pelaksanaan tutorial nanti mengahadapi kendala. Tak lupa, beliau juga menyampaikan selamat bekerja dan melaksanakan tugas kepada para tutor serta permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika pada penyelenggaraan tutorial  dan kegiatan pembekalan tutor terdapat hal-hal yang tidak berkenan. (Kontributor: Hesti Herminingsih)