BTR-1 MAHASISWA PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN DASAR  UT JEMBER

SEMESTER 2021/22.2 (2022.1)

 

UT Jember sebagai penyelenggara Program Pascasarjana memiliki tanggungjawab untuk melaksanakan  Bimbingan TAPM (Tugas Akhir Program Magister) Residensial 1 (BTR-1) bagi mahasiswa Program Pascasarjana yang sedang menempuh semester 4. Kegiatan BTR-1 dilaksanakan selama 2 hari, pada Sabtu-Minggu, 22-23 Januari 2022 secara daring dengan menggunakan Aplikasi Microsoft Teams Meeting. Kegiatan BTR-1 bertujuan untuk  melihat kemajuan hasil bimbingan jarak jauh.  Materi yang dibahas adalah  ketepatan substansi dan metodologi serta tata tulis sesuai buku Panduan Penulisan Proposal dan Tugas Akhir Progam Magister. Mahasiswa wajib hadir dan mengakomodasi masukan dari pembahas ahli dan para pembimbing baik Pembimbing 1 dan Pembimbing 2.

BTR 1 1BTR 1 2

Kegiatan BTR-1 menghadirkan 2 orang Pembahas Ahli yakni  Prof. Dr. Endang Widi Winarni, M.Pd (Unib) dan Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd (UNJ). Pembimbing 1 yang hadir adalah para tenaga dosen senior dari Universitas Jember yaitu Prof. Dr. Sunardi, M.Pd, Dr. Supeno, S.Pd. M.Pd dan Dr. Sri Handono Budi Prastowo, M.Si. Adapun  Pembimbing 2 adalah Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd (UT), Dr. Tri Dyah Prastiti, M.Pd (UT), Dr. Lilik Sulistyowati, M.Pd (UT) dan Dr Suparti, M.Pd, (UT), serta Dr. Mohammad Sutomo, M.Pd (UIN KHAS Jember).

Direktur UT Jember, Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pembahas ahli dan pembimbing yang telah berkenan memberikan bimbingan kepada mahasiswa dalam menyelesaikan TAPM. Kepada seluruh peserta, Direktur UT Jember memberikan penguatan mengenai pentingnya ketekunan mahasiswa dalam menyelesaikan TAPMnya. Menurutnya, diperlukan ketekunan luar biasa dan perhatian penuh mahasiswa terutama dalam mencermati masukan dan saran dari Pembahas Ahli dan para pembimbing sehingga mahasiswa dapat segera menyelesaikan studinya di UT.  

BTR 1 3

Peserta BTR-1 kali ini berjumlah 13 orang yang terbagi menjadi 3 kelas. Hari pertama terdiri dari 2 kelas, bertindak sebagai moderator kela A adalah Dr. Hadiqotul Luluk, M.Pd  dan Moderator kelas B, adalah Inneke Putri Widyani, SE. M.Si  dengan jumlah peserta masing-masing kelas adalah  4 orang. Adapun 1 kelas lainnya dilaksanakan pada hari kedua dengan moderator Hesti Herminingsih, SP. MP.

BTR 1 8

Susunan kegiatan diawali dengan presentasi proposal TAPM oleh masing-masing mahasiswa selama maksimal 10 menit yang diikuti oleh masukan dan saran dari Pembahas Ahli, Pembimbing 1 dan Pembimbing 2 secara berurutan. Pada hari kedua, dalam sesi Penutupan, Ketua Program Studi Magister Pendidikan Dasar Dr. Amalia Sapriati, MA menyampaikan pentingnya koordinasi dan pembimbingan intensif terjalin baik antara mahasiswa dengan para pembimbing. Penguatan ini penting terutama pada saat penyusunan artikel untuk keperluan publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi mahasiswa untuk Yudisium. Lebih lanjut, Kaprodi Magister Pendidikan Dasar juga menyampaikan pentingnya mahasiswa menjadikan etika akademik sebagai bagian tidak terpisahkan dalam dirinya, baik selama menjadi mahasiswa maupun alumni UT.

BTR 1 7BTR 1 5

Secara umum pelaksanaan BTR-1 berjalan dengan baik. Mahasiswa merasa sangat terbantu dengan adanya masukan dari Pembahas Ahli dan Pembimbing yang dilakukan secara langsung guna  penyempurnaan penyusunan TAPM. 

Kontributor : Hesti Herminingsih