UNIVERSITAS TERBUKA JEMBER CETAK SDM UNGGUL, KOMPETITF DAN BERKARAKTER

   Universitas Terbuka (UT) kembali menggelar event seminar akademik dan wisuda daerah yang dilakukan secara semi luring pada tanggal 30-31 Maret 2022. Event ini mengangkat topik, “Penyiapan Insan Unggul, Kompetitif dan Berkarakter dalam menghadapi Tantangan Dunia Kerja”, sebuah topik yang hingga saat ini tetap relevan sebagai bagian dari upaya penyiapan SDM unggul masuk dunia kerja.

  Seminar akademik kali ini (30/03/2022) menghadirkan tiga narasumber dengan latar belakang birokrat dan akademisi, yakni KH. Muh. Balya Firjaun Barlaman (Wakil Bupati Jember Periode 2021-2024), Nafiul Huda, S.Sos., M.Si (Kepala BKD Kab. Banyuwangi), dan Prof. Dr. Chanif Nurcholis, M.Si. (Guru Besar dan Ketua Senat Universitas Terbuka). Para narasumber menjelaskan topik penyiapan insan unggul, kompetitif dan berkarakter dalam menghadapi tantangan dunia kerja, melalui tiga sisi; aspek religiusitas, administratif, esensial dan filosofis.

Gambar1Gambar2

   Pada aspek religiusitas, KH. Muh Balya Firjaun Barlaman menjelaskan bahwa kompetisi memasuki dunia kerja juga harus memperhatikan konteks rohani. Selalu bertawakkal dan menyandarkan niat serta usaha pada Sang Pencipta, diyakini mampu membatasi diri dari sifat tergesa-gesa. Pada sisi administratif, Nafiul Huda, S.Sos., M.Si menjelaskan peran penting guru sebagai bagian dari tantangan Bangsa saat ini. Ketersediaan ASN guru di sekolah-sekolah, dapat berdampak pada optimalisasi pelayanan bagi para siswa. Tercatat, ASN guru yang tersedia di sekolah negeri hanya sekitar 60% dari jumlah kebutuhan yang seharusnya, bahkan dalam kurun empat tahun terakhir (2019-2022) jumlah ketersediaan guru terus menurun di angka rata-rata 6% per tahunnya. Terakhir, pada aspek esensial dan filosofis, Prof. Dr. Chanif Nurcholis, M.Si menggaris bawahi, bahwa topik yang diangkat kali ini merupakan deskripsi singkat atas kualitas sesorang tentang kompetensi dan karakter yang dimiliki, berdasarkan pendidikan yang diselesaikan, sesesorang yang telah menyelesaikan pendidikan tentu telah mencapai capaian pendidikan yang meliputi aspek kognisi, karakter dan keterampilan sebagaimana yang ditentukan dalam kurikulum program studinya.

Gambar3

   Seminar akademik ini lumrah menjadi bagian dari serangkaian proses pelaksanaan wisuda daerah yang dilakukan Universitas Terbuka Jember. Kegiatan selanjutnya adalah wisuda daerah yang dilangsungkan di Hotel Aston, Jember. Wisuda daerah kali ini, meluluskan 990 mahasiswa yang berasal dari wilayah kerja Universitas Terbuka Jember. Berbeda dengan semester sebelumnya, wisuda daerah mengusung konsep semi-luring, yang penerapannya sebagian wisudawan mengikuti wisuda daerah secara daring, sedangkan sisanya mengikuti secara langsung di Hotel Aston. Sebanyak 200 wisudawan diundang untuk hadir mengikuti wisuda daerah secara langsung, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Gambar4Gambar6

   Dalam sambutannya, Direktur Universitas Terbuka Jember, Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd berpesan kepada para wisudawan, bahwa “ini adalah saatnya saudara menampilkan diri untuk menjadi tauladan di masyarakat, mengabdi dan membantu masyarakat, sesuai dengan profesi yang dijalankan. Sebagai alumni, tentunya tetap menjaga marwah dan kewibawaan Universitas Terbuka. Selamat dan teruslah berkiprah”.

Gambar7

   Turut hadir mewakili Rektor Universitas Terbuka, Dr. Subekti Nurmawati, M.Si. Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Terbuka, turut memberikan ucapan selamat dan pesan kepada para wisudawan, bahwa “UT terus mengembangkan diri menjadi institusi pendidikan tinggi yang mempunyai nilai bagi berbagai lapisan masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri, juga secara konsisten dan konstruktif terus berupaya dan menunjukkan komitmen untuk menjadi yang terbaik dalam memberikan layanan pendidikan melalui sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ), yang disesuaikan dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi. Berbanggalah menjadi alumni Universitas Terbuka. Selamat”.

Gambar8

   Tentunya wisuda daerah Universitas Terbuka Jember kali ini terasa istimewa. Bupati Kabupaten Jember, Ir. H. Hendy Siswanto hadir memberikan semangat dan sambutannya kepada seluruh hadirin, beliau berpesan bahwa “persaingan kedepan bukan persoalan siapa lebih pintar mendapat gelar di Pendidikan Tinggi, namun siapa yang mampu menjadi seorang entrepreneurship. Saya berharap para wisudawan mampu untuk itu, mampu membuat peluang usaha kedepan, karena harus diakui persaingan dunia kerja semakin ketat”. Menutup kegiatan wisuda daerah kali ini, Pemerintah Kabupaten Jember secara simbolis memberikan Bantuan Biaya Pendidikan untuk 372 mahasiswa, sebesar lima juta rupiah per tahun untuk masing-masing mahasiswa. Dilajutkan pemberian simbolis keberlanjutan Bantuan Biaya Pendidikan dari IKA- UT wilayah Jember kepada lima belas mahasiswa.

Gambar9