SENJAKALA PENGENALAN KAMPUS:
UT JEMBER KENALKAN PJJ MELALUI OSMB

 

   Kegiatan pengenalan mahasiswa baru terhadap lingkungan dan sistem belajar di pendidikan tinggi, lazim menjadi makna dari agenda Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB). Sebuah agenda yang dalam nada lain, kerap diistilahkan oleh golongan lintas zaman sebagai bagian dari akronim “ospek”. Hakikatnya sama, mengantarkan para mahasiswa baru untuk lebih mengenal tempat mereka meraih gelar pendidikan tinggi. Hakikat inilah yang tiap semester juga rutin dilaksanakan Universitas Terbuka Jember bagi para mahasiswa barunya. Masih dalam suasana pandemi, agenda pengenalan kampus bertajuk OSMB-pun, digelar secara daring.

berita osmb 1

   Agenda dibuka oleh Direktur UT Jember, Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd secara daring, beliau berpesan, “UT secara konsisten dan konstruktif terus berupaya dan menunjukkan komitmen untuk menjadi yang terbaik dalam memberikan layanan pendidikan, OSMB ini adalah pondasi awal dalam mengenal UT bagi mereka yang resmi bergabung menjadi bagian dari keluarga besar UT”.

berita osmb 2berita osmb 3

   Tercatat, sebanyak 1.197 mahasiswa baru UT Jember, semester 2022.1 mengikuti OSMB via aplikasi ZOOM. Pemberian materi dibagi ke dalam tiga muatan, yaitu terkait: mengenal UT, Pembinaan Gerakan Nasional Revolusi Mental, dan Praktik Kiat Sukses Belajar di UT. Muatan pertama lebih berfokus pada konsep-konsep umum terkait ke UT-an, sistem belajar, registrasi dan ujian. Kedua, berfokus pada penguatan kembali mentalitas mahasiswa untuk membiasakan diri dalam bertindak dan berpikir secara progresif. Terakhir, mengenalkan teknis belajar di UT, khususnya terkait aktivasi akun e-learning, mengunduh BA (Bahan Ajar), dan fitur-fitur pendukung akademik mahasiswa dalam website Universitas Terbuka Jember. Narasumber dalam kegiatan ini adalah dosen/staff edukatif dan tenaga kependidikan UT Jember, serta lainnya merupakan narasumber dari instansi mitra UT Jember.

   Kegiatan OSMB yang dilakukan selama dua hari, mulai tanggal 16-17 Maret 2022 ini, telah purna dilaksanakan. Komunikasi dua arah antara narasumber dengan para mahasiswa baru, terjalin secara intim, terarah, dan tak jarang mengundang senyum-tawa. Seluruh materi yang disampaikan dalam OSMB ini, telah terdiseminasikan dengan baik kepada mahasiswa baru.